Skip to main content

Perbedaan Ibadah dan Kebaktian Dalam Agama Gereja

Dalam kehidupan sehari-hari sebagai orang Kristen, Anda dan saya mungkin sering mendengar istilah penyembahan dan kebaktian. Apakah kedua kata ini memiliki arti yang sama? Jika tidak, apa bedanya? Dalam artikel ini, Anda akan berbicara tentang arti dari kata penyembahan dan kebaktian, serta perbedaan antara ibadah dan bahan bacaan Anda menyembah.

1. Arti ibadah
Sering kali orang Kristen mempertimbangkan jika penyembahan berarti pergi ke gereja, itu semua. Memang benar, ketika kita pergi ke gereja, kita beribadat. Tapi apakah itu hanya itu? Apa sebenarnya arti ibadah?

Penyembahan mempunyai arti sebagai berikut:


  • Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan
  • Sebagai jawaban atau tanggapan terhadap kasih yang telah Allah berikan kepada kita
  • Sebagai pujian dan penyembahan kita kepada Tuhan
  • Sebagai pelayanan kita adalah Tuhan dan tetangga, itu adalah tulus, rela, dan penuh kasih tak terbatas waktu dan tempat atau keadaan.
  • Menaati perintah Tuhan


Secara harfiah, penyembahan berasal dari kata "abada " dalam bahasa Ibrani yang berarti menyembah; Dan kata  "Latreia " dalam bahasa Yunani yang berarti layanan. Penyembahan adalah suatu ungkapan rasa takut, hormat, syukur, kegembiraan dan pujian kita kepada Jahweh karena Jahweh sudah mengasihi, merawat, dan menyelamatkan kita. Ibadat juga merupakan bentuk kepatuhan kita terhadap perintah-perintahNya.

Dalam Roma 12:1-2 disebutkan bahwa peribadatan sejati adalah untuk mempersembahkan tubuh kita, sebagai persembahan yang hidup, Kudus, dan menyenangkan baginya. Dalam Kolose 3:23, arti ibadah lebih jelas sebagai segala yang kita lakukan (baik secara duniawi maupun rohani) kepada Allah, manusia atau makhluk lain untuk kemuliaan Allah.

Tujuan dari ibadah Kristen adalah untuk bertemu dengan Allah, untuk mendekat padanya, untuk mengetahui kehendak-Nya, dan untuk menyadari bahwa kita adalah orang berdosa, dan itu adalah Allah yang menyelamatkan kita kasih-Nya bagi kita. Ibadat dapat dibahas dalam berbagai cara seperti berdoa; Bacalah Firman Allah; Menghadiri kebaktian, Sekolah Minggu, retret, atau Paskah dan perayaan Natal; Lakukan yang baik; Berperilaku sopan, dan sebagainya.

2. Arti Kebaktian
Kebaktian adalah suatu bentuk pelayanan kita kepada Tuhan, sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada dia yang kita lakukan dengan tulus, tulus, dan kasih kepada Allah dan orang lain. Pelayanan dilakukan pada tempat dan waktu tertentu, dilaksanakan dengan khidmat, dan dipimpin oleh Majelis yang terdiri dari penatua dan diakon. Dalam kebaktian, ada unsur liturgis yang tersusun rapi namun tidak mengikat.

Ada berbagai bentuk ibadat yang dapat kita lakukan sebagai umat Allah, yang adalah pelayanan hari Minggu biasa yang kita ikuti setiap hari Minggu; Kebaktian remaja yang merupakan kebaktian khusus untuk remaja, kebaktian Paskah dilaksanakan untuk merayakan Paskah; Atau juga devosional Natal untuk merayakan Natal.

3. Perbedaan makna penyembahan dan kebaktian
Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, meskipun sama-sama merupakan ungkapan rasa syukur dan suatu keajaiban dari kita kepada Tuhan; Tetapi penyembahan dan kebaktian memiliki arti yang berbeda. Berikut adalah beberapa perbedaan ibadah dan kebaktian:


  • Penyembahan tidak terbatas pada tempat, waktu, atau keadaan; Devosional ditentukan dan dijadwalkan sebelumnya.
  • Penyembahan tidak selalu mengandung unsur liturgis, sementara ibadah selalu merupakan unsur liturgis yang tersusun tetapi tidak mengikat 
  • Kebaktian sekurang-kurangnya 2 orang dan dipimpin oleh Majelis yang terdiri dari para tetua dan diakon; Ibadah dapat dilakukan sendiri, misalnya ketika melakukan shalat pribadi 


Kebaktian adalah bagian dari ibadat.
Jadi beberapa ulasan tentang perbedaan ibadah dan juga devosional Anda dapat mengetahui, dalam ajaran Kekristenan yang dapat Anda membedakan.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar