--> Skip to main content

Kelahiran Yesus di Ayat Alkitab Perjanjian Lama Maupun Perjanjian Baru

Dalam Alkitab ada beberapa ayat kelahiran Yesus yang sering didengar. Oleh karena itu dasar iman dalam arti kelahiran Yesus Kristus kepada dunia sebenarnya semua diceritakan oleh Firman Tuhan dalam Alkitab. Hanya saja tidak semua ayat mendiskusikan hal ini secara eksplisit. Jadi beberapa orang Kristen yang tidak tahu semua cerita dalam Alkitab kadang-terkadang tidak mengerti bagian mana yang menceritakan kelahiran Tuhan Yesus. 

Oleh karena itu, jika Anda ingin tahu lebih banyak detail dan kejelasan, berikut adalah beberapa ayat tentang kelahiran Yesus yang diceritakan dalam Alkitab.

Perjanjian Baru

Dalam perjanjian baru juga para rasul berurusan dengan kelahiran Tuhan Yesus secara rinci. Oleh itu, ia sepenuhnya diberitakan melalui Alkitab. Itu tidak hanya disebutkan sekali tetapi beberapa kali dan terkandung dalam semua pemahaman Injil dari Matius, Markus, Lukas dan Yohanes.

Ayat Tentang Kelahiran Yesus di Perjanjian Lama Maupun Perjanjian Baru


1. Matius 1:16

“Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus.”

Dalam ayat itu dikatakan dengan jelas bahwa Tuhan Yesus dilahirkan melalui mediasi dari rahim Maria yang Allah telah memilih untuk menjadi perantara hadiah.

2. Lukas 1:31

“Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.”

Ayat di atas juga menceritakan bagaimana Maria menerima mandat dari Allah secara langsung untuk menjadi mediator yang Allah gunakan dengan bantuan karunia Roh Kudus kepada dunia. Melalui kata di atas maka Allah secara langsung dan khusus meminta Maria untuk melahirkan Tuhan Yesus dan memberikan nama sesuai dengan keinginan Allah.

3. Matius 2:1

“Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem.”

Ayat di atas juga menceritakan bagaimana dan Kapan Tuhan Yesus dilahirkan ke dunia. Ini termasuk kisah orang majus yang datang untuk menyembah Tuhan yang menjadi Raja segala raja. Jadi melalui ayat di atas, kisah kelahiran Tuhan Yesus jelas diberitakan dalam Alkitab bahkan tempat dan waktu kelahirannya juga jelas diceritakan.

4. Matius 1:18

“Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.”

Ayat di atas juga menceritakan bagaimana Tuhan Yesus dilahirkan di dunia. Bukan dari hubungan suami seperti anak yang Lahir pada umumnya. Tapi ini bercerita tentang bagaimana Suci dan Kudus Allah, sehingga Tuhan Yesus dilahirkan ke dunia dari benih Roh Kudus dan mukjizat yang Kudus tanpa cela. Jadi dalam waktu Tuhan Yesus mampu mengatasi kutukan kematian dan dosa melalui Roh Kudus dan tidak bercela. Oleh karena itu kelahiran Tuhan Yesus dikatakan menjadi peristiwa sakral dan penuh dengan keajaiban dari Allah sendiri.

Perjanjian lama

Dalam Alkitab perjanjian lama, sebenarnya kelahiran Yesus ini telah ditandai dan diberikan penglihatan melalui para nabi. Jadi sejak permulaan dunia dijadikan rencana kelahiran Tuhan Yesus adalah salah satu pekerjaan besar Tuhan yang akan dilakukan untuk menebus dosa manusia dan memaklumkan janji keselamatan Tuhan melalui hari Natal oleh karena itu... , ada beberapa ayat yang mendukung masalah ini. Di mana beberapa nabi khususnya nabi Yesaya memperoleh hikmat dan penglihatan bagi kelahiran Tuhan Yesus.

1. Yesaya 9:6

“Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.”

Dalam ayat di atas dikatakan bagaimana nabi Yesaya memperoleh suatu penglihatan tentang rencana kelahiran Tuhan Yesus. Di mana kelahiran putra Allah adalah kelahiran seorang pemimpin yang hebat di dunia di atas semua pemimpin lainnya di dunia. Jadi dikatakan bahwa raja damai akan dilahirkan untuk mendamaikan segala macam dosa sesuai dengan Alkitab untuk seluruh umat manusia melalui karya ajaib keselamatan.

2. Yesaya 7:14

 "Oleh karena itu Tuhan sendiri akan memberi kepadamu suatu tanda: Lihatlah, seorang wanita muda akan mengandung dan melahirkan seorang putra, dan dia akan menyebut nama-Nya Imanuel. "

Lebih lanjut, ayat ini juga berkait bahawa ia akan dilahirkan sebagai orang besar dan dikatakan Imanuel, atau Tuhan bersama kita. Di sini menandakan bahawa dari mula Tuhan menjanjikan penolong yang sentiasa menyertai umatNya. Ini adalah perwujudan dari kasih Allah melalui kelahiran Yesus.


Ini adalah beberapa ayat tentang kelahiran Yesus yang diceritakan baik dalam Perjanjian lama dan baru. Melalui kelahiran Yesus janji keselamatan dalam Alkitab bahwa Allah memberikan terpenuhi dengan sempurna. Jadi yang seharusnya sebagai orang percaya terus merasa bersyukur atas karunia itu, sehingga manusia disingkirkan dari beban asal dosa sesuai dengan Alkitab dari nenek moyang yang dibebaskan melalui Tuhan Yesus sendiri. Justru itu, umat Tuhan mempunyai hidup kekal dan keselamatan kekal yang dijanjikan Jahweh bagi mereka yang percaya kepadanya. Amin.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar