Skip to main content

Ajaran Alkitab Tentang 11 Jenis-Jenis Dosa Dalam Perjanjian Lama

Contoh perbuatan berdosa dalam kekristenan ada sangat beragam. Dosa ini membuat kita menjauh dari Jahweh dan mendekat kepada Iblis. Ini tentu membuat Tuhan sedih karena sebagai manusia, kita sangat dikasihi oleh Tuhan. Karena dosa memiliki berbagai bentuk bilangan tak terbatas mulai dari dosa kecil yang mungkin tidak kita sadari sampai dosa besar yang memerlukan perencanaan sudah matang untuk melakukannya.

Berdasarkan berbagai dosa yang telah kita perbuat, ternyata dosa terbagi ke dalam jenis dosa di dalam Alkitab. Lebih tepatnya, saya membagi dosa menjadi dua jenis artikel kali ini. Saya akan lebih menekankan sepuluh perintah, mudah-mudahan Anda dapat memahaminya dan artikel ini dapat membantu.

1. dosa kepada Allah


  • Penyembahan berhala

Dosa pertama yang menjadi milik dosa yang telah kita perbuat kepada Jahweh adalah memilih untuk menyembah berhala daripada Jahweh. Ibadat ini di masa lalu adalah peti penyembahan para dewa Baal atau penerapan yang menyimpang dari ajaran Mormon. Namun, saat ini, penyembahan berhala dapat terjadi Kapan saja dan di mana pun tanpa kita menyadarinya. Hanya mengambil contoh seperti seseorang yang terlalu jauh lebih dari satu orang-dengan uang di atas segalanya, Treasures, Thrones, dan banyak hal lainnya juga bisa menjadi penyembahan berhala.

  • Menyebutkan nama Allah dengan tidak hormat

Anda pasti sudah mendengar kata sumpah. Sumpah ini biasanya dibuat oleh kebanyakan orang untuk membantu meyakinkan pernyataan kepada orang lain. Ada juga Ikrar yang dibuat dengan nama Tuhan, dan lebih buruknya lagi, sumpah yang dibuat tidak berdasar pada kebenaran alias palsu. Hal seperti ini yang juga bertindak sebagai dosa kepada Allah karena kita telah memanggil nama-Nya dengan tidak hormat.

  • Meninggalkan gereja perlahan-lahan

Dalam sepuluh perintah Allah, Jahweh meninggalkan gereja perlahan-lahan dan juga disamakan dengan tidak memelihara hari Tuhan yang Kudus. Tujuan kita untuk gereja, tidak hanya untuk mendengarkan kata yang diberitakan oleh pengkhotbah tetapi di sana kita juga bisa mendapatkan pengampunan ketika kita akan mendengarkan dan membuka hati kita untuk mendengar Firman Allah. Meninggalkan gereja perlahan-lahan juga bisa menjadi bukti bahwa kita tidak percaya lagi dengan Tuhan atau bahkan membutuhkannya, dan ini juga menyakiti hatinya.

  • Tuhan yang meragukan

Dalam jenis dosa di dalam Alkitab, salah satu dosa yang sering kita lakukan adalah keraguan akan kuasa Allah. Tuhan yang meragukan tidak menyadari bahwa kita tidak sadar karena perbuatan yang paling sederhana bisa membuat kita meragukan Tuhan. Contoh dari Concretnya adalah perbuatan curang. Kami telah belajar semalam atau bahkan lebih dan masih meragukan dan takut ketika nilai kita menjadi jelek dalam tes nanti. Anda sering lupa bahwa masuknya Allah adalah nyata, selama Anda telah berusaha keras maka Anda akan mendapatkan nilai yang benar untuk kemampuan Anda. Mendapatkan nilai jelek tidak selalu buruk karena dari sana Anda dapat melihat kesalahan yang masih Anda lakukan yang mungkin menjadi kesalahan-bahwa kesalahan Anda tidak menyadari sebelumnya.

2. dosa kepada sesama manusia

Untuk dosa semacam ini kepada sesamaku manusia aku mengambilnya sepenuhnya dari Alkitab, untuk lebih tepat daripada sepuluh perintah Allah.

  • Tidak ada penghormatan untuk ibu dan ayah

Orangtua kami adalah dua orang yang sangat keinginan untuk kehadiran kami. Terlepas dari perbuatan mereka kepada kita, tanpa mereka tentu saja kita tidak akan dapat berada di dunia ini untuk bergumul untuk memiliki kehidupan kekal di surga. Mereka akan bersedia melakukan apa pun untuk memastikan kebahagiaan Anda, untuk memastikan pemenuhan kebutuhan Anda sesuai dengan kemampuan mereka. Dan tentunya mereka akan mencoba yang terbaik untuk itu. Banyak juga kutipan-kutipan yang menyatakan bahwa orang tua adalah malaikat kita di dunia dan bahwa mereka adalah benar. Untuk membalas kasih mereka bagi kita maka kita harus menghormati kedua orang tua kita atau setidaknya, berusaha untuk tidak melakukan atau mengatakan hal-hal yang dapat menyakiti hati mereka.

  • Membunuh

Ada banyak kasus pembunuhan yang diawali dengan kemarahan, kebencian, dan balas dendam yang mendalam atas perbuatan atau perkataan yang telah dilakukan seseorang atau kelompok. Mungkin kemarahan dan kebencian yang telah dikuburkan selama bertahun-tahun-misalnya akan hilang dalam sekejap mata ketika kita melihat orang yang paling kita benci. Tapi, apakah ini bukan membuat Anda lebih kejam daripada dia? Apakah Anda tidak ingin menjadi orang yang lebih baik daripada orang yang Anda benci? Bukankah hal pengampunan dalam Alkitab ditulis? Tuhan Yesus sendiri adalah teladan kita untuk mengampuni, mengasihi, bahkan berdoa bagi musuh kita.

  • Mencuri

Mencuri adalah suatu tindakan dimana kita mengambil milik seseorang tanpa izin pemilik asli mereka dan mengklaim item sebagai memegang. Ada banyak faktor yang mengarah pada tindakan pencurian seperti iri dan lain-lain. Tindakan ini membuat hilangnya dua pihak yaitu pihak yang mengalami pencurian dan pencuri. Untuk pencuri, pencuri akan malas dalam melakukan segala sesuatu dan cenderung meremehkan masalah dengan mengambil milik orang lain. Dan bagi orang yang mengalami pencurian, pasti orang ini akan terluka parah, bagaimana jika barang curian lebih dibutuhkan oleh pemilih asli daripada pencuri?

  • Berzinah

Jenis berikutnya dari dosa dalam Alkitab adalah melakukan perzinahan. Perzinaan itu sendiri adalah suatu tindakan dimana orang yang sudah menikah memiliki hubungan seksual dengan orang lain yang bukan pasangannya sendiri. Dosa ini selain melanggar hukum Allah, hal itu juga dapat merusak hubungan atau ikatan perkawinan yang ada dan menyakiti perasaan pasangan yang sebenarnya. Tidak hanya berlaku untuk seseorang yang telah menikah, untuk mereka yang tidak menikah dan melakukan semua tindakan percabulan atau memiliki pikiran yang menginginkan tubuh seseorang sudah bisa dikategorikan sebagai suatu tindakan perzinahan. Perzinahan menurut Alkitab sudah cukup jelas karena ada beberapa ayat yang bisa Anda temukan mengenai dosa ini. Beberapa ayat adalah Matius 5:27, Matius 15:9, Markus 10:11, dan Matius 5:28.

  • Bersaksi tentang kebohongan

Bersaksi dusta mungkin sering kali lebih familier ketika Anda mendengar kata fitnah. Tidak ada pencemaran nama baik atau bersaksi adalah hal yang sama. Pada dasarnya, fitnah atau bersaksi kebohongan adalah suatu tindakan di mana Anda mengatakan sebuah pernyataan tentang sesuatu atau seseorang yang tidak benar dengan maksud menjatuhkan orang sendiri. Perbuatan ini tentunya akan sangat mempengaruhi kehidupan seseorang. Bayangkan saja, jika Anda mengetik teks pendek atau chatting dan mengalami  "typo " itu dapat mengubah persepsi dan makna dari sebuah pernyataan, apalagi ketika Anda bersaksi kebohongan tentang tetangga Anda. Apakah itu maksud dari sekelompok kecil orang melakukan hal ini, apakah itu untuk keuntungan pribadi atau sebagainya tetapi akan lebih baik bagi ITA untuk menerapkan hukum cinta dalam Alkitab, karena dengan menerapkannya maka tentu saja hubungan kita dengan Allah dan apalagi dengan sesama kita w sakit dipelihara dengan baik.

  • Mengingini istri sesama

Manusia rentan dan rapuh bagi dosa. Tetapi ketika kita belajar dan memahami kebenaran akan takut akan Allah, maka pastilah kita memiliki kuasa untuk menghadapi situasi dunia dalam dosa dan memiliki keyakinan iman yang teguh untuk melawan dosa dan tidak jatuh berulang kali. Salah satu dosa yang juga tercantum dalam sepuluh perintah Allah adalah untuk menghasratkan istri orang lain. Perempuan memang ciptaan Allah yang mulia baik secara jasmani maupun tugasnya adalah untuk menjadi seorang ibu setelah keluarga. Seorang wanita juga memiliki daya tarik yang berbeda antara satu sama lain karena wanita itu indah sesuai dengan keunikan masing-masing. Tidak jarang, dalam perkawinan terkadang seorang suami bosan dengan istrinya dan melihat sesamanya istri dan menginginkannya. Dan ini seharusnya tidak terjadi karena terlepas dari kesempurnaan istri – istri kita tapi kita akan selalu melihat bahwa istri orang lain lebih menarik karena keinginan daging yang kuat. Syukuri apa yang telah kami pilih dan miliki.

  • Mengingini milik sesama

Tetangga rumput jauh lebih hijau katanya. Sementara pada kenyataannya rumput halaman kita lebih baik tapi mungkin karena kita terlalu sering melihatnya dan bosan rumput kita sendiri maka tidak jarang kita melihat bahwa rumput orang lain adalah lebih baik daripada rumput kita. Mungkin perumpamaan sederhana ini dapat menguraikan situasi hati dan pikiran kita ketika mungkin ada tetangga kita yang memiliki hal-hal baru dan kita secara mendalam menginginkan hal itu. Covorating milik orang lain bila disertai dengan niat baik seperti motivasi yang baik untuk mendapatkan item dengan cara yang benar atau kerja keras adalah hal yang baik. Yang salah dan milik jenis dosa dalam Alkitab adalah ketika kita berhasrat untuk menjadi milik orang lain dan memiliki niat jahat terselubung untuk mendapatkan barang.

Ini adalah dua jenis dosa di dalam Alkitab yang bisa saya bagikan kepada Anda. Mudah-mudahan informasi ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan dan meningkatkan pengetahuan Anda tentang jenis dosa. Dan saya harap juga Anda bisa mendapatkan lebih dekat dan lebih dekat dengan Than dengan membaca berbagai artikel yang telah kami sajikan. Tuhan Yesus memberkati.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar