--> Skip to main content

13 Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk Yang Tidak Bisa dihapus Dengan CMD

Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk dengan CMD. Virus, kata yang cukup populer sebagai hal yang merusak. Baik di dunia kesehatan, dan juga di dunia komputer. Yup, virus di dalam komputer adalah satu set skrip yang bagus dalam bentuk eksekusi (.exe), skrip web (html, php), file inf, atau skrip lain yang dapat digunakan sebagai celah oleh virus untuk mengeksploitasi kode yang ada. Virus komputer biasanya berjalan secara rahasia atau berjalan di latar belakang. Virus komputer juga memiliki sifat-sifat berkembang biak, di mana virus dapat mereproduksi dirinya secara otomatis melalui file yang terinfeksi dan menyalin dirinya sendiri ke media eksternal yang terhubung ke komputer.

Pada artikel ini, kita akan membahas cara menghapus virus dalam flash dengan CMD, atau yang biasa disebut Command Prompt. Cara kami akan mengatakan ini akan memanfaatkan fungsi command prompt sebagai perangkat lunak bawaan Windows dan beberapa utilitas dukungan Antarmuka Baris (CLI) tentu saja.
13 Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk Yang Tidak Bisa dihapus Dengan CMD

Virus yang akan ditangani dalam artikel ini adalah virus yang tersembunyi di dalam file berekstensi. EXE atau .LNK. Alasannya karena kasus penyebaran cukup banyak dan virus ini sering mengendap di USB flash, di mana media cukup untuk menggunakan penyebaran file dengan jenis folder ikon. EXE atau .LNK. Jika pengguna pemula mengklik file tersebut, skrip virus akan segera diaktifkan dan mampu menyebarkan virus ke komputer atau laptop pengguna. Jadi, cara-cara yang akan kami jelaskan di bawah ini mirip dengan cara menghapus virus autorun.

Perangkat Lunak/ Software Diperlukan

Untuk melakukan cara menghapus virus dalam flash dengan CMD ini, Anda harus menyiapkan beberapa hal, termasuk:


  1. Command Prompt, pastikan perangkat lunak bawaan Windows ini dapat diakses melalui menu Start> Accessories
  2. Windows Task Manager, pastikan perangkat lunak bawaan Windows ini dapat dibuka dengan menekan CTRL + Alt + Delete pada keyboard
  3. Hak istimewa administrator, hak ini berguna untuk memberikan akses penuh ke sistem dan file Windows
  4. Kemampuan dasar menggunakan skrip di Command Prompt.
  5. Flashdisk terinfeksi virus tentunya


Cara Menghilangkan Virus
  1. Buka program CMD dengan mengetikkan tombol Windows + R pada keyboard. Selain itu CMD juga dapat dibuka dengan mengklik menu Start> Run, kemudian di kotak pencarian ketik "cmd" (tanpa tanda kutip), dan menekan tombol Enter pada keyboard
  2. Setelah jendela Command Prompt terbuka, kembalikan jalur ke root drive. Caranya, ketikkan sintaks "cd /" (tanpa tanda kutip), lalu tekan Enter pada keyboard
  3. Setelah path sudah ada di posisi root drive, misalnya C: \>, ketikkan huruf drive dari drive yang akan diperiksa, misalnya D:, E:, atau G:. Untuk menggerakkan letter flash disk, Anda bisa memeriksanya di Windows Explorer, tepatnya di My Computer
  4. Ketik "attrib", lalu tekan Enter pada keyboard
  5. Selanjutnya, daftar file pada drive dan atributnya akan muncul di sebelah kiri Command Prompt. Cara membacanya adalah sebagai berikut: "a:" untuk arsip, "h:" untuk file tersembunyi, "s:" untuk file sistem Windows
  6. Kemudian ketik "dir / a: hs" untuk menampilkan file dengan atribut "tersembunyi" dan "sistem" yang biasanya digunakan oleh virus sebagai kamuflase untuk menyembunyikan diri
  7. Setelah itu, lihat daftar file atau folder yang muncul. Periksa file dengan nama autorun.inf. Jika ada, hapus atribut file dengan mengetikkan perintah "attrib -h -s autorun.inf". Tujuan dari perintah ini adalah untuk menghapus atribut tersembunyi dan sistem.
  8. Kemudian, hapus file dengan perintah "del autorun.inf". Jika itu tidak berhasil, pastikan flash drive tidak terkunci. Atau, cara lain yang bisa dilakukan dengan menghapusnya dari Windows Explorer. Eitsss, jangan buka langsung buka file apa saja di flashdisk. Alasannya sekali terbuka, maka virus akan menyebar ke komputer Anda.
  9. Jika sudah, lakukan langkah mundur ke 6, kemudian lihat daftar file dengan informasi HS (Hidden System). Jika ada dan muncul banyak sesuai dengan jumlah file yang muncul ketika menggunakan perintah pertama dir, artinya itu adalah file atau folder yang disembunyikan oleh virus. Hanya saja file atau folder yang muncul adalah file atau folder asli yang tidak ada .EXE.
  10. Lakukan penghapusan virus dengan perintah "del * .lnk", lalu "del * .exe". Jika itu tidak berhasil, pastikan flash drive Anda tidak terkunci. Cara lain adalah menghapusnya dari Windows Explorer. Hati-hati jangan membuka file apa pun secara langsung pada flash.
  11. Setelah Anda yakin bahwa semua file dengan ekstensi .lnk dan .exe telah dihapus, sekarang saatnya menampilkan virus dan file tersembunyi. Caranya, ketik "dir / a: hs". Di nama file yang muncul, ketik "attrib -h -s <filename>". Lakukan untuk semua nama file yang tampak lengkap. Setelah itu, ketikkan perintah "attrib -h -s / S / D" dan tunggu hingga proses selesai. Perintah terakhir ini berfungsi untuk menghapus atribut H dan S untuk semua folder dan subfolder yang ada di flash yang terinfeksi virus. Proses ini akan memakan waktu lama, tergantung pada isi flash dan kapasitas yang tersedia pada flashdisk.
  12. Setelah proses di atas, pastikan tidak ada file atau folder yang statusnya disembunyikan, dengan mengetik perintah "dir / a: hs". Jika hasilnya nihil, maka tidak ada lagi file atau folder yang disembunyikan.
  13. Sampai di sini, proses penghapusan virus dan memulihkan file virus tersembunyi telah selesai. Untuk memastikan, restart komputer atau laptop Anda, dan pasang kembali USB stick ke port USB, dan lihat isi dari flashdisk. Jika itu muncul semua listnya dan tidak ada file. Lnk atau .exe, artinya virus dalam flash dihapus dan file yang disembunyikan oleh virus telah berhasil dihapus.

Tips Mengamankan Flashdisk

Nah, setelah Anda melakukan cara menghapus virus dengan CMD di atas, sekarang untuk mengamankan flash agar tidak terinfeksi virus lagi, terutama untuk flash yang digunakan di banyak perangkat seperti PC, laptop, kafe dan lainnya, lakukan berikut:

  1. Selalu gunakan perangkat lunak antivirus di komputer pribadi atau laptop Anda
  2. Perbarui OS Windows Anda secara teratur. Jangan lupa, perbarui juga Antivirus yang Anda instal;
  3. Matikan fitur autorun di Windows Anda
  4. Biasakan untuk memindai setiap flashdisk dan perangkat USB Drive lainnya yang terhubung ke komputer pribadi atau laptop Anda
  5. Menghubungkan setiap flashdisk atau USB Drive, biasakan untuk selalu membuka ikon drive dari panel kiri Windows Explorer dan menghindari klik dari jendela Autoplay yang muncul. Atau, klik kanan ikon drive USB> Buka. Ini untuk menghindari skrip Autorun.inf yang tersembunyi di flash (jika ada) menjadi tidak aktif. Karena dengan mengklik kiri ikon drive dari panel kiri Windows Explorer, itu tidak akan menjalankan skrip autorun.inf
  6. Saat menghubungkan flash, biasakan untuk selalu memeriksa isi file flash, terutama folder. Pastikan folder tidak memiliki ekstensi .EXE atau .LNK. Jika hal seperti itu, kemungkinan besar menggunakan virus untuk bersembunyi. Jika ada, segeralah lakukan pembersihan virus dengan cmd. Atau jika Anda telah melihat komputer Anda menunjukkan ada karakteristik komputer dari virus, segera tangani.
  7. Biarkan flashdisk Anda lebih kebal terhadap virus menggunakan Command Prompt, Anda mencoba membaca artikel kami tentang cara membuat flash immune virus dengan CMD di situs ini.

Begitu banyak artikel kami kali ini seputar cara menghapus virus secara flash dengan CMD. Semoga artikel ini kami dapat memberikan manfaat terutama dalam mengatasi masalah dengan file atau folder yang terkena virus.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar