--> Skip to main content

Pengertian Adaptasi Makhluk Hidup, Macam Macam Dan Contohnya

Pengertian Adaptasi Makhluk Hidup, Macam Macam Dan Contohnya - Setiap makhluk hidup tinggal di habitatnya sendiri. Agar bisa bertahan hidup mereka akan beradaptasi dengan keadaan habitatnya. Makhluk hidup yang tidak mampu atau lambat beradaptasi, kemungkinan besar akan mati karena dipilih secara alami. Nah, untuk memahami konsep adaptasi makhluk hidup, pada kesempatan ini kita akan membahas tentang pemahaman adaptasi dan jenis dan contoh adaptasi terhadap makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan di sekitar kita. Tolong didengarkan!

Pengertian Adaptasi

Diadaptasi dari Buku Ilmiah Terpadu Erlangga untuk kelas IX SMP / MTs, definisi adaptasi didefinisikan sebagai kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan dirinya dengan lingkungan tempat tinggalnya. Setiap mahluk hidup akan berusaha beradaptasi untuk menjaga kontinuitasnya sehingga pelestarian kehidupan bisa terjaga.

Pengertian Adaptasi Seperti dikutip dari Wikipedia, gagasan adaptasi diterjemahkan sebagai cara bagaimana makhluk hidup mengatasi tekanan lingkungannya untuk bertahan hidup.

Jenis Adaptasi dan Contohnya
Dari definisi adaptasi di atas, berdasarkan jenisnya, adaptasi terbagi menjadi 3, yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologis, dan adaptasi perilaku.

1. Adaptasi Morfologi dan Contohnya

Memahami adaptasi morfologi adalah adaptasi yang dilakukan makhluk hidup melalui penyesuaian bentuk tubuh atau tubuh mereka dengan lingkungan habitatnya. Penyesuaian bentuk tubuh dan alat hidup biasanya berlangsung lama sekali.

Contoh adaptasi morfologi dapat ditemukan dengan mudah di sekitar kita. Contoh adaptasi morfologi seperti adaptasi bentuk paruh burung atau jenis mulut serangga dengan cara memberi makan dan jenis makanannya, adaptasi bentuk kaki burung sesuai dengan tempat tinggalnya, adaptasi bentuk gigi dengan karnivora. , hewan herbivora, dan omnivora, adaptasi ketebalan bulu sampai suhu di mana ia hidup, dan masih banyak lagi. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang contoh adaptasi morfologi pada hewan dan tumbuhan, Anda dapat mengunjungi artikel ini.

2. Adaptasi Fisiologis dan Contohnya

Pengertian adaptasi fisiologis adalah adaptasi yang dilakukan oleh makhluk hidup melalui penyesuaian fungsi kerja peralatan tubuh dengan lingkungan habitatnya. Adaptasi fisiologis cukup sulit diamati karena memerlukan penelitian tentang jaringan pada makhluk hidup itu sendiri.
Pengertian Adaptasi Makhluk Hidup

Beberapa contoh adaptasi fisiologis ditemukan pada makhluk hidup di sekitar kita seperti osmoregulasi atau regulasi tekanan osmotik pada ikan air tawar dan ikan air laut, pengeluaran air kencing pada manusia sesuai dengan tinggi tempat tinggal mereka, serta adaptasi sistem pencernaan dalam hewan ruminansia. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang contoh adaptasi fisiologis, Anda dapat mengunjungi artikel ini.

3. Adaptasi Perilaku dan Contohnya

Adaptasi perilaku adalah adaptasi yang dilakukan makhluk hidup melalui penyesuaian perilaku mereka dengan lingkungan habitatnya. Penyebab adaptasi perilaku dapat disebabkan oleh pengaruh ketersediaan air atau adanya atau tidak adanya ancaman terhadap organisme hidup itu sendiri.

Seperti beberapa contoh adaptasi perilaku seperti mimikri pada hewan, pohon jati yang menggugurkan daun pada musim kering, menjatuhkan air laut talas untuk mengurangi kelebihan air, rayap yang memakan kulit mereka sendiri, paus yang secara berkala menghadap ke permukaan air untuk bernafas, dan seterusnya. Nah, untuk mengetahui berbagai contoh seputar adaptasi perilaku ini, Anda bisa mengunjungi artikel ini.

Begitulah eksposisi gagasan adaptasi, variasi, dan contoh adaptasi. Mudah-mudahan ini akan membantu pemahaman Anda tentang biologi di sekolah. Silakan bagikan artikel ini ke teman-teman saya melalui link facebook di bawah ini.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar