7 Fungsi Akar Pada Tumbuhan Dan Jenis-Jenis Akar Penjelasan Lengkap

7 Fungsi Akar Pada Tumbuhan Dan Jenis-Jenis Akar Penjelasan Lengkap
7 Fungsi Akar Pada Tumbuhan Dan Jenis-Jenis Akar Penjelasan Lengkap
Setiap tanaman sejati harus memiliki 3 organ utama pada tubuhnya, yaitu akar, batang, dan daun. Ketiga organ ini adalah organ paling vital perannya untuk kelangsungan metabolisme tanaman. Organ memiliki fungsi masing-masing. Pada artikel ini, kita akan membahas fungsi salah satu organ ini. Kita akan membahas fungsi akar tanaman.

Fungsi Akar pada Tumbuhan
Ada banyak fungsi akar pada tanaman. Akar ini berfungsi sebagai pendukung pertumbuhan tanaman, sebagai organ nutrisi air dan tanah, penyimpanan makanan, fotosintesis, respirasi, gerakan, dan reproduksi (pembiakan).

Fungsi Akar pada Tanaman

Fungsi Akar pada Tumbuhan

1. Pertumbuhan Fungsi Pertumbuhan Tanaman
Fungsi akar yang paling penting adalah sebagai organ penunjang tumbuh tanaman. Akar tumbuh melalui tanah, meluas, lalu mengaitkan tanah dan membuat tanaman kuat menahan angin. Semakin tumbuh memanjang dan membesar, kemampuan akar dalam menunjang tanaman akan semakin kuat.

2. Fungsi penyerapan air dan nutrisi
Fungsi akar untuk tanaman berikutnya adalah sebagai organ penyerap nutrisi air dan tanah. Fungsi akar ini ditinjau terutama oleh akar rambut. Rambut akar mampu menyerap nutrisi organik dan anorganik dalam larutan dengan gradien konsentrasi tertentu. Keberadaan air tanah sangat mendukung kemampuan dan fungsi akar ini. Di tanah dengan kondisi layu permanen, fungsi akar dalam menyerap nutrisi tanah akan terhambat secara otomatis.

3. Fungsi Penyimpanan Cadangan Makanan
Akar juga bisa berfungsi sebagai cadangan penyimpanan karbohidrat dan air. Beberapa akar tanaman memiliki kemampuan menyimpan cadangan makanan seperti akar wortel, ubi jalar, dan ubi jalar. Akarnya mampu menyimpan sejumlah besar air seperti akar tanaman gurun (higrofit). Akar tanaman hygiophytic bahkan mampu menyimpan lebih dari 70 kg air dalam jaringan.

4. Fungsi fotosintesis
Fotosintesis tidak hanya bisa dilakukan pada daun. Beberapa akar tanaman yang mengandung klorofil juga diketahui melakukan aktivitas metabolik ini. Tanaman seperti anggrek epifit dan akar mangrove mengubah karbon dioksida dan air menjadi karbohidrat. Kemampuan tanaman ini juga merupakan salah satu fungsi akar pada tanaman yang tidak bisa dilupakan.

5. Fungsi Pernapasan
Akar juga bisa berfungsi sebagai alat pernafasan bagi tanaman. Fungsi akar yang satu ini bisa ditemukan di akar tanaman beringin, akar tanaman mangrove, dan akar beberapa tanaman lainnya yang habitatnya dibanjiri (hidrofit). Fungsi akar yang dimodifikasi sebagai alat pernafasan disebut pneumatophores. Struktur sel dan jaringan akar ini memungkinkan terjadinya difusi udara.

6. Fungsi Gerakan Tanaman
Akar juga bisa membantu pergerakan tanaman. Melalui mekanisme gerakan tropis seperti geotropisme, fototropisme, tigmotropisme, kemotropisme, dan hidrotropisme, akar membantu tanaman untuk menemukan air dan nutrisi di dalam tanah. Fungsi akar tanaman ini untuk menunjang metabolisme tanaman untuk melakukan proses fotosintesis.

7. Fungsi Reproduksi
Pada beberapa tanaman, akar juga berfungsi sebagai organ reproduksi. Melalui perbanyakan vegetatif stolon dan rhizoma, tanaman berkembang biak sendiri, menduplikat, dan berkembang biak. Pada tanaman dengan akar keriput seperti ubi jalar dan bengkoang, kemampuan dan fungsi akar ini juga dimiliki.

Jenis Jenis Akar
Akar di setiap tanaman biasanya berbeda dan memiliki jenisnya sendiri. Jenis akar adalah:

Akar serat

Akar ini umumnya terdapat pada monokotil, meskipun kadang-kadang hadir dalam tanaman dicoty yang biasa ditemukan pada stek atau cangkokan. Jenis akar ini memiliki banyak akar kecil dan sangat ramping dengan ukuran yang sama dan biasanya bentuk akar ini seperti benang.

Akar tunggang

Akar spesies ini umumnya ditemukan di tanaman dikotil. Seperti wortel dan umbi. Akar ini memiliki akar yang besar dengan beberapa cabang & ranting.

Jenis akar akar adventif lainnya meliputi:

Akar Gantung 

Jenis akar ini tumbuh dari atas batang dan tumbuh ke tanah. Jadi akarnya terlihat menggantung di udara. Fungsi dari akar gantung ini adalah untuk menyerap uap air & gas dari udara. Namun, jika akar tumbuh ke tanah, akar masuk ke tanah dan berfungsi menyerap air dan garam mineral. Contoh tanaman akar gantung ini adalah pohon beringin.

Akar nafas

Yakni akar yang tumbuh keluar dari bagian bawah batang. Akar jenis ini sebagian ada di permukaan tanah dan beberapa di antaranya ada di dalam tanah. Akar ini terlihat mendukung batang tegak dan kokoh. Ini memiliki banyak ruang dan celah sebagai tempat masuk udara. Jadi fungsi dari akar jenis ini adalah bernafas atau respirasi. Contoh tanaman ini seperti pandan & mangrove.

Akar Perekat

Jenis akar ini tumbuh di sepanjang batang tanaman. Fungsinya untuk menempelkan batang ke dinding atau ke tanaman lainnya. Contoh tanaman sirih.

Nah, begitulah beberapa fungsi akar tanaman dan penjelasannya. Untuk menambahkan wawasan yang terkait dengan organ yang satu ini, silakan kunjungi artikel kami yang terkait dengan diskusi akar pada tautan berikut.