--> Skip to main content

6 Ayat Alkitab Tentang Bertobat Dan Pengampunan Dalam Kehidupan

Pertobatan harus dilakukan oleh semua orang yang percaya, bertobat tidak hanya dilakukan sekali dalam hidup tetapi terus berulang kali. Ini harus selalu dilakukan karena sifat manusia itu sendiri, yaitu dosa yang selalu mengikatnya, hari ini bertobat dan tidak melakukan dosa berikutnya belum tentu hal ini disimpan. Dalam Alkitab, orang percaya selalu diingatkan untuk bertobat di hadapan Tuhan, bukan hanya dalam hal besar tetapi juga dalam masalah kecil yang sering dialami setiap hari.  Beberapa ayat Alkitab tentang pertobatan adalah:

1. Yesaya 33:11
Teks alkitabiah pertobatan dalam Yesaya 33:11 adalah  "Katakanlah kepada mereka, karena aku yang hidup, Firman Tuhan Allah, aku tidak mendukung kematian orang jahat, tapi aku mendukung pertobatan orang jahat dari-Nya sehingga ia hidup. Bertobatlah, bertobatlah dari kehidupan yang jahat itu!

Mengapa kamu akan mati, Hai orang Israel?  "dalam Perjanjian lama, nabi Yesaya bahkan telah mengingatkan perkara pertobatan kepada bangsa Israel, umat yang dituntut oleh Allah sendiri. Orang Isreal begitu tidak patuh kepada Allah bahwa ia harus mampu mengambil hati-Nya, meskipun Allah masih ingin mendapatkan mereka entah bagaimana dan waktu yang harus dilewati.

2. Mazmur 19:7
Dalam Mazmur 19:7 mengatakan  "hukum Tuhan adalah sempurna, untuk memelihara jiwa ", tidak ada hal lain yang bisa membuat seorang pria sadar akan kesalahannya jika tidak diingatkan kembali dari Roh Kudus yang datang dari Allah itu sendiri. Buaian Iblis sebenarnya dapat menaklukkan pikiran dan hati manusia tetapi Yesus dapat mematahkan segalanya dengan kasih yang amat besar yang ditunjukkannya melalui kematiannya di kayu Salib untuk menggantikan orang yang seharusnya berada di sana sebagai bentuk nyata dari janji keselamatan  dalam Alkitab. Taurat atau Ordo Allah adalah sempurna dan mutlak seperti kasihNya, orang percaya pasti akan diperbaharui dari hari ke hari bukan karena manusia tetapi dengan kebesaran kasih Allah.

3. Amsal 28:13
Pertobatan sejati adalah ketika mengakui semua kesalahan di hadapan Tuhan dengan hati yang terbuka. Ketika hati kita terbuka lebar bagi Tuhan dan membiarkannya masuk maka mereka semua akan disingkapkan dari kita apakah itu tidak baik atau Saleh. Dalam Amsal 28:13,  "Barangsiapa yang menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi ia yang mengakui dan meninggalkannya akan disayangi. "

4. Lukas 19:10
Teks alkitabiah pertobatan juga boleh dilihat dalam Lukas 19:10  "sebab anak manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang ", Allah telah lama kehilangan umatNya dari dosa yang mengikat dan mengasaskan umat manusia dari hadirat Allah.  Jahweh selalu merindukan manusia untuk berpaling dari dosanya dan kembali kepada Jahweh, tetapi dari banyaknya pilihan yang diutusNya untuk mendapatkan banyak orang yang gagal.

Oleh karena itu Allah menyerahkan Anak TunggalNya untuk mendapatkan manusia berdosa, dari karakter dan teladan Yesus Kristus diharapkan agar manusia dapat memiliki gambaran yang benar tentang bagaimana sikap dan tindakan yang Allah hasratkan dari manusia. Pria yang kehilangan dia dapat kembali dengan mengorbankan putra tunggal-Nya sebagai penggantinya.

5. Kolose 3:9-10
Pertobatan manusia sebenarnya dicirikan dengan menyerahkan diri kepada baptisan, Kolose 3:9-10  "Jangan Anda menipu satu sama lain karena Anda telah meninggalkan orang tua dan pengakuannya dan telah memakai manusia baru terus diperbarui untuk memperoleh pengetahuan sejati dalam dirinya sendiri gambar  ".

Memang, untuk menyerah dibaptis tidak hanya untuk menyerah dan masuk ke dalam kehidupan Allah yang menyelamatkan tetapi lebih dari dibaptis berarti dipersiapkan sebagai sebuah kapal sesempurna mungkin untuk sepenuhnya mengisi oleh kehidupan Allah sehingga untuk menjadi dalam karakter Kristus. Menjadi terbentuk bukanlah hal yang mudah dan terjadi dalam waktu yang singkat namun membutuhkan proses yang menyakitkan yang tentu saja melibatkan Tuhan di dalamnya, pertobatan akan sering dan terus terjadi selama proses ini. Penyaliban Yesus membuat pertobatan manusia kurang kesia-siaan di hadapan Allah.

6. Lukas 15:10
Lukas 15:10  "Sesungguhnya Aku berfirman kepadamu, akan ada sukacita dalam para malaikat Allah karena orang berdosa yang bertobat ", bukan hanya Tuhan yang dibawa ke atas bertopeng dari manusia berdosa, tetapi para malaikat di surga akan merayakannya.

Begitu besar kerinduan Tuhan untuk pertobatan manusia, semua cara Allah selalu memenuhi bentuk manusia bahwa Yesus Kristus adalah objek yang sempurna dari rencananya. Pertobatan juga dapat mengapresiasi perjuangan Yesus selama hidupnya dalam membela manusia di hadapan Allah dan menggenapi janji Tuhan kepada orang percaya keselamatan. Pertobatan sejati adalah pertobatan yang dilakukan setiap saat dengan melibatkan Tuhan di dalamnya. Roh Kudus yang diberikan kepada kita membantu manusia dalam memahami maksud hati Tuhan, bukan sekadar bersikap sadar dan bertobat dan kemudian melupakannya tanpa tujuan lain.

Di hadapan Jahweh pertobatan semacam ini adalah munkritikus, mengingat dan melupakan tanpa ingin memperbaiki diri. Daging tidak kuat dalam perbuatan berdosa tetapi Roh menguatkan. Ini harus selalu diwujudkan kepada orang percaya sehingga mereka dapat diperkuat dan diperbaharui dari hari ke hari sehingga kita bisa menjadi contoh perilaku sebagai cahaya dan garam dunia dan menjadi bagian dari ciri khas orang bijak menurut Alkitab.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar