Skip to main content

3 Cara Mengetahui IP Address PC, HP Dan Modem Paling Mudah

Cara Cek IP Address PC, HP Dan Modem. Alamat iP atau alamat identifikasi untuk setiap perangkat yang terhubung ke internet. Sifat dari identifikasi ini adalah deretan angka. Setiap perangkat berbeda, memiliki alamat IP (Internet Protocol) yang berbeda. Ada dua jenis alamat IP yang merupakan alamat IP statis tetap, dan alamat IP dinamis yang akan berubah setiap kali kita terhubung ke jaringan

Selain identitas perangkat yang mengakses jaringan, IP Addres juga berfungsi untuk mengidentifikasi skala jaringan yang digunakan, sebagai besar seperti apa jaringan dapat dilihat dari alokasi alamat IP yang tersedia. Fungsi lain dari alamat IP adalah untuk melacak keberadaan perangkat tersebut serta jejak pengguna internet. Untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut tentang fungsi alamat IP Anda dapat membaca fungsi alamat IP.

Untuk dapat menggunakan alamat IP seperti di atas, Anda harus terlebih dahulu mengetahui alamat IP perangkat. Dalam artikel ini, dosenIT akan menampilkan beberapa cara yang Anda bisa mendapatkan alamat IP dari perangkat yang terhubung ke jaringan, apakah itu smartphone atau laptop atau PC.
Cara Cek IP Address PC, HP Dan Modem.
Cara Cek IP Address PC, HP Dan Modem.

1. Cara Cek IP Address Komputer (Laptop atau PC)


Sama seperti pada smartphone, jika laptop atau PC Anda terhubung ke jaringan internet atau jaringan lokal, maka komputer Anda akan memiliki alamat IP tertentu sebagai alamat identifikasi perangkat. Ada tiga cara Anda dapat memeriksa alamat IP komputer Anda, sebagai berikut:

  • Melalui command prompt

Untuk memeriksa alamat IP komputer Anda menggunakan prompt perintah pertama Anda harus sebaliknya perintah Promt di muka. Bagaimana, klik start > klik Run di bidang pencarian atau Anda juga dapat memilih shortcut Win + R pada keyboard. Setelah jendela Jalankan muncul, ketik CMD di kolom yang tersedia untuk menampilkan jendela prompt perintah.

Di jendela prompt perintah, ketik ipconfig setelah itu tekan ENTER. Dalam hitungan detik, prompt perintah akan menampilkan konfigurasi IP komputer Anda. Selain menampilkan alamat IP, beberapa informasi seperti default gateway dan lain-lain juga akan ditampilkan.

  • Melalui control panel

Klik pada Start > Control Panel > Network dan Internet > Network and sharing Center kemudian pilih profil koneksi yang Anda gunakan (aktif). Klik kanan pada profil koneksi, pilih opsi status. Jendela akan muncul yang berisi konfigurasi IP komputer Anda, termasuk addres IP. Anda dapat mengklik Rincian untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seperti Subnet Mask, default Gateway, atau DNS (BCA juga: DNS fungsi, DNS Sense).

  • Melalui website

Untuk memeriksa alamat IP melalui situs web, komputer Anda harus terhubung ke koneksi internet. Ada beberapa situs yang dapat Anda buka untuk mendapatkan informasi tentang alamat IP dari laptop atau PC, antara lain: http://whatismyipaddress.com. Setelah Anda membuka situs menggunakan browser pada komputer Anda, halaman utama situs akan langsung hadir alamat IP Anda laptop/PC serta berbagai informasi lainnya seperti ISP, Layanan, kota, et al.

Situs lain yang menyediakan layanan pemeriksaan alamat IP untuk komputer Anda adalah http://ipaddress.com. Pilih tab menu IP saya yang dapat Anda temukan di bagian atas halaman situs. Setelah itu halaman situs akan menampilkan alamat IP Anda saat ini laptop/PC, ISP, Netspeed, proxy, sistem operasi, kota dan negara, ke zona waktu.

2. Cara Cek IP Address Smartphone


Smartphone juga memiliki alamat IP karena smartphone juga terhubung ke jaringan internet. Ada tiga cara untuk mengecek alamat IP smartphone Anda, sebagai berikut:

Melalui Websiteif smartphone Anda memiliki koneksi dengan jaringan internet, Anda dapat membuka beberapa situs yang dapat memberitahukan alamat IP smartphone Anda dengan menggunakan aplikasi browser yang diinstal pada smarthone Anda. Menurut penulis pribadi, ini adalah cara termudah untuk melakukannya. Ini dapat digunakan pada smartphone dengan sistem optik Android, iOS, atau Windows. Ada cukup banyak situs yang menyediakan layanan ini, antara lain:
  1. http://locallhost.com-tampilan sederhana, hanya menunjukkan alamat IP smartphone Anda
  2. http://www.intip.net-menampilkan alamat IP, browser yang digunakan, nama host dan negara (negara).
  3. http://www.ipsaya.com-menampilkan cukup banyak informasi seperti alamat IP, browser yang digunakan, proxy, jenis koneksi, ISP, kota dan negara, sampai perangkat yang digunakan.


  • Melalui menu WiFi pada smartphone Anda


Hal ini cukup rumit, untuk melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu terhubung dengan WiFi. Anda dapat menggunakan WiFi publik atau WiFi pribadi. Setelah Anda terhubung ke WiFi, buka menu WiFi, tekan pada WiFi yang terhubung dengan perangkat Anda (Catatan: penulis menggunakan smartphone Android 6,0) kemudian akan muncul beberapa keterangan termasuk IP Address perangkat Anda serta Gateway.

  • Menggunakan App pihak ketiga


Hal ini juga cukup mudah untuk melakukan Anda hanya perlu menginstal aplikasi pihak ketiga dari Play Store. Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa alamat IP smartphone Anda, salah satu aplikasi MyIP. Aplikasi ini yang hanya mengukur 16,51 KB akan menampilkan alamat IP smartphone Anda saat ini, serta hostname dan tipe koneksi.

3. cara memeriksa IP adress modem

Jika Anda ingin membuat konfigurasi lebih lanjut pada modem atau router, Anda harus terlebih dahulu mengetahui modem alamat IP. Untuk mengetahui, Anda dapat mengambil langkah berikut:

  • Klik Start > Control Panel > Network dan Internet > Network and sharing Center > Local Area Network
  • Pilih profil koneksi modem yang Anda gunakan
  • Klik kanan pada profil koneksi, lalu pilih opsi status.
  • Jendela yang berisi konfigurasi IP komputer Anda akan muncul, klik rincian untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap (Baca juga: fungsi domain).
  • Lihat Alamat Gateway, alamat adalah alamat IP modem Anda.


Anda dapat mengubah alamat IP dari modem alamat yang Anda gunakan jika Anda inginkan. Untuk melakukannya, Anda harus masuk ke modem panel admin. Cara mengetik alamat IP modem yang telah Anda ketahui di bilah alamat browser dan tekan ENTER. Anda akan menemukan jendela login, biasanya Usaername dan password default adalah admin.

Setelah Anda telah berhasil masuk, Anda dapat memasukkan antarmuka penataan > LAN menu dan mengganti IP adress terdaftar dengan alamat IP yang Anda inginkan. Setelah itu Simpan perubahan Anda. Catatan, sebelum Anda melakukan ini, Anda harus mengubah alamat IP komputer Anda untuk default pertama, jika tidak, Anda biasanya tidak akan dapat masuk ke panel admin modem. Untuk mengetahui lebih jelas cara mengubah addresbe IP default, Anda dapat membaca cara mengubah alamat IP dinamis menjadi statis.

Dengan demikian 3 cara untuk memeriksa IP adress yang dapat Anda lakukan, baik untuk memeriksa IP Address pada smartphone Anda, PC atau laptop atau juga IP Address modem yang Anda gunakan. Anda dapat memeriksa melalui situs web, aplikasi lain, melalui menu pengaturan smartphone, atau melalui command prompt dan Control Panel pada komputer.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar