--> Skip to main content

Gereja Setan - 6 Ciri-Ciri Gereja Setan Yang Harus Diketahui Agar Diwaspadai!

Gereja Setan atau Iblis bukanlah hal baru. Gereja Setan - 6 Ciri-Ciri Gereja Setan Yang Harus Diketahui Agar Diwaspadai!. Sejak awal sejarah gereja, ajaran yang menyimpang dari ajaran Yesus dan Firman Allah sudah ada. Para pengikut Gereja ini biasanya membuat orang Kristen menjadi bayi rohani (tetapi memiliki pemahaman yang kuat tentang kebenaran Firman Tuhan-merah) sebagai target. Alkitab juga mencatat hal ini,


2 Petrus 2:1-3 Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka. Banyak orang akan mengikuti cara hidup mereka yang dikuasai hawa nafsu, dan karena mereka Jalan Kebenaran akan dihujat. Dan karena serakahnya guru-guru palsu itu akan berusaha mencari untung dari kamu dengan ceritera-ceritera isapan jempol mereka. Tetapi untuk perbuatan mereka itu hukuman telah lama tersedia dan kebinasaan tidak akan tertunda.

Sebagai seorang Kristen, kita harus mengakui karakteristik gereja setan sehingga tidak mudah terpengaruh dan juga membimbing orang Kristen di sekitar kita. Apa saja sifat dari gereja setan?



1. percaya pada kebenaran lain di luar Alkitab

Alkitab adalah satu-satunya kebenaran bagi orang Kristen (2 Timotius 3:16). Gereja setan biasanya memiliki buku lain sebagai pegangan. Para pengikutnya juga jarang menambah atau mengurangi kebenaran yang ada dalam Alkitab dengan Wahyu, penglihatan, mimpi, dan sebagainya. Paulus dalam Galatia memperingatkan dan mengutuk orang yang memberitakan Injil yang berbeda dari apa yang diajarkan Yesus (Galatia 1:8-9). Paulus menggunakan istilah Injil yang berbeda yang memiliki arti dari berita baik yang berbeda. Dengan demikian, dalam bidaah ini juga terdapat unsur ' Kabar baik ' yang mengandungi hal yang positif bagi umat manusia. Inilah yang sering menjadi daya tarik gereja Iblis bagi orang Kristen.

2. percaya pada jalan keselamatan selain Yesus

Keselamatan adalah Pemberkahan yang diperoleh melalui iman kepada Yesus Kristus. Ajaran gereja setan biasanya mengajarkan cara lain keselamatan, apakah itu sosok selain Yesus, perbuatan baik, pelayanan, dan kondisi lainnya.

3. memiliki pemahaman palsu tentang Allah Tritunggal

Gereja setan memiliki pemahaman sendiri tentang Allah, Yesus, dan Roh Kudus. Paulus menulis bahawa mereka akan menyangkal penguasa (2 Pet 2:1), malah Tuhan Triune. Beberapa contoh adalah ajaran dari dosetitisme yang menolak keaslian tubuh jasmani Yesus, ajaran apollinarisme yang mengajarkan bahwa Yesus tidak memiliki roh manusia, dan ajaran Eutychianisme mengatakan bahwa Yesus tidak memiliki tubuh manusia.

4. membuat doktrin baru

Doktrin baru seperti membuat susunan warna pakaian, kekudusan hidup yang ekstrem, penggunaan seks sebagai ritual keagamaan, dan lain-lain adalah contoh doktrin baru yang dibuat oleh gereja Iblis. Banyak dari doktrin ini biasanya diikuti dengan patuh oleh pengikut setia mereka. Beberapa contoh doktrin ini adalah gereja SubGenius yang sangat terbuka dengan nilai sekuler, budaya pop, agama New Age, teori konspirasi, atau tren psikologis hari ini yang bertentangan dengan kebenaran Firman Allah, Gereja Aphrodite yang mengajarkan doktrin paganisme, memuliakan cinta di atas segalanya, Gereja Ortodoks Moor yang mengajarkan ibadah ritual dalam bentuk kombinasi dari Buddha, Hindu, Freemason, Gnostik, Islam, Kristen dan Taoisme, dan lain-lain dll.

5. kultus individu

Gereja setan memiliki satu karakteristik yang sebagian besar sama, Pusat penyembahan primer bukan pada Allah, tetapi pada diri sendiri atau individu tertentu. Paulus sekali lagi mengingatkan kita untuk tidak cemas dan cemas akan Ilham dari Roh (2 Tesalonika 2:2) yang Gereja ini lakukan, yang merupakan penekanan berlebihan pada mukjizat, bahasa, manifestasi Roh Kudus, pengusiran/pembebasan, dan sebagainya.

Selain itu, ajaran bidat juga memberikan perhatian pada para pemimpin. Dalam hal ini, Paulus juga memperingatkan tentang pelayanan yang membesarkan diri (Kolose 2:18b) dari mereka yang berpura-pura merendahkan hati, untuk melayani para malaikat, untuk terobsesi dengan penglihatan dan mukjizat, dan untuk mengembangkan diri mereka dengan pikiran duniawi. Bahkan bisa dibilang, banyak ciri Gereja setan memiliki pemimpin karismatik dengan pengikut fanatik yang luar biasa.

Beberapa contoh adalah Iglesia Maradoniana, adalah sebuah asosiasi pemain sepak bola fans, Diego Maradona yang mengadakan ritual menyembah Maradona dengan menggunakan ' Salam Maradona ' dan memiliki ' sepuluh perintah utama Maradonian ', gereja setan dalam bentuk kepercayaan dan penyembahan kepada Iblis yang merupakan dalang pembunuhan brutal bayi yang merupakan korban ritual berdarah di Amerika keyakinan ini sendiri menjadi populer karena beberapa seniman menjadi pengikutnya, salah satunya adalah Tom Cruise.

6. salah akhir waktu mengajar

Gereja setan juga sering kali memberikan petunjuk yang keliru mengenai akhir jaman dengan ramalan yang baik mengenai waktu akhir akan terjadi seperti juga cara zaman akhir akan terjadi. Alkitab dengan jelas mencatatkan bahawa tiada seorangpun yang tahu apabila penghujung masa akan terjadi (Matius 24:42-44, Matius 25:13, Matius 26:41), walaupun tanda azab Kristian telah banyak berlalu. Salah satu contoh adalah akhir-waktu prediksi yang merupakan salah satu ajaran Saksi Yehuwa yang telah dimulai pada tahun 1900.

Dengan munculnya Karakteristik dari gereja setan dengan ajaran yang menyimpang, sebagai orang Kristen kita harus meminta Roh Kudus untuk selalu menjaga kita dari berjalan dalam kebenaran. Itulah salah satu peranan Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya. Selain itu, memiliki persekutuan yang nyata setiap hari dengan Allah melalui doa, ibadah, dan masyarakat, dan memiliki pemahaman yang benar tentang Firman Allah dalam Alkitab rajin membacanya juga kita harus berusaha agar tidak mudah terpengaruh Didivergensi ajaran. Demikianlah 6 ciri Gereja Iblis agar kita dapat mengetahui, mengerti, dan berhati-hati.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar