Skip to main content

Ayat-Ayat Doa Kesembuhan dalam Alkitab

Dalam perjalanan di dunia ini yang hanya sementara, akan ada banyak Halang rintangan yang harus kita hadapi untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Meskipun hanya untuk bertahan hidup atau makan sendiri akan banyak hal yang harus kita lakukan. Dan sering kali ada banyak hal dalam kehidupan yang dapat menghancurkan iman dan kepercayaan kita kepada Tuhan. Mental kita juga dapat hancur karena keraman dunia memperlakukan kita dengan cara yang unik. Ketika kesulitan itu datang akan ada sejumlah besar orang berdoa dan berharap bahwa mereka bisa mendapatkan manfaat dari berdoa untuk orang Kristen.

Tapi tidak jarang kita melihat banyak orang yang lebih memilih untuk mengandalkan usaha manusia dan mendengarkan suara Iblis yang berusaha untuk menjatuhkan orang ke dalam lubang dosa. Di sini, saya hanya ingin membantu Anda dengan membagikan sedikit informasi yang saya miliki tentang beberapa ayat Alkitab tentang penyembuhan. Beberapa ayat Alkitab ini dapat menjadi refleksi dan refleksi Anda sehingga Anda dapat perlahan-lahan-tanah dipulihkan dari batin yang dapat dihancurkan dan dihancurkan. Jadi, Anda bukan orang yang lemah dan rapuh yang mudah dimakan oleh perangkap setan yang selalu mengamati manusia dalam setiap kesempatan.


1. 2 Korintus 12:9-10

“(9) Tetapi jawab Tuhan kepadaku: “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.” (10) Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku. Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat.”

Dalam kesenangan, kita biasanya memiliki kecenderungan untuk melupakan Allah dan merasa bahwa semua kebahagiaan yang kita miliki adalah karena usaha kita sendiri untuk mencapai beberapa pencapaian tertentu yang kita inginkan. Tapi, mari kita melihat kembali pada saat-saat ketika kita mengalami kesulitan, maka kita akan cenderung untuk meminta pertolongan Allah karena kita merasa tidak berdaya. Dengan memahami maksud ayat ini dan arti bersyukur dalam Alkitab, kita dapat melihat bahwa kasih Allah sangat besar dalam kita. Dia terus menemani kehidupan kita baik pada saat kita berada dalam kesulitan atau dalam kenikmatan. Ini adalah apa yang dapat membantu untuk memperkuat kita dan menyembuhkan kita dari luka batin atau kondisi batin menjadi kacau.

2. Markus 5:34 

“Maka kata-Nya kepada perempuan itu: “Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!”

Teks alkitabiah penyembuhan ini memang ketika membaca sepenuhnya di dalam Injil Markus akan menuntun pada kesembuhan jasmani. Tapi ternyata kepercayaan yang dimiliki oleh seseorang terhadap Allah dapat menyembuhkannya dari keadaan batin yang juga menyakitkan. Jika kita mengharapkan kesembuhan, pertama-tama kita akan dituntut untuk percaya. Ketika kita sakit kita harus mampu percaya bahwa apa yang dokter yng lakukan adalah untuk menyembuhkan kita sendiri. Sama seperti itu, kita juga harus memiliki keyakinan bahwa Tuhan sendiri dapat membantu menyembuhkan semua kondisi yang kita milki selama kita ingin percaya dan berusaha. Karunia Roh Kudus juga akan membantu memberdayakan Anda ketika Anda dengan kepercayaan yang teguh memiliki iman kepada Tuhan.

3. Mazmur 73:4-5

“Sebab kesakitan tidak ada pada mereka, sehat dan gemuk tubuh mereka; mereka tidak mengalami kesusahan manusia, dan mereka tidak kena tulah seperti orang lain.”

Mungkin apa yang Tuhan ingin sampaikan di sini adalah bahwa rasa sakit atau penderitaan bukan hanya penyakit fisik yang dapat dilihat oleh mata manusia. Banyak juga di antara kita yang mengalami tekanan batin, depresi, sampai mereka memiliki dorongan untuk melakukan bunuh diri karena mereka sakit mental. Mental mereka kacau karena pikiran mereka juga kacau. Dan inilah yang Tuhan juga ingin membantu. Ketika hal ini terjadi pada diri kita sendiri, mungkin kita bisa kembali untuk mengingat-ingat dan melihat apa janji Tuhan Yesus adalah untuk orang percaya. Salah satu janji Allah adalah bahwa ia akan selalu berada di sana dan terus-menerus di pihak kita. Dan ketika ini terjadi pada orang di sekitar kita, kita mungkin juga dapat membantu mereka dengan memberitahukan janji Tuhan kepada orang percaya.

4. Yesaya 57:18-19

“Aku telah melihat segala jalannya itu, tetapi Aku akan menyembuhkan dan akan menuntun dia dan akan memulihkan dia dengan penghiburan; juga pada bibir orang – orangnya yang berkabung. Aku akan menciptakan puji-pujian. Damai, damai sejahtera bagi mereka yang jauh dan bagi mereka yang dekat firman TUHAN Aku akan menyembuhkan dia!”

Mungkin ayat Alkitab tentang penyembuhan yang satu ini adalah ayat yang juga dapat membantu memperkuat Anda dalam segala hal yang membuat Anda merasa bahwa Anda berada dalam menghadapi semua tantangan yang ada di depan mata. Selama kita ingin menjadi dekat dengan Tuhan dengan melakukan perintah Tuhan dan mendengarkan firman, maka Tuhan sendiri juga akan menemani-nya dan menuntun kita untuk keluar dari semua kesulitan yang kita hadapi.

5. 1 Korintus 10:13

“Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.”

Ini adalah salah satu ayat yang harus Anda pahami dan ingatlah – Ingatlah dengan praktik yang baik. Banyak orang melakukan perbuatan berdosa sebagai salah satu pelarian dari masalah yang mereka hadapi. Bahkan, Tuhan sendiri telah mengatakan bahwa segala sesuatu yang kita hadapi tidak akan melebihi kekuatan kita sebagai manusia. Dalam menghadapi masalah yang membuat batin dan iman kita sebagai kehancuran, Allah akan terus menemani kita.

6. Yesaya 53:4a

“Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya”

Teks alkitabiah dari penyembuhan selanjutnya ini memberikan gambaran kecil tentang tujuan dan arti kelahiran Yesus Kristus dan makna dari kesengsaraan dan kematian Yesus. Dimana, salah satu tujuan yang ia datang adalah untuk memberikan keselamatan kepada umat manusia dan menanggung segala dosa dan penyakit yang kita miliki. Dengan demikian, Tuhan juga merasakan rasa sakit ketika kita berada dalam kondisi penyakit. Ketika kita berdosa, ia akan tertikam oleh dosa kita. Hal ini dilakukan dan ditanggung oleh Jahweh karena ia ingin berusaha sebisa mungkin untuk menjauhkan manusia dari kematian dan menyelamatkan manusia. Ini juga merupakan ide yang baik bahwa niat baik Tuhan sendiri juga merespon dengan baik dengan melakukan pengakuan dosa dan mendapatkan pengampunan dosa dalam kekristenan sehingga hubungan kita dengan Allah bisa lebih baik.

7. Yeremia 30:17

“Sebab Aku akan mendatangkan kesembuhan bagimu, Aku akan mengobati luka-lukamu, demikianlah firman Tuhan, sebab mereka telah menyebutkan engkau: orang buangan, yakni sisa yang tiada seorangpun menanyakannya.”

Untuk meminta kesembuhan tidaklah cukup jika kita tidak memiliki kepercayaan dan iman kepada Allah, maka ini akan sepadan. Barangkali Anda juga dapat mencoba menerapkan beberapa cara yang baik dan saleh untuk berdoa untuk membantu Anda mendapatkan penyembuhan yang Anda harapkan. Bahkan pada duduk Anda sendiri berpikir bahwa Anda tidak diperhatikan oleh orang-orang yang paling dekat dengan Anda atau sesama manusia, tetapi Tuhan Allah masih memperhatikan dan menjaga diri Anda dalam sebaik mungkin-baik. Karena Allah telah menciptakan manusia ciptaan-Nya, setiap orang adalah orang yang unik dan berharga di mata Tuhan. Seiring waktu, banyak orang yang mudah dipengaruhi oleh adanya tren yang tampaknya menjadi otak-derajat sosial manusia. Lebih disukai, sikap orang Kristen terhadap budaya yang semakin mengikuti perkembangan jaman ini adalah untuk mempertimbangkan prinsip etika Kristen.

8. Matius 9:35 

“Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.”

Saya pikir ayat Alkitab tentang penyembuhan yang satu ini hanya menjelaskan bahwa Yesus sendiri juga suka untuk membantu menyembuhkan orang lain dari semua penyakit yang dimiliki orang. Oleh karena itu, modal yang harus Anda miliki adalah kepercayaan yang teguh kepada dia yang mampu membimbing Anda keluar dari kesusahan dan rasa sakit yang Anda alami.

Jadi itu beberapa ayat Alkitab tentang penyembuhan yang saya dapat berbagi dengan Anda. Mungkin Anda juga bisa membaca beberapa ayat Alkitab untuk memperkuat orang yang berduka untuk setidaknya membantu mengingatkan Anda bahwa Allah memang selalu bersama kami-seperti kita dalam keadaan dan kondisi apapun. Bantulah juga sesama kita yang membutuhkan pengingat akan Tuhan. Ingatkan mereka bahwa Tuhan akan berada dalam keadaan apa pun. Ada juga beberapa artikel tentang kebaktian Kristen singkat yang dapat Anda baca dan dengan membaca beberapa artikel ini maka Anda akan memiliki lebih banyak pengetahuan dan akan dibantu untuk merenungkan segala sesuatu yang pernah terjadi pada Anda. Terima kasih atas waktu yang Anda berikan. Tuhan Yesus memberkati kita semua.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar