Skip to main content

Ayat Alkitab Perjanjian Baru Tentang Perpuluhan

Arti Persepuluhan Dalam Agama Kristen Menurut Alkitab. Persepuluhan pastilah telah didengar familier di telinga kita. Pertanyaan juga datang ke dalam benak kita mengenai persepuluhan atau sering kali orang menyebutnya persepuluhan. Lalu, Apakah persepuluhan ini? Mengapa harus sepersepuluh? Mengapa tidak seperlima, satu-keenam, atau seperlima belas? Apakah persepuluhan berbicara tentang jumlah yang harus dipatok sampai mati oleh sepersepuluh, tidak lebih atau kurang? 

Apakah persepuluhan harus dalam bentuk uang? Bagaimana jika kita memberikan hasil pertanian kita? Dimana memberikan persepuluhan? Haruskah gereja atau bisa itu gratis di mana saja? Apakah persepuluhan wajib? Apakah hanya orang yang telah bekerja yang harus memberikannya? Bagaimana dengan seseorang yang bekerja sebagai siswa atau siswa? Semua pertanyaan ini hanya dapat kita temukan jika makna dari persepuluhan kita adalah dengan cara yang benar. Berikut ini akan menjelaskan makna persepuluhan dalam Kekristianan menurut Alkitab melalui artikel ini.

Persepuluhan Dalam Gereja Menurut Ajaran Gereja


Jika mereka melihat dalam Perjanjian lama, persepuluhan adalah perintah yang ada dalam hukum Musa dan harus dipatuhi oleh seluruh bangsa Israel. Pada waktu itu, persepuluhan diberikan kepada orang-orang Lewi untuk membalaskan pekerjaan yang mereka lakukan itu adalah karya Kemah Pertemuan (Bilangan 18:21). Itulah sebabnya kenapa rumah Lewi tidak akan mempunyai pusaka di antara orang Israel (Bilangan 18:24). Orang Lewi yang menerima persembahan persepuluhan dari bangsa Israel juga akan mempersembahkan persembahan persepuluhan kepada Tuhan sebagai persembahan khusus (Bilangan 18:26), berikut adalah beberapa penjelasan berikut:

  • Bangsa Israel pada waktu itu memberikan persembahan persepuluhan-nya dalam bentuk benih di dalam tanah serta dari buah pohon atau dari ternak atau domba (Im. 27:30; Imamat 27:32). 
  • Namun, ada juga di antara mereka yang memberikan persembahan persepuluhan dalam bentuk uang, yaitu jika ada yang tidak dapat mengangkut mereka karena tempat Tuhan akan memilih untuk menetapkan namanya terlalu jauh sehingga harus diubah (Deut. 14:24).
  • Dalam Perjanjian lama, bangsa Israel memberikan persembahan persepuluhan kepada tempat terpilih Tuhan Allah, untuk membuat namanya diam (Ulangan 12:11).
  • Dan itu adalah tempat yang pasti ada di tanah Israel karena kita tahu di Perjanjian lama, bangsa yang dicintai oleh Allah adalah bangsa Israel.
  • Dalam 2 Tawarikh 31:12, ianya ditekankan untuk memberikan persepuluhan dengan setia. Dan dalam kitab Nehemia, Amos, Maleakhi, persepuluhan tetap terus diucapkan.


Tujuan Persepuluhan Dalam Gereja Untuk Umat Kristen


Tidak seperti apa yang telah kita bahas tentang persepuluhan dalam Perjanjian lama, dalam Perjanjian Baru kita hanya dapat mengetahui sedikit tentang persepuluhan. Bahkan tidak ada penekanan terperinci pada perjanjian lama yang dapat kita temukan. Dalam Matius 23:23, Lukas 11:42 ditekankan untuk memberikan persepuluhan dari kemangi, adas manis dan jintan, tapi masih ingat yang paling penting dari hukum: keadilan, rahmat dan kesetiaan, sehingga Matius mengatakan seseorang harus melakukan dan yang lain tidak boleh diabaikan. Kata inilah yang dapat menjadi dasar bagi kita untuk memberikan persepuluhan meskipun mungkin ada banyak pengeluaran atau utang yang harus dibayar atau jika memiliki kerinduan atau digerakkan oleh belas kasihan untuk diberikan kepada seseorang di sekitar kita yang sedang bergumul untuk makan dan orang lain.

Jadi bagaimana saya bisa bekerja pada keduanya? Kalau tidak mungkin memberikan sepersepuluh dari apa yang kita miliki karena melakukan hal ini, berdasarkan kebenaran firman Jahweh, hal ini tidak salah jika kurang dari sepersepuluh dari persembahan persepuluhan yang kita berikan. Perlu diingat, jika itu tidak mungkin. Tetapi jika alasan untuk sesuatu di luar ini, misalnya untuk hedonisme dengan demikian mengurangi persepuluhan, saya menasihati kita untuk bertobat. Jadi tetap bijaksana dalam memberikan persepuluhan jika itu adalah untuk mengurangi itu, sebagai berikut:

  • Tidak ada yang jelas tertulis dalam Perjanjian Baru tempat persepuluhan. Suku Lewi tidak lagi ada dalam Perjanjian Baru, dan di mana ia memberikan persepuluhan? 
  • Pada zaman Perjanjian Baru semuanya digenapi oleh kematian dan kebangkitan Kristus agar tiada lagi korban dipersembahkan melalui orang-orang Lewi seperti dalam Perjanjian lama bahawa mereka tidak lagi akan memberikan persepuluhan kepada suku Lewi.
  • Lalu di mana? Ke suatu tempat yang sungguh merupakan kerinduan/visi dari Allahnya/amanat Agung, kami bersedia memberikan persepuluhan, apakah itu ke gereja atau komunitas Kristen di kampus atau tempat lain yang melakukannya.
  • Jadi kebijaksanaan Allah masih diperlukan dalam kutukan dan berdoa bahwa persepuluhan yang kita berikan benar-benar dialokasikan untuk pekerjaan Allah. 
  • Sebuah kebenaran yang pasti dari kedua perjanjian lama dan yang baru didasarkan pada ayat Alkitab yang kita baca tentang persepuluhan, dan yang paling penting dari persepuluhan adalah ketaatan sejati dan kesetiaan dan motivasi.
  • Dikatakan dalam Alkitab ' memberi ' persepuluhan tidak ' membayar '. Dengan kata lain, kita memberikan apa yang merupakan karunia Allah yang telah kita terima sebelumnya dan dengan kata lain, tidak satupun milik kita. Segala sesuatu adalah milik Allah.
  • Dan inilah yang memotivasi kita untuk memberikan persepuluhan: ketergantungan pada Allah. Ketika kita menyadari bahwa segala sesuatu milik dia, maka kita pasti terus bergantung padanya, sehingga bahkan jika uang dalam rekening atau di kantong kita berkurang, kita masih persepuluhan karena iman kita kepada-Nya bahwa ia adalah menjaga hidup kita, bukan karena materi yang kita miliki yang membuat kita hidup dan abadi. 


Dan dengan motivasi yang sedemikian Saleh, pastilah kita tidak pernah tidak patuh dalam memberikan persepuluhan. Bukankah kata-Nya berkata:  "Lihatlah burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak berkumpul di gudang, tetapi diberi makan oleh ayahmu yang di surga. Apakah Anda tidak jauh di luar burung? .... Dan mengapa Anda khawatir tentang pakaian? Amati bunga bakung di ladang, yang tumbuh tanpa kerja dan tanpa berputar, tetapi aku berkata kepadamu: Salomo dalam segala kemegahan tidak berpakaian seindah apapun dari bunga  "(Matius 6:26 – 29). Persepuluhan bukanlah soal bilangan, tetapi ketaatan. Mari kita Patuhi untuk memberikan persepuluhan dengan motivasi yang benar.

Jadi artikel tentang makna persepuluhan dalam kekristenan menurut Alkitab, mudah-mudahan artikel ini memberikan pemahaman tentang makna persepuluhan dalam kekristenan menurut Alkitab dan kita dapat menerapkan dalam memberikan persepuluhan yang merupakan ucapan syukur untuk berkat yang kita terima.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar