--> Skip to main content

7 Karunia Roh Kudus dan Peran Roh Kudus Dalam Kehidupan orang Beriman

Karunia Roh Kudus dan Peran Roh Kudus Dalam Kehidupan orang Beriman. Sebagai orang percaya, sudah tentu sangat penting bagi kita untuk mengerti apa tujuan karunia Roh Kudus yang diberikan oleh Jahweh. Bagaimanapun, ia harus bermula dengan pemahaman tentang Roh Kudus itu sendiri. Karena masih banyak gereja Jahweh yang tidak mengerti kebenaran tentang Roh Kudus dan manifestasinya dalam hidup sebagai umatNya.

Karunia Roh Kudus adalah karunia Allah sendiri. Menurut FirmanNya bahwa Tuhan akan selalu bersama kita sampai akhir jaman. Dan salah satu bentuk atau manifestasi dari penyertaan Allah dalam kehidupan kita tentu saja melalui kehadiran Roh Kudus. Tapi sayangnya, masih banyak dari gereja-Nya yang kurang peka terhadap kehadiran Roh Kudus dalam kehidupan sehari-hari sehingga untuk mengabaikan kehadiran Allah melalui perantara Roh Kudus yang berbicara dalam hati nurani kita. Oleh karena itu, adalah sangat penting untuk memahami apa tujuan dari karunia Roh Kudus sebagaimana diuraikan di bawah ini:


1. peka secara spiritual

Salah satu tujuan Tuhan dalam memberikan karunia Roh Kudus adalah membawa umatNya menjadi peka secara rohani. Karena ini adalah cara bersekutu dengan Roh Kudus dalam kehidupan sehari-hari kita untuk memaklumkan kebenaran mana dan mana yang tidak. Dengan bantuan Roh Kudus maka hati kita dapat lebih peka terhadap suara Allah dan kehendak-Nya dalam kehidupan kita.

2. dekat dengan Tuhan

Roh Kudus akan selalu menuntun kita untuk mendekat kepada Allah. Jika kita mengikuti peranan Roh Kudus di dalam gereja, maka hidup kita akan menyerupai Allah. Dengan demikian secara tidak langsung kehidupan kita akan selalu dekat dengan Allah.

3. buah Roh

Peranan Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya juga menolong umatNya untuk tetap berbuah, khususnya buah Roh. Apakah itu cinta, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, baik, murah hati dan setia. Ini adalah peranan Allah melalui mediasi Roh Kudus untuk membawa kita berbuah di dalam dia.

4. loyalitas

Tujuan karunia Roh Kudus adalah juga untuk membuktikan kesetiaan Tuhan kepada umatNya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Tuhan berjanji untuk selalu hadir bersama umatNya. Perkataan yang sekarang ini dinyatakan di dalam sifat orang lain yang dipenuhi Roh Kudus. Karena Allah yang Mahakuasa akan selalu menyertai dalam bentuk karunia Roh Kudus bahwa ia menyatakan.

5. memperdalam iman

Selalu bersandar pada Roh Kudus dalam hidup akan membawa kita lebih dekat dan lebih dalam iman keyakinan kita. Ketika kita setia kepada Jahweh dan akan mendengarkan Roh Kudus yang ada di dalam hati kita, maka iman kepada Jahweh semakin meningkat. Semakin kita peka mendengar suara Tuhan, semakin banyak iman kita bertumbuh dalam Tuhan.

6. ketaatan

Roh Kudus juga membawa kita kepada ketaatan firman Jahweh. Sehingga segala sesuatu yang Allah ungkapkan dalam Firman-Nya dapat menjadi nyata melalui kehidupan dan perilaku kita setiap hari.

7. keamanan

Dengan menerima Roh Kudus, kita akan lebih dari keselamatan yang diberikan Jahweh kepada kita. Karena hanya orang yang diselamatkan yang akan terus disertai oleh-Nya melalui mediasi Roh Kudus sampai Tuhan Yesus datang kedua kalinya.

Itulah tujuan karunia Roh Kudus yang dimaksudkan Jahweh kepada umatNya. Dengan memahami apa tujuan Roh Kudus dalam kehidupan kita, akan lebih mudah bagi kita untuk berjalan melalui kepemimpinan Roh Kudus. Jadi hidup kita menjadi lebih subur dan mencerminkan Tuhan. Dengan demikian perilaku kita sehari-hari juga lebih seperti Allah sendiri. Amin.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar