Skip to main content

Perbedaan GPIB ( Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat ) dan GKI ( Gereja Kristen Indonesia )

Saat ini ada banyak cara untuk menjalankan Gereja Kristen modern dan organisasinya yang berdiri di Indonesia. Dan sering banyak orang Kristen sendiri tidak mengerti sama sekali seperti perbedaan antara GPIB dan GKI. Tentu saja keduanya adalah gereja resmi dan didasarkan di bawah lembaga agama Kristen Indonesia secara formal. Perbedaan GPIB ( Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat ) dan GKI ( Gereja Kristen Indonesia )

Namun, jika dilihat lebih dalam, mereka memiliki beberapa perbedaan baik dalam organisasi dan perbedaan ibadah dan devosional dan masyarakat. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa perbedaan antara GPIB dan GKI yang harus kita ketahui.


1. sejarah organisasi

Dalam hal organisasi, jelas bahwa GPIB dilindungi oleh gereja Protestan di Indonesia. Sementara secara lebih rinci, GKI berasal dari kombinasi dari Gereja saya yang kemudian mencair menjadi Sinode di Indonesia.

2. ibadah dan liturgi

Dalam konsep ibadah dan liturgis, pada kenyataannya GPIB dan GKI adalah salah satu gereja yang menjalankan perbedaan antara Gereja Lutheran dan Calvinistik. Karena keduanya didasarkan pada aliran John Calvin. Namun, rincian liturgi memiliki karakteristik tersendiri karena aturan penentuan masing-masing organisasi.

3. Sejarah Gereja

Dalam nama keduanya memiliki singkatan dan makna yang berbeda. GPIB adalah singkatan dari Gereja Protestan di Indonesia Barat. GKI adalah singkatan dari Gereja Kristen Indonesia. Keduanya memiliki sejarah pendirian dan latar belakang masing-masing gereja. Jadi itu adalah salah satu perbedaan.

4. masyarakat

Jika dilihat dari komunitasnya, Jemaat GPIB dan GKI memiliki komunitas yang sedikit berbeda. Sebagai sebuah gereja yang semula Hokian, tentunya di GKI lebih banyak jemaat dengan mayoritas orang Tionghoa yang tinggal di Jawa. GPIB memiliki lebih banyak Jemaat daripada banyak suku di Indonesia. Walaupun dalam pengembangannya saat ini, kedua-dua Jemaat sebenarnya mempunyai jemaat yang hampir sama. Karena saat ini kedua GPIB dan GKI dapat dikatakan telah menyebar ke seluruh Indonesia.

5. misionaris

Jalan misionaris yang dilindungi oleh kedua gereja juga berbeda. GPIB dikenal sebagai departemen teologi GPIB. Sementara di GKI sebagai salah satu peninggalan reformasi gereja fokus pada pelayanan pendidikan sehingga saat ini mengawasi berbagai Yayasan sekolah Kristen mulai dari TK hingga tingkat Universitas.

6. pengakuan iman

Baik GPIB maupun GKI memiliki pengakuan iman yang mendasar. Sehingga satu sama lain memiliki pembacaan iman yang berbeda pengakuan. Tetapi esensi dari iman masih bersumber kepada Allah yang sama. Keduanya mengakui Tuhan Yesus sebagai penyelamat pribadi. Perbedaannya terletak pada kata dan pokok pengakuan iman yang ditulis secara terperinci dan lengkap.

Itu beberapa perbedaan antara GPIB dan GKI. Pada dasarnya semua gereja yang baik untuk mengakui penyaliban Yesus dan mengundang umat-Nya untuk tetap setia menurut Allah. Oleh karena itu, di mana pun kita beribadat hendaknya terutama melalui cara berdoa yang benar agar memastikan untuk mengembangkan dan bertumbuh dalam komunitas gereja. Kedua-dua penyembahan di GPIB dan GKI, kedua-duanya sama baiknya dan ditujukan kepada Tuhan dan pemenuhan janji keselamatan dalam Alkitab yang telah diberikan.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar