Skip to main content

ETIKA PELAYANAN KRISTEN DAN KODE ETIK - Dasar Dasar Etika Kristen

Dalam kehidupan kita, kita akan dihadapkan pada suatu kondisi di mana kita harus melayani orang lain. Layanan bukanlah hal yang rendah.ETIKA PELAYANAN KRISTEN DAN KODE ETIK - Dasar Dasar Etika Kristen. Mungkin sampai hari ini kita sering bertemu banyak orang yang berpikir bahwa layanan adalah hal yang rendah. Dan orang yang melakukan pelayanan adalah seseorang dengan gelar sosial yang rendah juga.

Pada kenyataannya, hampir tidak ada seorangpun yang hidup tanpa melayani dalam hal yang terkecil. Itu tidak menyakiti kita untuk melayani orang lain karena kita membutuhkan bantuan orang lain. Bersedia untuk melayani seseorang dengan tulus dan rela adalah perbuatan mulia yang dikasihi oleh Allah Bapa di surga. Oleh karena itu, kita hendaknya tidak merasa malu dalam melayani orang lain. Tapi rupanya dalam pelayanan Kristen ada beberapa etika pelayanan Kristen yang dapat membantu kita untuk tetap teguh dalam melakukan pelayanan sebaik mungkin.


Mengikuti etika pelayanan Kristen, yaitu.

1. percaya kepada Kristus

Salah satu makna kelahiran Yesus Kristus adalah untuk membantu menjembatani hubungan kita dengan Allah yang pernah dipalsukan oleh dosa. Dalam ajaran-ajarannya, Yesus memberikan teladan untuk saling melayani. Dan untuk melayani orang lain maka kita harus percaya dan kembali untuk melihat Kristus sebagai teladan kita. Sebagai hamba dalam bentuk apa pun, kita harus memiliki iman dan kepercayaan kepada Kristus agar kita dapat tetap bersemangat dalam pelayanan kita. Pelayanan yang kita lakukan tentunya akan menyenangkan hati Allah.

2. bersedia mematuhi perintah Allah

Dalam melayani tentu saja kita juga harus mematuhi perintah Allah dan menghindari Run. Hal ini dimaksudkan agar kita dapat menjadi orang yang lebih baik dalam hal pelayanan. Pastilah kita tidak akan tersesat dalam dosa ketika kita mau mematuhi perintah-perintah Allah.

Dan dengan menjalankan perintah Tuhan sendiri kita akan menjadi semakin mirip dengannya dan membuat pelayanan sebagai salah satu karakter Kristen sejati. Karena ini, kita hidup di dunia ini yang membutuhkan satu sama lain dan kita pantas untuk melayani dan menolong sesama kita tanpa memperhatikan senar mereka.

3. memiliki sikap yang rendah hati 

Salah satu etika pelayanan Kristen yang juga penting untuk dimiliki adalah memiliki sikap yang rendah hati. Kerendahan hati nampaknya merupakan kunci kepada pelayanan ini. Memiliki sikap kerendahan hati berarti kita tidak sombong terhadap pendapat dan sikap kita. Kami ingin mendengarkan masalah orang lain dan bahkan pendapat orang lain yang berbeda dari kita juga.

Melayani sesama kita dengan memiliki kerendahan hati akan membantu kita untuk dapat menjalankan tugas orang Kristen sebagai garam dan terang dunia dan juga kebaikan. Tentunya untuk memiliki sikap kerendahan hati atau rendah hati bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Dibutuhkan waktu dan upaya yang cukup besar sehingga kita dapat mencapai kerendahan hati.

4. ingin tetap diperbaharui oleh Roh Kudus

Roh Kudus selalu menyertai kita dalam segala hal yang kita lakukan. Tubuh kita diberdayakan oleh Roh Kudus untuk dapat dan diberdayakan dalam melayani orang lain. Oleh karena itu, jika kita merasa bahwa kita perlu pembaharuan, maka kita harus terbuka dan bersedia menerima pembaharuan.

Pembaharuan pembaruan ini membantu kita untuk tetap setia dalam pelayanan dan bersedia melayani orang lain tanpa pamrih. Pembaruan ini juga membantu kami menghindari sikap dan sifat buruk yang mungkin timbul selama perjalanan layanan kami.

Mungkin dalam perjalanannya kita merasa lelah atau letih dan bahkan kecewa dengan keadaan yang menimpa kita. Dan Demikianlah kita akan sangat membutuhkan pembaruan ini untuk membantu memperbaharui diri kita sendiri dan membantu menumbuhkan iman dan pengharapan kita kepada-Nya.

5. hidup penuh syukur

Melayani bukanlah pekerjaan yang mudah. Kita harus melayani orang lain selain kita berusaha untuk mengisi diri kita sendiri. Untuk dapat menanggung komitmen kita untuk melayani sesama kita, itu hanyalah juga ketika kita harus terbiasa dan mampu untuk hidup dengan penuh syukur.

Dengan memiliki rasa syukur maka kita tidak akan merasakan lagi kekurangan dalam hidup. Seorang kaya masih akan merasakan kekurangan kekayaannya ketika dia tidak bersyukur atas apa yang telah Tuhan berikan kepadanya. Bahkan dalam ajarannya, Yesus sendiri sering menggunakan ilustrasi alkitabiah rasa syukur dan persembahan untuk membantu kita memahami apa yang ia maksudkan dengan rasa syukur.

Jadi itu beberapa etika pelayanan Kristen yang penting untuk mengetahui dan menerapkan sehingga kita dapat menjadi pelayan yang baik dari sesama kita dan Tuhan sendiri. Mudah-mudahan dengan artikel ini, kita bisa lebih bersedia dan tulus dalam melayani siapapun tanpa pamrih dan tidak mengharapkan untuk membalas layanan dari orang. Mudah-mudahan dengan adanya kebaktian Kristen singkat di website kami juga dapat membantu Anda untuk membantu mencerminkan segala sesuatu yang ada dan terjadi pada Anda sehingga Anda dapat menjadi orang yang lebih baik di masa depan. Tuhan Yesus memberkati kita semua.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar