Skip to main content

Apa itu Gereja Bethany dan Gereja Bethel beserta Perbedaannya

Banyak orang Kristen yang keliru menafsirkan perbedaan gereja Betania dan Bethel. Ini karena mereka melihat bahwa kedua Gereja memiliki aliran yang sama dengan sedikit perbedaan antara kharismatist dan Pentakosta. Namun, jika dilihat secara lebih rinci, keduanya memiliki perbedaan besar, terutama dalam hal organisasi dan visi dari perbedaan misi dari Bethel dan gereja Pantekosta. Untuk detail lebih lanjut, adalah ide yang baik untuk merujuk pada beberapa perbedaan yang jarang diketahui antara Gereja Bethany dan Bethel.

1. Sejarah Gereja

Bila dilihat dari sejarah gereja, keduanya memiliki latar belakang yang sama dengan pendirian gereja. Meskipun gereja reformasi yang sama tetapi Gereja Bethany berdiri atas prakarsa Pastor Abraham Alex Tanuseputra di Surabaya. Sementara itu, Bethel gereja berangkat dari misionaris Amerika yang membuka gereja di Bali. Dalam perkembangan gereja Bethel kemudian mengembangkan pendirian gerejaNya di banyak daerah di Indonesia. Sementara Gereja Bethany masih berfokus pada Surabaya dan kota sekitarnya di pulau Jawa.


2. Sinode gereja 

Dari Sinode, mereka juga memiliki Sinode yang berbeda. Hari ini gereja Betania adalah Sinode terpisah yang tidak bergabung dengan Sinode Betel. Meskipun dalam sejarah awal itu adalah kombinasi yang sama dari Sinode, tetapi dalam pengembangan Bethany dihapus dari Sinode Bethel dan membentuk Sinode sendiri.

3. administrasi gereja

Keduanya memiliki dasar aliran karismatik yang sama tetapi karena perbedaan antara Sinode dan organisasi, administrasi gereja juga tidak sama. Misalnya, kondisi pemberkatan perkawinan di Gereja Bethany dibandingkan dengan kondisi berkat perkawinan di GBI tidak sepenuhnya sama.

4. gereja dan liturgi

Dalam hal Jemaat, Gereja Bethany yang awalnya didirikan di Surabaya memiliki rangkaian gereja terbesar di kota ini. Sementara itu, gereja yang lebih besar di Bethel di Indonesia memiliki suku dan ras yang berbeda. Sementara sisi liturgis sama-sama dan di dalam sistem penyembahan yang didasarkan pada cara bersekutu dengan Roh Kudus.

5. para misionaris

Dalam hal para misionaris, sekolah teologi yang berada di bawah kedua gereja juga tidak sama. Gereja Bethany memiliki teologi sekolah dari Bethany STT untuk mencetak pendeta muda yang ditugaskan untuk merumahkan umat gereja. Di Bethel gereja, Bethel Indonesia STT.

6. pengakuan iman

Jika dilihat dari pengakuan iman bahwa kedua gereja hidup, maka ada sedikit perbedaan untuk pengakuan iman gereja. Jika Gereja Bethany mengakui syahadat Rasuli, maka gereja Bethel mengakui konteks yang sedikit berbeda. Meskipun esensi masih mengakui Allah, Bapa, anak dan Roh Kudus. Meskipun demikian, pengakuan iman menuntun pada tidak ada iman yang berbeda kepada Yesus Kristus.

Ini adalah beberapa perbezaan antara Jemaat Betania dan Bethel. Pada dasarnya keduanya mengakui janji keselamatan dalam Alkitab kepada Allah melalui Tuhan Yesus. Tetapi organisasi memang memiliki tata kelola gereja yang berbeda. Walaupun keduanya berpusat pada karunia Roh Kudus, jalannya ibadat dan aturan gereja kembali pada keputusan masing-masing gereja.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar