--> Skip to main content

7 Cara Menghapus Virus Trojan Di PC Komputer Paling Cepat Dan Mudah

Di dunia komputer, virus Trojan adalah program malware yang dapat membahayakan orang lain. Program ini memiliki karakteristik seperti virus secara umum dan disertai juga kemampuan untuk mengelabui korban. Sama seperti virus lainnya, virus trojan memiliki dampak yang dapat membahayakan korban dalam banyak cara. Istilah trojan itu sendiri diambil dari kisah salah satu perang yang ada di Yunani tentang kesuksesan Kuda Kayu raksasa dalam pasukan yang menipu di kota Troy. Keberhasilan menghasilkan kota yang diambil alih oleh pasukan musuh.

Virus Trojan memiliki kemampuan untuk memulai infeksi pada komputer lain dari jarak jauh atau tanpa harus terhubung langsung dengan komputer yang terinfeksi. Ini membuat komputer yang ada di jaringan tertentu seperti komputer di kantor menjadi sasaran empuk untuk jenis virus ini.

Virus Trojan biasanya menyebar melalui bentuk media sosial seperti email, messenger atau format lainnya. Dalam penyebaran virus ini akan terlihat seperti file lampiran yang ada dalam sebuah pesan email. Jika lampiran file dibuka maka komputer Anda akan terinfeksi oleh virus ini. Beberapa efek negatif yang dapat diberikan oleh jenis virus ini adalah perubahan pengaturan di komputer, penyediaan akses ke pihak - pihak yang tidak bertanggung jawab, dan pencurian data pribadi yang ada di komputer yang terinfeksi. Ini akan memungkinkan pembuat virus untuk memiliki akses ke data penting korban.
7 Cara Menghapus Virus Trojan Di PC Komputer Paling Cepat Dan Mudah

Virus trojan juga memiliki kemampuan untuk menginfeksi perangkat lain yang terhubung dalam jaringan yang sama. Biasanya serangan virus ini akan diikuti oleh virus jenis ransomware yang tidak kalah merugikan korban. Jika Anda sudah mengetahui bahwa komputer Anda telah terinfeksi oleh ransomware maka Anda dapat mencoba cara menghapus virus ransomware.

Virus Trojan di PC

Tidak seperti virus komputer yang sering ditemukan dan juga cacing. Trojan biasanya tidak akan mencoba menyuntikkan diri ke file lain atau sistem lain secara otomatis. Proses infeksi dimulai ketika ada respon atau interaksi dari pengguna.

File virus Trojan sering disembunyikan di email atau pengiriman messenger sebagai file lampiran yang dikirim oleh orang tertentu. Untuk sebagian besar kasus, infeksi program virus trojan dimulai dengan membuat entri konfigurasi di Windows Registry untuk membuat program ini berjalan pada program Windows atau sistem operasi lainnya. Teknik ini sering membuat korban infeksi virus trojan merasa seperti telah tertipu. Itulah mengapa jenis malware ini disebut sebagai Trojan / Trojan Horse.

Cara menghapus virus trojan pada PC berbeda dengan cara menghapus trojan virus di android karena itu ada beberapa langkah berbeda yang perlu diperhatikan. Jika komputer Anda telah terinfeksi oleh virus trojan maka komputer Anda akan menunjukkan beberapa karakteristik komputer yang terkena virus.

Sayangnya untuk Sistem Operasi Windows Anda sendiri banyak cara yang membuat trojan virus atau malware lain memulai proses infeksi sehingga akan sangat sulit bagi sebagian besar pengguna komputer untuk mengetahui asal-usul infeksi virus komputer pada perangkat yang digunakan.

Berita baiknya saat ini telah banyak tersedia program – program yang didesain untuk mendeteksi infeksi – infeksi virus termasuk virus trojan yang ada di PC. Program – program tersebut dapat mendeteksi sebagian besar virus yang tersebar di internet termasuk virus komputer paling mematikan di dunia.

Cara Menghilangkan Virus Trojan di PC Komputer

Cara termudah untuk menghapus virus trojan di PC adalah dengan menggunakan program penghapusan virus yang dapat dengan mudah ditemukan di Internet. Program penghapusan virus yang banyak digunakan oleh orang lain adalah program MalwareBytes. Berikut ini cara menghapus trojan virus di PC dengan menggunakan antivirus atau penghapusan virus

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah me-restart komputer Anda jika Anda menggunakannya. Proses restart akan diperlukan jika Anda mengalami kesulitan untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan di komputer Anda. Dengan melakukan ini, Anda akan menutup semua aplikasi yang sedang berjalan termasuk aplikasi yang berjalan di belakang layar (latar belakang).
  2. Jika komputer Anda menderita infeksi virus yang parah sehingga kinerja komputer Anda lambat, Anda harus me-restart komputer Anda melalui fitur "Safe Mode". Fitur ini akan berisi fungsi-fungsi penting yang diperlukan oleh sistem operasi yang Anda gunakan. Fitur ini juga akan membuat proses penghapusan virus trojan pada PC akan lebih efektif. Karena ada beberapa virus yang terkadang bisa mengelabui program penghapus virus atau antivirus.
  3. Setelah selesai dimulai ulang. Jalankan antivirus yang Anda gunakan (jika Anda dapat menggunakan antivirus yang sudah memiliki reputasi baik seperti Avast, AVG, MalwareBytes, AdwareCleaner dan sejenisnya). Tunggu hingga antivirus atau penghapusan virus yang Anda gunakan telah dimuat sepenuhnya. Deteksi virus oleh setiap antivirus atau penghapusan virus memiliki tingkat yang berbeda tergantung pada pengembang. Oleh karena itu, biasanya sebagian orang lebih suka menggunakan beberapa perangkat lunak sekaligus untuk menghilangkan infeksi virus di komputer mereka. Namun, perlu diingat hindari penggunaan dua atau lebih jenis antivirus secara bersamaan karena ini akan menimbulkan konflik antar masing - masing perangkat lunak yang pastinya akan mempengaruhi kinerja komputer.
  4. Jika terbuka dan siap digunakan. Jalankan proses pemindaian di komputer yang Anda gunakan untuk mendeteksi trojan atau jenis virus lainnya.
  5. Tunggu hingga proses pemindaian selesai.
  6. Jika virus trojan telah terdeteksi, tutup aplikasi antivirus di komputer Anda. Dan lakukan restart pada komputer Anda untuk memastikan bahwa trojan virus benar-benar dihapus. Dan jika perlu kosongkan recycle bin di komputer Anda jika proses restart telah selesai.
  7. Kemudian matikan fitur System Restore jika Anda menggunakan sistem operasi Windows. Untuk melakukannya, buka menu Start di bagian bawah layar, lalu klik kanan pada ikon My Computer untuk masuk ke Properties. Dari sana, periksa Turn Off System Restore di bawah tab System Restore di Properties Window, lalu untuk menyelesaikannya, tekan Apply untuk mengkonfirmasi tindakan yang Anda inginkan. Dari sana, klik Ya dan OK.


Dengan memperhatikan keamanan komputer Anda dan menjaga kebiasaan browsing internet yang sehat Anda dapat mencegah komputer Anda dari terinfeksi oleh virus komputer paling mematikan di dunia. Itu adalah diskusi tentang cara menghapus virus Trojan pada PC sampai ketemu lagi di diskusi berikutnya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar