--> Skip to main content

14 Contoh Adaptasi Morfologi Pada Hewan Dan Contohnya

Contoh Adaptasi Morfologi Pada Hewan - Seperti telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa adaptasi makhluk hidup terbagi menjadi 3 macam adaptasi morfologi, fisiologi, dan adaptasi perilaku. Seperti di antara ketiga jenis adaptasi tersebut, adaptasi morfologi menjadi adaptasi termudah untuk ditemukan karena keberadaannya akan terlihat langsung terhadap bentuk tubuh makhluk hidup yang berubah. Nah, untuk lebih mengeksplorasi konsep adaptasi morfologi makhluk hidup, pada artikel ini kita akan membahas beberapa contoh adaptasi morfologi pada hewan, maka pada artikel selanjutnya kita akan membahas contoh adaptasi pada tanaman. Tolong didengarkan!

Contoh Adaptasi Morfologis pada Hewan
Ada beberapa contoh adaptasi morfologi pada hewan yang bisa kita temukan di lingkungan kita. Beberapa contoh morfologi tersebut termasuk adaptasi paruh burung, adaptasi kaki burung, adaptasi jenis mulut serangga, adaptasi hewan kutub, dan adaptasi hewan padang pasir.

Contoh Adaptasi Morfologis pada Hewan

Contoh Adaptasi Morfologi Pada Hewan


1. Adaptasi Paruh Burung
Contoh adaptasi morfologis pertama pada hewan yang bisa kita lihat dalam bentuk paruh burung. Seperti kita ketahui bahwa paruh burung ternyata memiliki berbagai struktur, ukuran, dan bentuk yang disesuaikan dengan bagaimana burung mencari makanan dan makanannya.

Burung pemakan ikan seperti pelikan dan bangau, umumnya memiliki bentuk paruh yang memanjang dengan kantong di bagian bawah. Ini untuk memudahkan mereka menangkap ikan kecil di air. Burung pemakan biji-bijian seperti ayam dan paku memiliki paruh pendek, runcing, dan tebal untuk memudahkan mereka dalam memecahkan biji-bijian.

2. Adaptasi Kaki Burung 
Selain dilihat dari paruhnya, contoh adaptasi morfologi pada aves hewan keluarga juga bisa dilihat dari bentuk kaki mereka. Burung yang hidup di ekosistem perairan umumnya memiliki kaki berselaput untuk memudahkan mereka berenang, sementara burung pemangsa umumnya memiliki kaki yang kuat dan cakar yang tajam sehingga lebih mudah bagi mereka untuk berburu.

3. Adaptasi Jenis Mulut Serangga

Contoh adaptasi morfologi pada hewan juga dapat ditemukan pada jenis mulut serangga. Mulut serangga memiliki bentuk yang sangat beragam sesuai dengan cara makannya.

JenisBentukContoh dan Kegunaan
Mulut pengisapSeperti belalai yang bisa dijulurkan dan digulung.Kupu-kupu, untuk mengisap madu dari bunga.
Mulut penusuk dan penghisapTajam dan panjang.Nyamuk, untuk menusuk kulit manusia kemudian mengisap darah.
Mulut penjilatTerdapat lidah yang panjang.Lebah untuk menjilat makanan berupa nektar dari bunga.
Mulut penyerapTerdapat alat penyerap yang mirip spons (gabus).Lalat, untuk menyerap sari-sari makanan.
4. Adaptasi Hewan Polar

Adaptasi ketebalan bulu binatang kutub juga merupakan contoh adaptasi morfologis. Hewan polar seperti serigala atau beruang kutub umumnya memiliki bulu yang sangat kental. Bulu ini berfungsi sebagai pelindung dari suhu lingkungan yang sangat rendah.

Nah, begitulah beberapa contoh adaptasi morfologi pada hewan yang bisa kita lihat di sekitar lingkungan kita. Dapatkah salah satu dari Anda menyebutkan contoh lain adaptasi morfologi? Silahkan masukan jawaban anda di kolom komentar. Pada artikel selanjutnya kita akan membahas tentang beberapa contoh adaptasi morfologi pada tanaman, jadi tinggal di blog ini ya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar