Skip to main content

Gereja Perdana : Perkembangan Sejarah Beserta Ajarannya

Gereja Perdana : Perkembangan Sejarah Beserta Ajarannya. Pembahasan yang menarik dan penuh tentang sejarah Kekristenan ketika menyangkut Sejarah Gereja pertama atau yang lebih dikenal dengan Gereja Ortodoks sesuai dengan hukum kasih Alkitab. Banyak orang akan merasa tidak familier dan bingung dengan istilah ini karena tidak banyak yang mengenal asal-usul gereja dan merupakan aliran seperti apa, bagi manusia di Indonesia yang tidak mengetahui keberadaan Gereja Ortodoks.

Pengertian Gereja Perdana


Ide sederhana dari gereja utama adalah untuk menggambarkan bahwa gereja Perdana adalah gereja pertama atau Gereja awal untuk berdiri. Ini adalah pemahaman tentang sekelompok orang yang percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan guru, yang adalah Juruselamat. Kisah yang mengikuti Yesus Kristus dimulai dengan Yesus Kristus mati, kemudian dikuburkan dan bangkit kembali dan naik ke surga. 

Setelah itu pengikut Yesus Kristus bersatu untuk membentuk sebuah perkumpulan. Dapat diketahui bahwa penghakiman Mahkamah diatur oleh pemerintah Romawi yang dialami oleh Yesus Kristus. Pada saat sidang mayoritas rakyatnya tidak berangkat, mereka telah tergelincir dari kejauhan melihat guru segera diadili dan dibawa ke pengadilan. Tetapi sesuai dengan perkataan dan perintah Yesus Kristus, para pengikutnya memahami dan semua terjadi menurut apa yang telah dia sampaikan. Sejak saat itu mulai berdiri di gereja, gereja atau pengikut Kristus.

Perkembangan Gereja Perdana

Asosiasi didirikan yang telah memberikan nama kepada gereja atau gereja dewasa mulai berlomba untuk membuktikan bahwa kelompok mereka yang paling tepat akan disebut sebagai pengganti untuk murid Kristus. Mereka akan berlomba untuk melihat siapa yang lebih kompeten dan paling memahami semua ajaran para murid Kristus. Hal ini karena kelompok ini bergumul untuk dianggap sebagai gereja utama. Masyarakat ini akan berusaha untuk melakukan kebiasaan gereja utama dan akan mengikutinya sebagai kehidupan adat mereka dan ini adalah manfaat berdoa untuk orang Kristen.

Ketika Jahshua Kristus bersama murid-muridnya di dalam Injil Matius Mat16:18 yang mengatakan  "dan Akupun berkata kepadamu: engkau Petrus dan Roh ini aku akan membangun gereja-Ku dan kodrat maut tidak akan berjaya. Melalui ayat ini para pengikut Kristus yakin bahwa gereja dan Gereja telah ditahbiskan oleh para murid Kristus. Mereka percaya bahwa kepemimpinan para murid Kristus adalah Petru The Coral Rock atau KEFA. Petrus adalah murid yang paling sering dipentaskan dan dianggap sebagai juru bicara di antara para murid Kristus, yang dapat dilihat dari tindakan perjanjian baru.

Peranan Simon Petrus

Dalam Injil Yohanes yang merupakan satu daripada empat Injil kanonik, ianya ditemui dalam Yohanes 21:15-17 bahawa Yesus Kristus sekali datang tiga kali untuk memberi perintah kepada Petrus untuk memberi makan domba yang dimiliki Kristus. Akhirnya disimpulkan bahwa gereja Perdana tidak pernah dipisahkan dari kehadiran Simon Petrus. Jadi kelompok yang ada menganggap mereka sekelompok pengikut Kristus dan menempatkan Petrus sebagai gembala Jemaat.

Ajaran gereja Perdana


Dalam Yesus, Tuhan telah menjadi manusia (Yoh 1:14) yang bererti ia boleh dilihat dan dilihat dengan mata telanjang (1 tim 3:16, 1 Yoh 1:1) dan dengan itu dapat digambarkan. Untuk menjelaskan pribadi Allah yang digambarkan sebagai penampilan manusia daripada untuk menjelaskan Allahnya yang tidak terlihat. Dalam gereja Perdana itu ketat melarang penggunaan patung, tetapi lebih menggunakan dan lebih ditekankan sebagai ikon. Sebab Yesus Kristus adalah Allah (Kolose 1:15).

Dari sejarah gereja yang utama dan beberapa dari pembelajaran yang dapat kita ambil sebagai pembelajaran adalah bahwa kita harus merenungkan kehidupan dan mengambil belajar dari nilai yang ditemukan di dalam gereja pada abad pertama untuk mendapatkan kekuatan abadi dan berkembang dalam mengetahui Tuhan Yesus AC dengan ajaran. Untuk mengundang kita untuk mengembalikan seruan kita kepada Gereja Kristus yang terbuat dari batu yang kokoh dan kuat. Jadi, dalam tahun berikutnya ia boleh diteruskan lagi kepada doktrin rantai jemaat Tuhan dengan pengenalan doktrin Kristus kepada generasi yang seterusnya.

Contoh yang dimiliki dan diberikan oleh gereja Perdana harus diteladankan dan diikuti serta dikembangkan agar Gereja dapat memberikan terang Injil Kristus dan memberi tahu seluruh dunia serta menjadi tujuan dari orang Kristen yang hidup. Demikianlah kita harus menjadi teladan dalam mempelajari firman Tuhan dan menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari dan tidak lupa untuk tekun dalam tubuh dan doa kepada Tuhan untuk selalu diberi kekuatan dalam hidup dan senantiasa setia pada ajaran-nya dan menyadari tentang memahami dosa menurut Alkitab. Semoga Tuhan memberi kita nikmat dan rahmat kepada Anda semua dan memberikan pengetahuan yang benar dan melanjutkan apa gereja telah dimulai pada abad pertama.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar