Skip to main content

Perbedaan Gereja Pentakosta Dan Gereja Kharismatik

Gereja kharismatik dan Pentakosta tidak memiliki banyak perbedaan besar. Lebih dapat dilihat melalui kebiasaan karakteristik sendiri dan dilakukan oleh tanah Alkitab. Gereja Kharimatic dan Pentakosta memiliki karakter dan adat istiadat tersendiri – tersendiri. Penekanan yang khas dari setiap gereja menjadi ciri dan identitas dalam membedakan dan masih mengajarkan hukum cinta dalam Alkitab. Perbedaan Gereja Pentakosta Dan Gereja Kharismatik

Jelas tidak bisa dilihat gereja mana yang lebih baik, karena pada dasarnya hanya tentang pandangan dan sudut pandang masing-masing orang, sehingga akan membuat perbedaan dalam kesatuan keragaman menjadi bentuk kedamaian yang dimiliki semua orang. Artikel ini akan menjelaskan perbedaan antara gereja kharismatik dan gereja Pantekosta dan mengakui prinsip-prinsip politik gereja.

1. Gereja karismatik

Gereja Kharismatics memiliki ciri khas yang dimiliki juga oleh Pentakostalisme. Karunia Roh seperti yang ditemui dalam Alkitab.

Gerakan karismatik dapat memiliki banyak kesamaan dengan aliran Pantekosta. Karena perkembangan Pentakosta tidak akan dipisahkan dari perkembangan karismatik. Keduanya mengakui kuasa Roh Kudus. Gereja Pantekosta dan karismatik memiliki gaya khotbah yang berapi-api dan diterima secara luas di khalayak dan masyarakat. Tapi di samping itu, gereja Pantekosta dan karismatik memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Meskipun terlihat sama dan untuk beberapa faktor sulit untuk membedakan. Kemiripan yang sulit dibedakan, maka ada beberapa faktor yang pembeda keduanya, yaitu:

  • Dalam banyak gereja karismatik yang menolak keutamaan Glossolalia dipaksakan pada gereja Pantekosta, itu adalah perbedaan yang cukup terlihat dari Gereja Pantekosta dan gereja karismatik.
  • Ada beberapa faktor yang menolak ajaran gereja Pantekosta yang dianggap legal oleh gereja karismatik.
  • Banyak gereja karismatik sering menjadi denominasi mereka sendiri, dan tidak akan mendirikan gereja baru, contoh yang merupakan gereja karismatik Katolik di gereja Kalotik Roma.
  • Yang distinguturing yang mungkin tampak adalah cara berkhotbah, menyembah dan cara pelayanan altar.
  • gereja Pentakosta lahir jauh di depan gerakan karismatik.


Karena gereja Pentakosta dan gereja Kharismatics adalah gambaran doktrin dan fakta bahwa lebih sulit untuk membedakan hari ini. Tak satu pun dari gerakan akan terlihat terpisah. Jadi ada definisi yang akan baik untuk secara luas disepakati dan menjadi aliran, karena pada dasarnya gerakan mereka yang terpisah tetap pada aliran Kristen yang relatif muda.

Gerakan gereja Karimatik akan menjadi sub-gerakan utama yang ada di antara Katolik Roma, yang akan tumbuh dengan Katolik tradisionalis. Ini akan menunjukkan situasi di mana banyak otoritas Gereja mungkin tidak setuju dengan pengajaran karismatik tetapi akan sulit untuk menentang hal itu karena gerakan karismatik ini didukung oleh anggota yang memiliki wewenang di gereja.

2. Gereja Pantekosta

Gereja di Indonesia juga disebut Gereja Pantekosta, sebuah gereja yang menekankan peran karunia Roh Kudus sesuai dengan sejarah Kekristenan.

Ciri umum dari Gereja Pantekosta adalah:

  • Jemaat Pentakosta adalah Jemaat yang menekankan peranan Roh Kudus dan karunia yang Roh Kudus ada dalam kehidupan keseharian para pengikutnya.
  • Menekankan pembaharuan prasarana penyembahan, seperti lagu spiritual di gereja yang lebih modern digunakan dibandingkan lagu lama yang memiliki nuansa Gregorian
  • Gereja akan mengizinkan peranan wanita yang bertugas dalam pelayanan gereja dan menjadi tujuan dari orang Kristen yang hidup.
  • Memurnikan hubungan antara imam dan Jemaat yang akan ditekankan dalam nilai keluarga, sehingga tidak ada rasa kesenjangan tingkat spiritual.


Para pengikut gereja Pentakosta tidak sama dengan fundamentalis, yang paling penting tidak termasuk dalam sifat ajaran sesat Kristen. Karena di fundamentalis lebih menekankan pada pengalaman spiritual pribadi. Orang Pantekosta memiliki perspektif dunia dilihat dari Trans rasional. Mereka juga percaya ortodoks atau dengan benar keyakinan, orthopathy atau perasaan yang benar mereka juga percaya dan atau orthopraksis

Atau sering disebut sebagai refleksi atau tindakan saleh mengajarkan tentang manfaat berdoa bagi orang Kristen. Penggunaan alasan untuk menjadi hal yang berharga dan untuk menjadi bukti kebenaran yang benar, orang Pantekosta juga tidak membatasi bukti dan kebenaran yang sudah ada tetapi hanya berfokus pada alasan itu diyakini.

Sebuah gerakan yang disebut Pentakosta terlihat di antara gerakan kesucian yang memiliki nama dan dimulai dengan istilah Pentakosta. Pentekostalisme bermula dari 1901. Gerakan Pantekosta modern muncul di Eropa. Gerakan Pantekosta muncul karena gerakan yang disebabkan oleh keinginan untuk memberikan informasi terkait yang Anda inginkan
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar