--> Skip to main content

Makna Doa Bapa Kami Doa Yang Sempurna Bagi Umat Katolik dan Kristen

Arti dari doa Bapa kita adalah doa yang memiliki makna yang mendalam dan berharga bahwa Tuhan Yesus telah mengajari kita. Pada doa Bapa kita, Kristus memanggil Allah Bapa karena kita telah menjadi anak-anak Allah. Dalam doa ini, Yesus juga mengajarkan dua nasihat penting, yang pertama ia memberikan nasihat kepada para murid sehingga mereka tidak akan berdoa seperti orang-orang Munafis dan hanya akan dikonversi simbol Kristen yang selalu menunjukkan ketika berdoa sebelum banyak orang dan kedua, Yesus juga mengajar untuk tidak bertele-tele dalam berdoa seperti seseorang yang tidak mengenal Allah sehingga ia dapat langsung menyampaikan doa yang diperlukan kepada Allah. Berikut ini kami akan menjelaskan makna penuh dari doa Bapa kita bahwa kita akan secara menyeluruh komentar.

Doa Bapa kita, yang ada di surga, memuliakan nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, engkau akan berada di atas bumi seperti di surga memberi kita keberuntungan hari ini, dan mengampuni kedurhakaan kita sewaktu kita mengampuni yang bersalah dari kita dan tidak menempatkan kita dalam godaan tetapi membebaskan kita dari kejahatan. Amin. Berikut ini adalah penjelasan tentang arti dari doa Bapa kita yang harus dipahami dengan baik, karena ini adalah salah satu cara untuk berdoa Kekristenan dengan berdoa untuk memuji dan memuliakan namanya.


1. kehidupan kekal 

Dalam bahasa Aram arti seruan seorang anak kepada ayahnya dan karena kasihNya bagi kita sebagai umat, Yesus memperkenankan kita untuk memanggil Allah sebagai Bapa kita karena Yesus telah mengangkat kita sebagai saudara dan saudari-Nya. Setiap kali kita mengatakan ayah, kita harus ingat jika kita telah ditunjuk oleh Allah Bapa untuk menjadi anaknya karena bantuan Yesus Kristus. St. Teresa dari Avila juga pernah berkata ketika dia merenungkan doa Bapa kita, sering kali terhenti pada kata  "Bapa " dan Allah berkenan memberikan karunia sukacita yang tak tertandingi. Adalah pantas bahwa kita juga belajar dari St Teresa yang ketika kita mengatakan kata  "Bapa ", kita sudah diserap ke dalam hati kita.

2. mengangkat iman

Perkataan kita menjadi pengingat untuk memanggil Tuhan dengan gelaran Bapa kerana Kristus. Ketika mengatakan kata ini berarti kita juga harus membayangkan Kristus yang telah mengajarkan kita semua untuk memanggil Allah sebagai Bapa kita karena Kristus tidak hanya mengangkat saya tetapi juga telah mengangkat semua saudara angkatnya. Doa Bapa kita adalah doa Jemaat yang didedikasikan kepada Allah Bapa yang telah membangkitkan kita semua sebagai anak-anaknya. Dengan ini, kita harus merenungkan bahwa makna dari doa Bapa kita yang besar telah dibayar oleh Tuhan Yesus untuk mengangkat kita menjadi anggota keluarga Allah dengan mati di kayu salib.

3. cinta dan merelakan

Ini berarti jika kita semua memiliki seorang ayah yang di surga yang selalu mengasihi kita untuk memberikan anaknya kematian di kayu salib bagi kita semua dan ini dilakukan sehingga semua dosa dan kesalahan kita diampuni dan kita dapat mengambil bagian dalam kehidupan kita ilahi-Nya.

4. dimuliakan dalam nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu

Perkataan ini berarti kerinduan kita semua yang menginginkan lebih banyak orang untuk mengenal Allah dan ini juga berarti jika kita sebagai umatNya telah digunakan oleh Allah untuk menjadi alat dalam memuliakan nama Allah. Itu juga merupakan pengingat bahwa kita tidak saja selalu mengejar kemuliaan kita sendiri dalam segala hal di dunia, karena semua yang ada di dalam kita adalah milik Allah yang hendaknya kita kenakan dalam nama kemuliaan Allah.

5. Jadilah kehendak Anda di bumi seperti di surga

Kata ini berarti tunduk dengan segala kerendahan hati kita bagi Allah dan masyarakat. Kita sebagai manusia, sering bersikeras untuk bertanya kepada Allah. Tetapi dengan kata yang ditemukan dalam doa Bapa kita, Yesus mengajarkan kepada kita untuk selalu menyerah kepada Bapa, karena ayah tahu semua yang kita butuhkan dan terbaik, bukan hanya untuk dunia tetapi juga kehidupan kekal di surga.

6. Beri kami keberuntungan hari ini

Firman dalam doa Bapa kita memiliki arti jika Yesus mengasihi dan memelihara kita sehingga Yesus mengajarkan doa ini kepada kita. Ini adalah pengingat jika keberuntungan kita adalah berkat yang kita peroleh dari Allah dan Allah telah memungkinkan kita untuk mendapatkan keberuntungan hari ini dan mendapatkan kesehatan dan kehidupan sampai saat ini dan membuat kita dapat menikmati keberuntungan yang telah Allah berikan kepada kita. Itu juga mengingatkan arti dari doa Bapa kita kepada orang yang kekurangan, karena keberuntungan yang kita peroleh saat ini bukanlah sepenuhnya milik kita, tetapi kita juga harus membagi orang yang dirantai.

7. dan memaafkan kesalahan kita seperti yang kita mengampuni bersalah dari kami

Kita dapat melihat apakah tidak ada penekanan pada kata: mengampuni kita  "tetapi lebih kepada kita yang mengampuni orang lain yang bersalah kepada kita sehingga kita juga dapat diampuni oleh ayah. Tuhan akan mengampuni semua kedurhakaan kita, jika kita juga telah mengampuni sesama pelaku. Tentu saja, firman ini akan sangat sulit untuk mengatakan terutama ketika kita merasa sakit hati dengan sikap yang lain telah dibuat kepada kita. Namun, ini semua harus kita lakukan sehingga kita juga mendapatkan pengampunan dari Allah. Makna yang tersimpan dari perkataan ini adalah bahwa kita mengampuni orang lain bukan hanya demi orang, tetapi juga untuk kebaikan kita untuk mendapatkan pengampunan dari Tuhan.

8. dan janganlah kita menjadi pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari yang jahat

Arti dari kata ini adalah bahwa kita harus menyadari kalau kita hanyalah seorang yang lemah yang sangat mudah jatuh ke dalam dosa dan juga kekeliruan. Kita sebagai manusia belum sepenuhnya bebas dari semua cobaan dan juga cobaan seperti masalah keluarga dan pekerjaan, masalah kehidupan, rasa sakit, rasa takut akan masa depan dan sebagainya. Ini juga merupakan pengingat jika kita tidak boleh terlalu arogan dan yakin apakah kita tidak akan jatuh ke dalam dosa lagi. Karena ada saat-saat ketika seseorang hanya sedikit menyinggung kita, maka kita akan segera kehilangan rasa kesabaran, maka lebih baik kita selalu waspada dan terus meminta Tuhan untuk kekuatan dan tergantung padanya.

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari doa singkat dan sederhana Bapa kita adalah, pada kenyataannya, kebaktian Kristian yang singkat yang memiliki makna yang mendalam. Dengan lebih mengganggu doa Bapa kita, kita juga dapat menilai apakah doa yang telah kita ucapkan sejauh ini telah cukup baik. Ini adalah doa yang Tuhan Yesus telah mengajarkan kita semua sehingga tidak hanya akan hafal dan diucapkan, tetapi juga diserap dalam arti yang terkandung dalam doa sehingga kita dapat menggunakan cara yang benar berdoa.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar