--> Skip to main content

13 Cara Menghapus Virus Trojan dengan Smadav Dengan Benar Dan Efektif

Cara Menghapus Virus Trojan dengan Smadav Dengan Benar Dan Efektif. Siapa yang tidak kenal Smadav? Yup, antivirus buatan asli Indonesia ini bisa dibilang merupakan antivirus yang lebih kuat dari antivirus-antivirus lokal lainnya. Padahal, antivirus-antivirus lokal tidak begitu dikenal oleh masyarakat Indonesia. Alasannya lebih pada faktor tampilan, penggunaan, proses instalasi dan yang terpenting, seberapa aktif antivirus lokal dalam memerangi virus sekarang.

Dari semua aspek, Smadav adalah antivirus lokal gratis yang penggunaannya dapat secara praktis mudah, cepat, dan sederhana. Nah, meski begitu, kemanjuran Smadav bisa jadi cukup kuat jika dibandingkan dengan antivirus dari luar negeri.

Selain itu, antivirus ini juga dapat diandalkan untuk mengembalikan data pada komputer atau laptop yang disembunyikan oleh virus. Jadi, Anda dapat mengembalikan data yang disembunyikan virus meskipun sumber virus tidak dapat dibersihkan secara langsung. Karena itu, antivirus ini harus ditemani oleh salah satu antivirus dari luar negeri.

13 Cara Menghapus Virus Trojan dengan Smadav

Tunggu sebentar, mengapa tidak Anda hanya memakai antivirus di luar negeri? Antivirus di luar negeri memang diakui sangat ampuh untuk membasmi virus komputer yang lebih keras kepala saat ini. Namun terkadang, antivirus dari luar negeri secara langsung menghapus data yang terinfeksi tanpa meminta virus persetujuan pengguna. Sepertinya ini telah menjadi pengaturan default dari antivirus.

Sekarang, jika misalnya data penting Anda sulit ditemukan, Anda mungkin berpikir seribu kali untuk mencegah data terinfeksi virus dan masih dapat disimpan jika sewaktu-waktu virus itu terinfeksi. Oleh karena itu, sebaiknya komputer Anda perlu didampingi oleh antivirus Smadav ini. Alasannya, karena dukungan bahasa Indonesia sudah pasti (jelas, dibuat di Indonesia), cara pemindaian, dan penghapusan virus yang akan diberitahukan kepada penggunanya terlebih dahulu. Dengan demikian, antivirus lokal ini terkesan lebih bersahabat dengan penggunanya guna menyelamatkan data yang terinfeksi virus.

Sebaliknya, antivirus Smadav masih jauh untuk dibilang sempurna. Alasan kurangnya antivirus yang efektif adalah mencegah virus masuk dan dalam kasus membasmi virus. Karena itu, peran antivirus dari luar negeri masih dibutuhkan. Termasuk jika Anda ingin melakukan cara menghapus virus ransomware yang sedang ramai dibicarakan hari ini.

Namun, Smadav seiring waktu memperbaiki kekurangannya agar lebih efektif dalam mengamankan komputer atau laptop dari infeksi virus komputer paling mematikan di dunia, yang semakin canggih. Satu virus yang masih dikenal canggih adalah virus trojan.

Yup, virus trojan ini kini semakin beragam variasinya. Bahkan, sekarang sudah mulai mengarah pada penebangan uang korban. Siapa yang tidak ingat kasus ransomware WannaCry yang menyebabkan korbannya mentransfer beberapa bitcoin ke pembuat virus? Yup, ransomware adalah salah satu contoh virus trojan yang bisa ada.

Meskipun kecanggihan virus trojan sekarang semakin menggila, Smadav sebagai salah satu jenis utilitas perangkat lunak lokal ternyata memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan menghapus virus trojan pada komputer atau laptop. Pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang cara menghapus virus trojan dengan Smadav. Lihat cara di bawah ini:

  1. Yang pasti, unduh dulu software Smadav di internet
  2. Instal perangkat lunak Smadav di laptop atau komputer Anda.
  3. Setelah diinstal, klik ikon Smadav yang muncul di layar desktop komputer atau laptop Anda
  4. Saat pertama kali terbuka, Anda akan melihat jendela untuk memilih bahasa yang akan digunakan oleh Smadav. Ada dua pilihan bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (Inggris). Pilih bahasa yang Anda pahami. Sebagai catatan, pilihan bahasa hanya tersedia di Smadav versi 8.8 dan 8.9 dan di atasnya. Jadi, jika Anda masih menggunakan Smadav versi lama, Anda dapat langsung menuju ke langkah berikutnya. Lebih baik, Anda memperbarui Smadav Anda sehingga komputer atau laptop Anda dapat dilindungi sepenuhnya.
  5. Pilih lokasi data yang akan dipindai. Caranya, periksa lokasi data Anda untuk dipindai.
  6. Pilih "Pemindaian Cepat" jika Anda hanya ingin memindai sebagian data Anda. Jika Anda ingin memastikan sistem Anda bebas dari virus, pilih "Pindai Lengkap". Untuk menghapus virus trojan, kami sarankan memilih opsi "Pemindaian Penuh", karena opsi ini akan mendeteksi virus di semua lokasi data, termasuk di sistem komputer atau laptop Anda.
  7. Klik Pindai untuk memulai proses pemindaian virus. Cara menghapus trojan virus dengan Smadav ini harus benar-benar kamu lakukan
  8. Tunggu hingga pemindaian selesai. Lebih baik saat pemindaian dilakukan, Anda tidak menggunakan komputer atau laptop Anda. Anda hanya bisa bersantai atau mungkin melakukan pekerjaan lain.
  9. Setelah selesai, coba perhatikan hasil scanning / pemadaian yang dilakukan oleh Smadav. Hasil ini akan memberitahukan virus yang terdeteksi, registry yang rusak, dan file tersembunyi yang disembunyikan oleh virus. Hasil ini dapat Anda lihat dengan mengklik "Hasil >>>"
  10. Jika tab mengandung virus, registri, dan file tersembunyi, pilih tab yang berisi daftar hasil pemindaian. Anda dapat memeriksanya di tab Virus, Registry, dan File Tersembunyi.
  11. Untuk menghapus virus yang terdeteksi oleh Smadav, pilih "Bersihkan Semua" pada tab Virus. Untuk memperbaiki registry yang rusak, pilih "Repair All" pada tab Registry. Untuk memulihkan folder atau file yang disembunyikan oleh virus, pilih "Unhide All" pada tab File Tersembunyi.
  12. Khusus untuk virus, ada beberapa virus yang masuk karantina. Artinya, virus tersebut hanya dicurigai sebagai virus dan menunggu pembaruan terbaru untuk mengetahui apakah file yang dicurigai adalah virus. Jika Anda sangat yakin jika file yang dicurigai adalah virus, maka Anda dapat menghapusnya dengan memilih menu Pengaturan, lalu pilih tab Karantina. Tab ini akan menampilkan daftar hasil pemindaian file virus yang dicurigai. Untuk menghapus file dari sistem, klik "Hapus".
  13. Setelah Anda selesai membersihkan virus, Anda tidak boleh tenang dulu. Anda perlu melakukan pemindaian virus kembali untuk benar-benar memastikan bahwa virus di komputer atau laptop Anda benar-benar bersih. 


Tetapi jika Anda masih menemukan file dengan nama virus yang sama dengan pemindaian sebelumnya dan file tersebut termasuk dalam jenis "virus" alih-alih "virus yang dicurigai", maka sekarang saatnya untuk menggunakan antivirus luar negeri yang Anda pasang di komputer atau laptop Anda. untuk memecahkan masalah .

Jadi, meskipun Smadav masih memiliki kekurangan dalam hal kemanjuran bila dibandingkan dengan antivirus di luar negeri, antivirus asli buatan Indonesia telah terbukti keampuhannya untuk sekadar menghilangkan virus yang efeknya tidak terlalu besar untuk komputer atau laptop Anda. Meski begitu, pihak pengembang Smadav sendiri sudah berusaha agar pengguna antivirus mereka tetap dapat terlindung dari ancaman virus yang semakin menggila dampaknya. Jadi, menggunakan Smadav bisa menjadi salah satu cara untuk menghapus malware dan virus trojan cukup bisa diandalkan.

Begitu banyak artikel kami kali ini tentang cara menghapus virus trojan dengan Smadav, antivirus lokal terbaru sekarang. Semoga artikel kami dapat membantu Anda untuk menghapus virus trojan di komputer atau laptop Anda. Jika ternyata trojan virus di komputer atau laptop Anda masih ada, mungkin Anda bisa mencoba cara menghapus trojan virus secara manual yang sudah kita bahas di situs ini.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar