--> Skip to main content

Kumpulan 7 ayat alkitab tentang kesombongan manusia

Dalam kehidupan ini kita menjumpai perbedaan dalam berbagai cara dalam satu sama lain, seperti perbedaan fisik, kecerdasan, alam, bakat, dan juga kekayaan materi. Perbedaan ini sering merupakan alat perbandingan antara satu orang dan yang lain, dan perbandingan kemudian menyebabkan orang yang merasa mereka memiliki lebih banyak (baik dalam kuantitas dan kualitas) daripada yang lain menjadi sombong.

Dalam kehidupan ini ada saat-saat ketika kita juga memiliki perasaan bangga terhadap hasil pekerjaan kita, keluarga kita dan kesombongan itu dapat menuntun pada kesombongan. Sifat arogan ini cenderung tidak disukai oleh orang pada umumnya. Bagaimana dengan Tuhan? Apakah kesombongan menyenangkan atau mendukung hati Allah?

Untuk menjawab pertanyaan, kita akan melihat ayat Alkitab tentang kesombongan manusia dan pelajaran yang kita dapat Pelajari.


1. kesombongan adalah dosa

Amsal 21:4:

 "Mata yang sombong dan hati yang sombong, yang merupakan Pelita dari yang jahat, adalah dosa. "

(Terjemahan baru)

 "Angkuh mata dan hati yang sombong-bidang Unpdikuduskan dari orang jahat-menghasilkan dosa. "

(Versi internasional baru)

Dalam terjemahan Alkitab bahasa Indonesia yang baru dikatakan bahwa orang yang sombong dan yang membuat hal duniawi yang ia lihat melalui mata sebagai lampu atau ukuran/pedoman dalam hidupnya telah berdosa. Dalam versi internasional baru bahkan dikatakan bahwa mata yang rendah pada orang lain dan hati yang sombong seperti bidang yang tidak dibajak dan buah yang dihasilkannya adalah dosa. Artinya, kesombongan berasal dari ketidakdewasaan (seperti bidang yang tidak dibajak), adalah dosa, dan itu berputar lagi untuk menghasilkan dosa. Bahkan, kita tahu bahwa upah dosa adalah maut. Dengan demikian, dari ayat ini saja kita bisa tahu dengan jelas bahwa Tuhan tidak ingin rakyatnya bersikap baik dan sombong.

Kesombongan adalah kebodohan dan permulaan kehancuran
Amsal 11:2:

 "Jika keangkuhan tiba, ada juga cemoohan, tetapi kebijaksanaan adalah dalam pria yang rendah hati. "

Amsal 18:12:

 "Tinggi hati mendahului kehancuran, tetapi kerendahan hati mendahului kehormatan. "

Jika kita melihat, Kitab Amsal yang diketahui penuh hikmat membahas banyak kebanggaan. Rupanya, Firman Allah dalam buku mencatat bahwa kerendahan hati tidak dapat dilepaskan dari kebijaksanaan, dan sebaliknya, kesombongan tidak terlepas dari ketidaktahuan. Tidak hanya itu, orang bangga biasanya sadar atau tidak sadar mencari pengakuan dari orang lain. Bahkan, kehormatan tidak kita peroleh dari kesombongan tetapi dari kerendahan hati, sementara kesombongan justru awal kehancuran. Oleh karena itu hikmat dan kerendahan hati saling terjalin: hikmat untuk memahami bahwa kesombongan akan menghancurkan dan bahwa seperti Salomo, kerendahan hati menyebabkan Allah memberikan hikmat yang pada akhirnya akan mendatangkan kehormatan.

Kemuliaan dalam Allah, bukan diri Anda sendiri
Yeremia 9:23-24:

 "Demikianlah firman Tuhan: " Janganlah ada orang bijak yang bermegah karena kebijaksanaannya, janganlah seorang yang perkasa menyombongkan kekuatannya, janganlah membiarkan kekayaan kaya akan kekayaannya, tetapi yang membanggakan, bermegah karena yang berikut: bahwa dia memahami dan mengenal saya, bahwa Akulah Tuhan yang menunjukkan kasih belas kasihan, keadilan dan kebenaran di bumi; Sesungguhnya kusukai, demikianlah firman Tuhan. "

Dalam 2 Korintus 10:17 Rasul Paulus sendiri mengutip bagian dari Yeremia 9:24, bahwa jika seseorang harus membanggakan, biarlah kemuliaan di dalam Tuhan, seperti Rasul Paulus lakukan. Kata "bermegah di dalam Tuhan" terkadang terdengar tidak jelas pada intinya, tetapi kita dapat memahaminya lebih banyak dalam ayat ini.

Kerendahan hati dapat dipraktekkan dengan tidak bangga kekayaan duniawi kita atau kelebihan: Kecantikan fisik, kekayaan materi, fleksibilitas, dll Sampai di sini tampaknya contoh kerendahan hati dapat dipahami dan dilakukan oleh semua orang, bukan hanya orang Kristen. Tapi kemudian dari Yeremia 9:23-24 kita menemukan bahwa keluar dari membanggakan atau membanggakan hal duniawi, itu akan baik jika kita membanggakan pengetahuan kita tentang Kristus. Yesus Kristus adalah kasih dan kasihNya yang dia nyatakan dengan rela untuk disiksa bahkan sampai mati untuk menggantikan kita untuk menerima hukuman atas dosa. Bukan hanya itu, dalam kehidupan kita sehari-hari Tuhan Yesus tidak membiarkan dan meninggalkan kita untuk menjalani hidup dalam kekuatan kita sendiri. Roh Kudus yang hidup dalam mendukung AS, memberikan kekuatan, kenyamanan, dan juga kebijaksanaan dalam menghadapi berbagai masalah dalam hidup kita, baik sepele dan sulit. Pemahaman dan pengalaman pribadi akan kasih dan kebaikan Yesus bagi kita adalah apa yang kita dapat dan hendaknya banggakan; Bahwa kita memiliki Tuhan yang tidak hanya menyaksikan dari jauh, tapi begitu dicintai, dekat, dan merawat kita.

2. Membual atas kelemahan
2 Korintus 11:30:

 "Jika aku bermegah, maka aku akan membanggakan kelemahanku. "

2 Korintus 12:9, 10b:

 "(9) tetapi Tuhan menjawab saya, " kasih karunia-Ku Cukuplah bagimu: karena dalam kelemahan kekuatanku dijadikan sempurna.  "Untuk alasan inilah saya mengasihi kemuliaan dalam kelemahan saya, agar kuasa Kristus dapat turun ke atas diri saya. ... (10b) karena jika aku lemah, maka aku kuat.

Kutipan kedua dari ayat ini sekali lagi menegaskan bahwa kita hendaknya tidak menyombongkan kekuatan duniawi kita, melainkan, kita hendaknya membanggakan kelemahan kita. Mengapa demikian? Kedengarannya absurd, tetapi dari bagian di atas kita menemukan bahwa anugerah Allah telah memberi kita termasuk kekuatan dalam menghadapi kelemahan kita. Ketika kita membual atas kekuatan kita sendiri kita akan harus menghadapi kenyataan bahwa sebagai manusia kita tidak sempurna. Namun, jika kita menyadari ketidaksempurnaan kita dan bersandar kepada Tuhan Yesus, kita akan mendapati bahwa kasih karunia Tuhan adalah lebih dari cukup bagi kita. Oleh karena itu dikatakan bahwa dalam kelemahan kita-di mana kuasa dan kekuatan Tuhan dinyatakan-kita akan menjadi kuat.


Janganlah meninggikan dirimu sendiri, Tuhan yang akan mempermuliakan
Yakobus 4:10:

 "Rendahkanlah dirimu di hadapan Tuhan, dan dia akan mempermuliakan kamu. "

Seperti dikatakan sebelumnya, ketika kita melepaskan kebanggaan kita dan bersandar pada Yesus, itu adalah Yesus yang akan memimpin dan memperkuat kita dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, jika kita tidak bermegah dari diri kita sendiri tetapi datang kepada Tuhan dengan kesadaran bahwa kita tidak sempurna dan membutuhkan dia dalam setiap langkah kita, Allah akan mengangkat kita. Baca juga: ayat Alkitab tentang merendahkan diri.

Ini adalah lima pelajaran yang dapat kita ambil dari ayat Alkitab tentang kesombongan manusia. Seharusnya umat Kristen kita terus bertumbuh dalam hikmat dan iman di dalam Jahshua untuk menghindari kesombongan.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar