--> Skip to main content

Pengertian Reformasi Gereja Dan Tokoh Penting Dalam Reformasi Gereja

Pengertian Reformasi Gereja Dan Tokoh Penting Dalam Reformasi Gereja. Hari ini kita tahu bahwa ada dua agama Kristen yang diakui Kristen Protestan dan Katolik Kristen. Perbedaan Protestan dan Katolik Kristen ada pada aturan gerejaNya dan beberapa keyakinannya. Jika ada yang bertanya tentang bagaimana Kekristenan menjadi dua ' bagian ', kita sering menghubungkannya dengan masa reformasi gereja. Namun, apa reformasi gereja? Reformasi Gereja adalah suatu proses sejarah ketika sekelompok orang berpisah dari Gereja Katolik dan menyatakan diri mereka sebagai Kristen Protestan. Reformasi ini menjadi kelanjutan dari Renaisans. Renaissance memiliki prinsip menikmati hidup dan menempatkan orang pertama dalam segala hal. Sebaliknya, reformasi memiliki pandangan bahwa manusia jahat dan rusak sehingga manusia membutuhkan iman Kristen yang benar. Meskipun ada perbedaan, mereka berdua melawan Gereja Katolik yang mendominasi abad pertengahan. 

Pada abad pertengahan, kehidupan sosial di Eropa didominasi oleh Gereja Katolik. Gereja memiliki pengaruh dalam setiap aspek baik masyarakat dan budaya Eropa. Hal ini membuat gereja saat untuk melupakan tugasnya. Mereka lebih peduli dengan hal untuk mendapatkan kekayaan yang lebih besar dan kekuasaan lagi. Mereka melupakan kepentingan jemaatnya. Pada saat itu, gereja membuat sejumlah besar pajak mengundurkan diri. Pajak ini membuat kekayaan berlimpah untuk gereja. Sayangnya, Gereja sedang sibuk untuk membangun gereja mewah Vatikan dan hidup berfoya-foya mereka dengan kekayaan. Hal ini menjadikan kaum bangsawan sebagai pihak yang mendukung reformasi gereja secara penuh oleh para reformis. Selain itu, mereka juga ingin melarikan diri dari Katolik Roma dan juga membangun negara mereka sendiri.

Arti dan Sejarah Reformasi Gereja

Pemahaman tentang reformasi gereja dimulai oleh Martin Luther dari Jerman. Dia adalah seorang biarawan yang tidak diketahui oleh khalayak yang lebih luas, tetapi juga seorang teolog yang brilian. Ia memicu subyek reformasi gereja pada abad ke-14. Pada saat itu, banyak orang mulai bertanya-tanya tentang otoritas Gereja internasional dan pelayanannya. Ini dimulai dengan penolakan terhadap supremasi gereja terhadap raja. Selanjutnya, upaya dibuat untuk menghilangkan otoritas Gereja di dunia politik. Mereka ingin gereja menjadi cukup tubuh rohani. Hasrat ini meningkat dengan pengungkapan ketidakteraturan gereja. Gereja terbukti kolusi dan nepotisme, menjual Surat pengampunan dosa, dan lain-lain. Ini adalah beberapa pemahaman tentang reformasi gereja yang perlu Anda Ketahui apa dari pembentukan reformasi gereja, sebagai berikut:

  • Martin Luther memulai gerakannya ketika ia memperoleh pemahaman baru tentang keselamatan. Melalui kehidupannya di biara, Luther percaya bahwa keselamatan hanya didasarkan pada iman. 
  • Keselamatan tidak tergantung pada apa yang manusia lakukan, baik atau buruk, benar atau salah. Dia percaya untuk tidak menjadi kegiatan sakramen, massa, atau kegiatan gereja lainnya yang membawa keselamatan.
  • Luther semakin tidak senang dengan praktik gereja saat ini sehingga, pada 31 Oktober 1517, ia menempelkan 95 tesis di depan pintu gereja Wittenberg, Saxonia. Tesis disebut melawan penjualan surat pengampunan dosa.
  • Penjualan dianggap korup dan tidak sesuai dengan ajaran Alkitab. Surat pengampunan dosa seharusnya menjadi sesuatu yang rela bukan dengan paksa dari gereja. Menurutnya, apa yang gereja lakukan ketika itu sudah diwarnai ajaran Alkitab.


Pada 1520 Masehi, Luther keluar dari keanggotaan gereja dan membangun sebuah gereja baru. Dia meminta Kaisar Romawi dan Pangeran Jerman untuk mereformasi gereja dan menghentikan setia Paus. Tentu saja hal ini akan ditolak oleh gereja. Namun, pada kenyataannya, Jerman mendukung Luther. Situasi panas antara Luther dan gereja dimulai. Luther berhasil bersembunyi di Istana Wartburg dan ia menerjemahkan Injil-kitab Perjanjian baru ke dalam bahasa Jerman. Setelah mencetak teknologi mesin, gagasan Luther semakin meluas. Karena ada banyak orang yang ditindas oleh praktik gereja, lebih dan lebih banyak orang yang mendukung gagasan Luther. Mayoritas ajaran Luther adalah bangsawan dan petani. Jerman adalah sebuah negara agraria, tetapi petani pada saat itu merasa sangat tertekan oleh gereja. Melalui reformasi ini, petani berani memberontak. Namun, Luther sendiri tidak setuju dengan pemberontakan ini sehingga ia sendiri campur tangan untuk menyelesaikannya. Ajaran Luther juga menekankan bahwa pemerintah negara bagian memiliki peran dan tanggung jawabnya sehingga gereja tidak dapat melupakan mereka. Ada beberapa konflik yang dialami selama sejarah reformasi gereja, sebagai berikut:

  • Konflik antara Luther dan gereja diselesaikan dengan perjanjian Ausburg 1555 M. Perjanjian ini berisi bahwa setiap Pangeran menentukan agama Rakyaktnya.
  • Dengan perjanjian tersebut, Jerman Utara menjadi mayoritas Protestan, sementara wilayah Selatan dan Bavari tetap menjadi Katolik Roma. Tidak hanya tentang keselamatan, Luther juga menentang hukum bahwa pendeta tidak diizinkan untuk menikah.
  • Dia berpikir bahwa pernikahan bukanlah dosa. Selain itu, pada saat itu mengungkapkan kasus hubungan kepausan dengan perempuan. Kasus yang paling keributan adalah Alexander VI yang memiliki 8 anak dengan Nyonya. Hal ini membuat Luther semakin berkembang dalam penyebaran ajaran-ajarannya. Ajaran ini sering disebut sebagai anti monastisisme.


Tokoh penting dalam reformasi gereja


Selain Martin Luther, ada tokoh reformasi gereja penting lainnya. Salah satunya adalah John Calvin. John Calvin adalah seorang teolog dari Perancis. Dia memiliki peranan penting dalam menyebarkan reformasi gereja di luar Jerman dan Skandinavia. Calvin sendiri mempunyai pandangan teologi yang lebih radikal. Dia percaya pada takdir setiap manusia. Nasib manusia akan ditentukan pertama oleh Tuhan. Namun, ajaran Calvin sangat dipengaruhi oleh pandangan Luther. Sama seperti Luther, ia juga mengajarkan ajaran-doktrin pertapaan duniawi, sakramen Kudus dan monastisisme. Selain itu, ada beberapa orang yang berperan serta dalam reformasi gereja dalam beberapa deskripsinya sebagai berikut:

  • Calvin juga memiliki seorang murid yang berpartisipasi dalam figur yang direformasi. Murid itu dinamakan John Knox. Ia adalah seorang pendeta Katolik dan juga Notaris kepausan. Menjadi murid Calvin, pengaruh Calvin sangat besar baginya. Baginya, kekristenan dan kemerdekaan nasional adalah dua hal yang bisa berjalan seiring. 
  • Ada juga seorang humanis, Erasmus Desiderius Roterodamus. Dia menulis sejumlah puisi dan prosa esai yang berisi kritik terhadap kekuatan gereja. Ia menerbitkan perjanjian baru dalam bahasa Yunani. Hasil dari publikasi ini digunakan oleh Luther untuk mendorong reformasi gereja.
  • Selain itu, ada Zwingli yang merupakan pemimpin reformasi gereja di Swiss. Ia menerima dukungan dari pemerintah dan penduduk Zürich untuk membawa perubahan dalam kehidupan masyarakat dan negara.
  • Figur reformasi lainnya adalah John Wycliffe. Dia adalah seorang dosen, filsuf, teolog, pengkhotbah, dan penerjemah. Dia adalah seorang pria yang mulai menerjemahkan Alkitab dari bahasa Latin ke Inggris. Doktrin Wycliffe didukung oleh pemerintah Inggris. Doktrin ini sering digunakan untuk meminta paksa para enggan membayar pajak. Pada saat itu, dengan cara ini, mereka bisa membiayai perang melawan Perancis. 


Permasalahan dan Dampak Munculnya Reformasi Gereja


Gerakan Reformasi Gereja ini sebenarnya memiliki dampak yang sangat besar bagi masa kini. Efek paling awal yang dapat diamati adalah dari aspek sosial dan politik Eropa. Bangsa kecil Nasional muncul, mereka tidak memiliki kekuatan pusat seperti kepausan Romawi. Hal seperti demokrasi, kebebasan individu, dan hak politik untuk setiap individu semakin ditekankan. Meskipun terlihat bagus, reformasi gereja memunculkan kekuatan mutlak di Eropa. 

Reformasi harus bertanggung jawab atas perang saudara, penghancuran karya seni yang berkaitan dengan Katolik. Kejadian terburuk muncul dalam peristiwa berdarah malam St. Bartholomeus ketika terjadi pembunuhan massal. Pemberontakan lain juga terjadi sebagai pemberontakan untuk membayar pajak di Belanda sehingga para pemberontak dibantai. Protestan dianggap sebagai pengkhianat dan teror dan pembunuhan terhadap mereka selama enam tahun, sebagai berikut beberapa efek:

  • Efek lain adalah reformasi yang menyebabkan kelompok kecil Kekristenan. Kita sering hanya mengetahui anggapan bahwa reformasi gereja membentuk dua kelompok Kristen Protestan dan Katolik. 
  • Lebih dari itu, kelompok ini membentuk Lutheranisme, Calvinisme, Anglicanisme, Quakerism, dan Katolik. Dari nama kelompok, kita dapat melihat bahwa banyak orang mengklasifikasikan diri mereka berdasarkan pelopor pemberi doktrin. Selanjutnya, setelah reformasi, semakin banyak kelompok yang terbentuk pada agama Kristen yang sering kita sebut denominasi.
  • Berdasarkan prinsip kepercayaan, tidak ada perbedaan yang bermakna. Semuanya tetap tergantung pada Alkitab. Namun, hal ini membuat pembagian Kongregasi seperti Jerman Utara dan Jerman Selatan.


Dampak dari reformasi gereja yang kita rasakan saat ini adalah pemahaman yang kita miliki tentang keselamatan. Kita menjadi semakin memahami bahwa bukan tindakan kita, bukan prosesi yang menyelamatkan kita. Keselamatan datang hanya dari Allah. Reformasi juga menimbulkan banyak terjemahan Alkitab ke dalam berbagai bahasa sehingga setiap orang dapat membaca dan memahami Alkitab. Kita juga dapat melihat bagaimana amalan Jemaat mula menyimpang dan tidak mengikut doktrin alkitabiah.

Reformasi Gereja adalah permulaan baru bagi kita untuk memahami Tuhan lebih dalam. Semoga kita tidak menyia-nyiakan kesempatan hari ini untuk mengenal Tuhan. Dengan memahami reformasi gereja, kita juga harus mampu memahami makna keselamatan yang kita miliki. Tuhan memberkati.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar