--> Skip to main content

Kebenaran dalam Alkitab Tentang 10 Ajaran Mormon yang Menyimpang

Ajaran Mormon yang Menyimpang Lihat Kebenarannya dalam Alkitab Ajaran Mormon diprakarsai oleh Joseph Smith dan diresmikan pada 1830 sebagai gereja. Di Indonesia, Gereja ini dinamai Gereja Yesus Kristus dan gereja para orang Suci zaman akhir (LDS). Orang Kristen memiliki pandangan bahwa ajaran Mormon adalah bid'ah, bahkan Mormon dikatakan sebagai salah satu tradisi sesat Kekristenan. Berikut adalah ajaran yang menyimpang dari Mormon. Lihat juga perbandingan doktrin dengan kebenaran dalam Alkitab, sebagai berikut:

1. Allah Bapa

Doktrin Mormon memiliki keyakinan bahwa Allah adalah manusia super. Allah memiliki tubuh jasmani yang dapat dilihat di mata yang tak terlihat dan dirasakan, tetapi memiliki kekuatan yang luar biasa. Allah dapat mencapai status sebagai makhluk tertinggi di alam semesta berkat usahanya untuk hidup benar terus-menerus. Lalu apa yang tertulis di dalam Alkitab tentang Allah?

Yohanes 4:24 Allah Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah Dia dalam Roh dan kebenaran. Ajaran Mormon mengenai Allah bertentangan dengan kebenaran Firman Allah. Firman Tuhan mencatat bahwa Allah adalah Roh, tidak mungkin untuk memiliki tubuh jasmani.


2. Yesus Kristus

Ajaran Mormon mengajarkan bahwa Yesus Kristus adalah Lucifer yang lahir dari hubungan Allah dengan Maria. Yesus juga dikatakan menikah dengan Marta dan Maria, dan memiliki anak sebelum disalibkan. Mormon percaya bahwa Yesus adalah Allah, karena setiap orang dapat menjadi Allah. Ini bertentangan dengan Alkitab yang menyatakan bahwa Yesus adalah Allah dan anak Allah. Yesus sudah ada di sana bersama Allah bahkan jauh sebelum dia datang ke dunia (Yohanes 1:1-8, Yohanes 8:56-58).

3. Roh Kudus

Orang Mormon percaya bahwa Roh Kudus adalah hal yang kekal, tetapi tidak dapat menghadiri lebih dari satu tempat. Roh Kudus dapat diberikan kepada seseorang melalui upacara keagamaan yang dipimpin oleh imam Mormon. Sangat bertentangan dengan kebenaran Firman Tuhan. Alkitab menyatakan bahawa Roh Kudus adalah Roh Tuhan yang bererti Allah sendiri (2 Korintus 3:17) dan juga sang pemberi kehidupan (Kej. 2:7). Selain itu, Roh Kudus telah diberikan sebagai karunia oleh Allah kepada orang Kristen yang mengaku iman mereka kepada Yesus Kristus.

4. konsep Tuhan Triune

Orang Mormon disebut Allah Bapa, Yesus sebagai putra pertama Bapa, dan Roh Kudus sebagai Roh penolong manusia di bumi. Ajaran Mormon mengajarkan bahwa Bapa, putra, dan Roh Kudus adalah tiga keberadaan terpisah (tiga makhluk yang dipisahkan). Ianya bertentangan dengan apa yang dikatakan Alkitab tentang Tuhan Triune.

Kejadian 1:26 dan Allah berfirman, "Baiklah kita menjadikan manusia dalam rupa kita, dalam rupa kita, supaya mereka berkuasa atas ikan di laut, dan burung di udara, atas ternak, dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang yang merayap di atas bumi." Alkitab selalu menggunakan wo Rd ' KITA ' sebagai Allah mengucapkan untuk dirinya sendiri (Kejadian 3:22, kejadian 11:7), serta mengacu pada keberadaan Tritunggal Allah. Kata ganti ini menyatakan bahwa Allah memiliki lebih dari satu orang.

5. manusia

Gereja Mormon mengajarkan bahwa manusia adalah Roh yang ada. Roh manusia ini hidup dengan Allah dan Yesus Kristus dalam pra-kehidupan sebelum memasuki dunia. Roh ini kemudian mengambil tubuhnya pada saat lahir di dunia. Ajaran Mormon menyatakan bahwa manusia tidak diciptakan oleh siapa pun, bahkan manusia dapat menjadi Allah. Ini jelas bertentangan dengan kisah penciptaan manusia yang dicatat dalam Kejadian (Kejadian 1:26-27, Kejadian 2:7).

6. kultus individu

Doktrin Mormon juga melekat pada kultus individu sebagai salah satu ciri tradisi bidat. Orang Mormon percaya bahwa Joseph Smith adalah keturunan Yesus Kristus. Bahkan, ia adalah anak kelima dari sebelas bersaudara dari Joseph Smith SR. dan Lucy Mark, keluarga Presbiterian yang berasal dari Sharon, Vermont, AS.

7. jalur keselamatan

Mormon mengajarkan bahwa kematian dan kebangkitan Yesus tidak menyelamatkan umat manusia. Bagi mereka, keselamatan hanya diperoleh melalui kepatuhan pada aturan dan sakramen, dan perbuatan baik. Hal ini tidak mengherankan bahwa Mormon dikenal sebagai orang mulia-hati dengan banyak misi kemanusiaan.

Yohanes 11:25-26 Yesus menjawab,  "Akulah kebangkitan dan hidup yang percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku tidak akan mati selamanya." Percayaulah engkau ini?  "Doktrin ini jelas bertentangan dengan apa yang Alkitab ajarkan, bahwa Yesus adalah jalan keselamatan melalui kematian dan kebangkitannya (Yohanes 3:36, Yohanes 1:12). Selain itu, keselamatan hanyalah anugerah Jahweh, bukan hasil usaha manusia (Efesus 8:10). Ketaatan kepada Jahweh dilakukan oleh orang Kristen bukan untuk keselamatan, tetapi karena kita sudah menerima keselamatan, kita hidup dalam ketaatan.

8. baptisan

Gereja Mormon memiliki banyak sakramen baptisan, salah satunya adalah baptisan untuk penebusan dosa yang dilakukan oleh pelayanannya. Pembaptisan sebagai sakramen merupakan syarat mutlak bagi keselamatan. Bahkan, orang yang telah meninggal dapat diselamatkan jika salah satu anggota keluarganya yang masih hidup berhasil dalam menerima baptisan. Doktrin ini juga bertentangan dengan ajaran Kristian bahawa Kristus adalah satu-satunya jalan kebenaran dan keselamatan (Yoh 11:25-26).

9. pernikahan

Mormon mengajarkan praktik poligami dan berpendapat bahwa hubungan suami tidak terbatas pada dunia, tetapi juga pada akhirat (pernikahan selestial). Hal ini tidak lazim bagi orang Kristen untuk menceraikan pasangan mereka yang tidak ingin mengikuti praktek poligami. Poligami Alkitab selain berdampak negatif terhadap hubungan manusia juga merupakan larangan dalam Alkitab (Mat. 19:6).

10. Kitab Suci

Selain Alkitab, orang-orang Mormon memiliki tiga kitab lain yang dianggap sebagai tulisan suci, Kitab Mormon, ajaran dan Perjanjian (expounds dan perjanjian), serta mutiara yang sangat dihargai.

  • Alkitab

Orang Mormon percaya pada Alkitab dengan syarat bahwa Alkitab harus menjadi ajaran Mormon yang patuh untuk diterjemahkan dengan benar. Josep Smith dan pengikutnya menyatakan bahwa banyak kesalahan terjemahan Alkitab berbeda dari bahasa aslinya.

Beberapa ajaran Alkitab yang Mormon berikan kepada Anda berkewajiban untuk mengetahui sebagai berikut:

  • Kitab Mormon

Kitab Mormon diakui sebagai Kitab yang paling benar menurut umat Mormon karena itu secara langsung diilhami oleh Allah dan telah diterjemahkan oleh Joseph Smith oleh kuasa Allah pada 1830.

  • Ajaran dan Perjanjian (expounds dan perjanjian)

Ajaran dan perjanjian berisikan 136 pernyataan mengenai ajaran Mormonisme yang memuat kumpulan Wahyu modern yang berkaitan dengan Gereja Yesus Kristus yang dipulihkan, seperti sakramen baptisan dan juga pernikahan.

  • Mutiara yang sangat harga

Mutiara berharga berisi serangkaian pernyataan iman JOSEP Smith yang terdiri dari 13 kepercayaan Mormon utama. Buku ini juga memuat klarifikasi dari pengajaran Alkitab yang hilang dan juga penambahan terhadap penciptaan bumi.

Keempat Kitab Suci yang dipercaya oleh orang Mormon jelas bertentangan dengan ajaran Alkitab sendiri sebagai satu-satunya sumber kebenaran (2 Timotius 3:16). Alkitab adalah sumber sempurna pewahyuan Tuhan sehingga tiada lagi keperluan untuk penambahan atau pengurangan (Wah 22:18-19).

Dengan demikian 10 dari ajaran yang menyimpang dari Mormon untuk menolong Anda dapat mengetahui kebenaran Firman Tuhan dan melindungi dari ajaran bidaah.


Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar