--> Skip to main content

30 Ayat Alkitab Tentang Bersukacitalah Dalam Segala Hal

Kehidupan manusia tidak pernah berjalan dengan baik. Kehidupan manusia juga tidak pernah berjalan selalu buruk. Selalu ada sukacita dan kesedihan untuk berubah. Sukacita dapat datang dari setiap kejadian seperti ayat Alkitab tentang keberhasilan. Dukacita juga dapat datang dari setiap kejadian seperti dalam ayat Alkitab tentang menjadi memfitnah atau dalam ayat Alkitab tentang anak durhaka. Kehidupan manusia selalu memiliki kenaikan dan kejatuhan yang membuat kita lebih dan lebih akrab dengan Tuhan. Namun, ini tidak berarti labil Allah dengan kehidupan manusia alami. Ada sebuah proses yang kita perlu berjalan begitu baik, sukacita dan kesedihan, kita perlu untuk mendapatkan. Berikut adalah beberapa ayat Alkitab tentang sukacita dan kesedihan.

Yohanes 16:20
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya kamu akan menangis dan meratap, tetapi dunia akan bergembira, kamu akan berdukacita, tetapi dukacitamu akan berubah menjadi sukacita.

Dalam kehidupan, kita sering mengalami dukacita. Meskipun demikian, Tuhan akan mengingatkan kita untuk tidak berfokus pada dukacita itu. Tuhan berjanji bahwa dukacita yang kita alami akan berubah menjadi sukacita. Seharusnya, janji dan harapan itu adalah fokus kita pada hidup. Oleh karena itu, ketika kita mengalami dukacita, kita perlu menyingkirkan pikiran negatif seperti yang tertulis di ayat Alkitab tentang pikiran negatif.


Kisah Para Rasul 13:52
Dan murid-murid di Antiokhia penuh dengan sukacita dan dengan Roh Kudus.

Dalam tindakan dikatakan bahwa para murid di Antiokhia mengalami sukacita setelah mendengar Firman Tuhan dikhotbahkan oleh Paulus dan Barnabas. Mereka bukan sekadar bersukacita, tetapi juga dipenuhi dengan Roh Kudus. Tuhan akan mengingatkan kita bahwa Firman Allah memberi kita rasa sukacita. Sukacita itu datang dari Roh Kudus sebagai Roh penghiburan yang diberikan oleh Bapa kepada setiap manusia yang percaya kepadanya.

Roma 15:13
Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.

Tidak ada orang atau apa pun yang dapat memberi kita sukacita dan kedamaian sejati. Hanya Allah yang menjadi sumber pengharapan yang mampu memberikannya. Itu memberi kita rasa sukacita melalui Roh Kudus yang akan selalu menghibur dan memberi kita penghiburan. Oleh karena itu, tetaplah meminta sukacita yang berasal dari Allah semata.

1 Petrus 1:8-9
Sekalipun kamu belum pernah melihat Dia, namun kamu mengasihi-Nya. Kamu percaya kepada Dia, sekalipun kamu sekarang tidak melihat-Nya. Kamu bergembira karena sukacita yang mulia dan yang tidak terkatakan, karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu.

Hal terbesar yang mampu memberi kita rasa sukacita adalah keselamatan yang telah Allah berikan kepada kita. Oleh karena itu, meskipun ada begitu banyak tantangan yang kita alami, setiap hari kita masih memiliki alasan untuk bersyukur dan senang. Kita bisa bersukacita karena kita mengerti dan percaya bahwa kita sudah diselamatkan oleh Jahweh yang sungguh mengasihi kita.

Matius 5:4
Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur.

Tuhan tidak pernah tidur. Dia tidak mengijinkan anak-anaknya disalahgunakan oleh kesedihan. Allah berjanji untuk menghibur setiap orang yang penuh dukacita. Oleh karena itu, ketika kita merasakan dukacita, Allah hendaknya menjadi tempat pertama bagi kita untuk mengeluh.

Wahyu 21:4
Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu.”

Allah ingin mengingatkan bahwa semua dukacita yang kita rasakan akan segera berlalu. Dia sendiri akan menghapus air mata kita. Adalah penting bagi kita untuk tetap memiliki harapan dan fokus pada apa yang akan terjadi di hadapan kita, bukan apa yang terjadi di belakang kita. Sementara itu dalam kesedihan, lakukan cara untuk menenangkan hati dan pikiran sesuai dengan Alkitab.

Yesaya 51:11
Maka orang-orang yang dibebaskan TUHAN akan pulang dan masuk ke Sion dengan sorak-sorai, sedang sukacita abadi meliputi mereka; kegirangan dan sukacita akan memenuhi mereka, duka dan keluh akan menjauh.

Kita adalah orang berdosa yang telah dibebaskan oleh Tuhan. Kita berhak menerima pusaka Kerajaan Allah. Hak kelahiran yang Allah janjikan kepada kita adalah sukacita abadi. Allah berjanji bahwa ia akan memberikan sukacita yang tidak dapat digantikan oleh apa pun. Sukacita tak berujung yang dijanjikan kepada kita.

1 Petrus 5:10
Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya.

Teks alkitabiah ini sukacita dan dukacita mengingatkan kita bahwa kita mungkin sering merasa terus-menerus menderita. Bagaimanapun, Tuhan bukanlah Tuhan yang pendiam. Dia mengasihi kita dan terus memanggil kita untuk kembali kepada kemuliaan Kristus. Oleh karena itu, dalam dukacita kita, kita masih harus peka terhadap pemanggilan Tuhan untuk memperoleh kekuatan yang datang darinya. Dia yang akan menenangkan kita seperti yang tertulis di ayat Alkitab untuk menenangkan hati dan pikiran.

Mazmur 28:7
TUHAN adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya.

Pemazmur akan mengingatkan kita untuk tidak lupa bersyukur atas sukacita yang diberikan Tuhan kepada kita. Bukanlah kekuatan kita sendiri yang memampukan kita untuk bersukacita. Ketika kita dapat bersukacita, itu adalah karunia yang datang dari Tuhan. Bersyukur dan menyembah Allah menurut ayat Alkitab tentang ibadah.

Ibrani 12:11
Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.

Ada banyak perjuangan yang sering hanya mendatangkan dukacita bagi kita. Namun, setiap hasil dari perjuangan dan dukacita itu menghasilkan buah kebenaran. Kita menjadi terlatih dan lebih kuat.  Kita hendaknya tidak terus dilarutkan dalam dukacita. Kita harus belajar untuk melihat pembelajaran yang dapat kita ambil dari dukacita yang kita rasakan.

Masih banyak ayat Alkitab tentang sukacita dan kesedihan lainnya. Berikut adalah beberapa ayat Alkitab tentang sukacita dan kesedihan selain yang sudah disebutkan di atas.

Yesaya 22:12-13
Pada waktu itu Tuhan, TUHAN semesta alam menyuruh orang menangis dan meratap dengan menggundul kepala dan melilitkan kain kabung; tetapi lihat, di tengah-tengah mereka ada kegirangan dan sukacita, membantai lembu dan menyembelih domba, makan daging dan minum anggur, sambil berseru: “Marilah kita makan dan minum, sebab besok kita mati!”

2 Korintus 7:10
Sebab dukacita menurut kehendak Allah menghasilkan pertobatan yang membawa keselamatan dan yang tidak akan disesalkan, tetapi dukacita yang dari dunia ini menghasilkan kematian.

1 Tesalonika 4:13
Selanjutnya kami tidak mau, saudara-saudara, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan.

Roma 12:15
Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis!

1 Korintus 5:2
Sekalipun demikian kamu sombong. Tidakkah lebih patut kamu berdukacita dan menjauhkan orang yang melakukan hal itu dari tengah-tengah kamu?

Mazmur 147:3
Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka;

2 Korintus 1:3-4
Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan, yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah.

Mazmur 23:4
Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.

Pengkhotbah 3:4
ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk tertawa; ada waktu untuk meratap; ada waktu untuk menari;

Amsal 15:13
Hati yang gembira membuat muka berser-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat.

Mazmur 119:50
Inilah penghiburanku dalam sengsaraku, bahwa janji-Mu menghidupkan aku.

Roma 8:18
Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita.

Lukas 6:21
Berbahagialah, hai kamu yang sekarang ini lapar, karena kamu akan dipuaskan. Berbahagialah, hai kamu yang sekarang ini menangis, karena kamu akan tertawa.

Yeremia 31:13
Pada waktu itu anak-anak dara akan bersukaria menari beramai-ramai, orang-orang muda dan orang-orang tua akan bergembira. Aku akan mengubah perkabungan mereka menjadi kegirangan, akan menghibur mereka dan menyukakan mereka sesudah kedukaan mereka.

Mazmur 30:12-13
Aku yang meratap telah Kauubah menjadi orang yang menari-nari, kain kabungku telah Kaubuka, pinggangku Kauikat dengan sukacita, supaya jiwaku menyanyikan mazmur bagi-Mu dan jangan berdiam diri. TUHAN, Allahku, untuk selama-lamanya aku mau menyanyikan syukur bagi-Mu.

2 Korintus 1:6
Jika kami menderita, hal itu menjadi penghiburan dan keselamatan kamu; jika kami dihibur, maka hal itu adalah untuk penghiburan kamu, sehingga kamu beroleh kekuatan untuk dengan sabar menderita kesengsaraan yang sama seperti yang kami derita juga.

2 Tesalonika 2:16-17
Dan Ia, Tuhan kita Yesus Kristus, dan Allah, Bapa kita, yang dalam kasih karunia-Nya telah mengasihi kita dan yang telah menganugerahkan penghiburan abadi dan pengharapan baik kepada kita, kiranya menghibur dan menguatkan hatimu dalam pekerjaan dan perkataan yang baik.

Ini adalah beberapa ayat Alkitab tentang sukacita dan kesedihan. Kita tidak boleh hanya memilih untuk hidup hanya sukacita atau hanya kesedihan. Tinggalkan diri kita sepenuhnya kepada Allah untuk lebih dia bentuk. Pembentukan Allah membuat kita semakin siap dalam menghadapi sukacita dan dukacita. Semua kemuliaan bagi Tuhan. Tuhan memberkati.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar