Skip to main content

Tips Meningkatkan Minat Semangat Membaca Alkitab Setiap Hari

Tips Meningkatkan Minat Semangat Membaca Alkitab Setiap Hari Sebagai ciptaan Allah, kita dituntut untuk mengetahui tujuan kehidupan kita. Tentu saja Allah hanya tahu apa tujuan hidup kita karena dia yang menciptakan kita. Hal ini tidak berbeda dengan tujuan mesin dibuat. Hanya pembuat mesin yang tahu paling banyak untuk apa mesin itu dibuat dengan tepat. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui apa yang Tuhan inginkan. Ada dua hal yang bisa membuat kita mengetahuinya, yaitu berdoa dan membaca Alkitab. Kita berdoa agar Tuhan akan membuka mata hati kita, memberi kita pengertian. Firman Allah dalam Alkitab membantu kita memahami apa yang Tuhan inginkan dan apa yang harus kita lakukan. Alkitab dapat membantu kita memiliki motivasi hidup terutama dalam ayat Alkitab untuk motivasi hidup.

Alkitab dikenal sebagai Kitab Suci Kristen baik Protestan dan Katolik. Alkitab adalah buku yang paling banyak terjual per tahun. Namun, seringkali Alkitab tidak digunakan sepenuhnya. Banyak orang hanya membaca Alkitab selama kebaktian hari Minggu. Bahkan beberapa orang tidak menyentuh Alkitab sama sekali, merasa cukup dengan mendengarkan seorang pendeta atau lektor membacanya. Situasi ini tentu sangat cermin bila dibandingkan dengan fakta bahwa Alkitab selalu menjual.

Tips untuk rajin membaca Alkitab 

Sebagai orang yang mengaku percaya kepada Kristus, adalah penting bahwa kita membaca Alkitab dengan tekun. Tidak cukup bagi kita untuk hanya membaca bacaan Alkitab selama kebaktian hari Minggu. Tentu saja kita perlu untuk menyembah hari Minggu dan membaca Alkitab. Namun, Bukankah kita membutuhkan bimbingan Tuhan setiap hari? Tidak hanya pada hari Minggu? Tantangan yang kita hidup setiap hari akan terus berbeda, tidak selalu sesuai dengan bacaan pada hari Minggu. Oleh karena itu, sekali lagi, kita perlu dengan tekun membaca Alkitab.

Namun, rajin membaca Alkitab bukanlah hal yang mudah. Ada banyak tantangan dan godaan yang menanti kita. Belum lagi, masih banyak pekerjaan lain yang perlu kita lakukan. Kita sering merasa kita tidak memiliki cukup waktu untuk membaca Alkitab. Berikut adalah beberapa tips membaca Alkitab rajin yang dapat membantu kita.

1. Membaca Alkitab pada waktu yang tetap setiap hari
Mengapa kita secara teratur merayakan Natal setiap tahun? Karena kita tahu kita merayakan Natal setiap 25 Desember, itu sudah dijadwalkan. Mengapa kita secara rutin pergi ke gereja setiap minggu? Karena kita tahu kita perlu pergi ke gereja setiap hari Minggu, itu sudah dijadwalkan. Mengapa kita pergi ke sekolah, perguruan tinggi, atau bekerja setiap hari? Karena kita tahu kita perlu pergi setiap hari pada jam tertentu, itu sudah dijadwalkan. Rutinitas datang ketika kita memiliki jadwal tetap.

Hal ini juga dapat dilakukan dalam membaca Alkitab. Sulit jika hanya berkomitmen untuk membaca Alkitab setiap hari. Oleh karena itu, kita juga menentukan jam dan durasi membaca Alkitab setiap hari. Jika diperlukan, nyalakan pengingat setiap hari untuk membaca Alkitab pada waktu yang telah ditetapkan. Dengan memiliki waktu yang tetap, ini akan membantu kita untuk terus menyisihkan waktu untuk membaca firman Tuhan. Pilih waktu yang biasanya kosong sesuai dengan jadwal yang kita miliki masing-masing.

2. Memiliki rencana bacaan dengan target per hari
Terkadang kita mengalami kesulitan dalam memilih durasi waktu untuk membaca Alkitab. Jika sulit, Tips rajin membaca Alkitab selanjutnya adalah memiliki rencana bacaan. Sebagai contoh, dalam satu hari kita memiliki rencana untuk membaca 1 artikel secara berurutan mulai dari kejadian sampai kemudian Wahyu. Kita dapat menyesuaikan rencana bacaan tersebut dengan kapasitas individu kita. Sebagai manusia, kita cenderung memiliki jiwa pesaing. Jika Anda memiliki target, kami selalu termotivasi untuk memenuhinya. Rencana bacaan ini akan mendorong kita untuk berusaha memenuhi rencana. Tentu kita akan puas jika kita dapat memenuhi target yang kita rencanakan.

3. Mintalah seorang teman atau kelompok membaca Alkitab
Manusia adalah makhluk sosial. Kita sering kehilangan motivasi jika kita bekerja sendiri. Kita berpikir bahwa orang lain tidak melakukan hal ini, mengapa kita terus melakukannya. Kita berpikir orang lain tidak melakukan ini, jika kita gagal mencapai target kita. Oleh karena itu, penting untuk memiliki lingkungan yang mendukung kita untuk rajin membaca Alkitab.

Kita bisa berkomitmen bersama-sama dengan satu atau lebih teman atau bahkan kita dapat berkomitmen dalam kelompok. Keberadaan teman atau kelompok akan membantu untuk mengingatkan dan memotivasi kita jika kita mulai merasa malas atau bosan dengan pembacaan Alkitab rutin. Keberadaan teman atau kelompok juga dapat membantu kita memahami isi dari apa yang kita baca.

4. Membawa Alkitab kemanapun
Tips ini rajin membaca Alkitab akan sangat membantu bagi kita yang berjuang untuk menyisihkan waktu khusus. Tips ini juga akan membantu bagi kita yang diharuskan untuk sering bepergian. Dengan membawa Alkitab di mana-mana, kita dapat menggunakan waktu luang kita, meskipun hanya sebentar, untuk membaca Alkitab. Mengambil Alkitab juga dapat membantu kita untuk mengingat bahwa kita perlu membaca Alkitab. Jika kita memiliki kesulitan membawa Alkitab dalam bentuk buku, jelas tidak masalah jika kita memiliki Alkitab elektronik. Hal ini juga membantu kita untuk menggunakan IPTEK dengan benar sesuai dengan kehendak Tuhan dalam ayat Alkitab tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.

5. Nikmati pembacaan Alkitab
Menikmati bacaan Alkitab adalah hal yang paling penting dalam membaca Alkitab. Jangan terlalu dimuat untuk memahami konten bacaan. Dalam kebaktian harian atau dalam naungan pribadi, kita tentu saja dituntut untuk memahami isi Alkitab. Namun, ketika melakukan pembacaan Alkitab setiap hari, hal pertama yang penting adalah membacanya terlebih dahulu. Jika kita memiliki kesulitan memahami, tidak perlu merasa takut atau kehilangan motivasi.

Lakukan bagaimana menenangkan hati dan pikiran menurut Alkitab. Teruslah membaca sementara berdoa memohon bantuan Tuhan untuk menjelaskannya kepada kita. Kita mungkin tidak memahami pembacaan ketika membacanya. Namun, jika kita dengan tulus bertanya kepada Tuhan, kita dapat memahami suatu hari nanti ketika kita diingatkan akan bacaan. Nikmati membaca Alkitab, merasakan sukacita seperti ayat Alkitab mengatakan tentang sukacita.

6. Tidak takut untuk memproses
Kita adalah orang yang dipenuhi dengan daging. Terkadang kita bergumul untuk memenuhi target kita. Terkadang kita lebih suka daging kita untuk malas atau terlalu terfokus pada kegiatan kita, jadi kita memilih untuk tidak membaca Alkitab. Jika gagal sehari membaca Alkitab, tentu saja kita tidak perlu takut! Tips rajin membaca Alkitab yang terakhir adalah tidak takut untuk memproses. Jika pernah melewatkan satu hari, itu tidak berarti kita tidak bisa lagi melanjutkan rencana awal kami.

Jika sudah melewati satu hari, itu tidak berarti kita sungguh berdosa dan tidak layak untuk membaca kembali Alkitab. Ingatlah yang paling penting bagaimana motivasi dan isi hati kita. Mintalah kepada Tuhan untuk pengampunan dan memohon kepada Tuhan kekuatan untuk terus memiliki kehausan akan Firman Allah. Lakukan yang terbaik dan mengharapkan kita untuk memiliki kesuksesan seperti dikatakan dalam ayat Alkitab tentang keberhasilan.

Mereka adalah tips rajin membaca Alkitab. Ingatlah bahwa membaca Alkitab adalah salah satu cara Tuhan memakai untuk dapat berbicara kepada kita. Saat membaca Alkitab, bahkan jika Anda tidak mengerti, menjaga Tuhan dan meminta Tuhan untuk membuat kita mengerti. Berseru kepada cara Tuhan membuat kita mengerti sebagai ayat Alkitab mengatakan tentang menyerah. Ingatlah juga bahwa kita tidak melakukan rutinitas membaca Alkitab hanya karena rutinitas, untuk orang lain, tetapi kita melakukannya karena kita merindukan untuk memahami Firman Allah. Buatlah pembacaan Alkitab sebagai bentuk penyembahan yang benar sesuai dengan Alkitab kita bagi Tuhan. Semua kemuliaan bagi nama Allah. Tuhan memberkati. 
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar