Skip to main content

10 Penyebab Kenapa Bisnis Online Gagal yang Sering Terjadi

Sebenarnya apa penyebab kegagalan dalam Bisnis Online yang sering terjadi pada pemula? Padahal banyak yang mengatakan bahwa bisnis online adalah salah satu bisnis yang cenderung lebih mudah dilakukan dan lebih murah daripada bisnis offline.

Daftar Isi
1. Mindset Salah: Penyebab Kegagalan dalam Bisnis Online
2. Kurangnya Pengetahuan Tentang Bisnis Online
3. Tidak Fokus Menjalankan Bisnis Internet
4. Tidak Serius Menjalankan Bisnis Online
5. Tidak Mau Upgrade Skill Bisnis Online
6. Kurang Inovasi
7. Tidak Sabar dan Mudah Menyerah
8. Keterbatasan Waktu dalam Belajar dan Praktek
9. Bermental Gratisan
10. Membuat Target yang Muluk-muluk

Selain itu, saat ini ada banyak kursus dan lokakarya yang membahas bisnis online, baik untuk pemula maupun mereka yang telah lama berkecimpung dalam bisnis internet. Namun, lebih banyak orang gagal daripada mereka yang berhasil menjalankan bisnis online.

Penyebab Kenapa Bisnis Online Gagal yang Sering Terjadi


Apa sebabnya?

Berikut ini adalah beberapa penyebab kegagalan dalam bisnis online yang sering terjadi, baik di kalangan pemula maupun mereka yang telah lama melakukan bisnis online.

1. Mindset Salah: Penyebab Kegagalan dalam Bisnis Online

Pola pikir yang tepat diperlukan ketika kita mulai belajar dan menjalankan bisnis online. Mereka yang memiliki pola pikir yang benar memiliki peluang sukses yang lebih besar dalam bisnis online daripada mereka yang memiliki pola pikir yang salah.

Jadi, apa saja contoh dari pola pikir yang salah?

  • Pikirkan bisnis internet sebagai bisnis cepat kaya
  • Berpikir bisnis online bisa sukses tanpa modal
  • Meremehkan dan menganggap bisnis online itu mudah
  • Dan lain-lain


Pola pikir ini sangat menghalangi seseorang untuk berkembang, bahkan itu akan menjerumuskan orang tersebut. Ketika memulai bisnis online, kita harus memfokuskan pola pikir kita pada hal-hal yang dapat mendukung proses pembelajaran dan praktik menjalankan bisnis online.

2. Kurangnya Pengetahuan Tentang Bisnis Online
Memulai sesuatu tanpa pengetahuan yang memadai baik-baik saja. Dalam arti tertentu, kita akan sering melakukan trial and error atau mencobanya sendiri. Jadi, kita belajar dari berbagai kesalahan yang kita buat selama proses coba-coba.

Namun, melakukan trial and error dalam bisnis online juga harus memiliki pengetahuan lho. Ada pengetahuan dasar yang harus kita pahami untuk belajar tentang bisnis internet, misalnya, memahami cara membuat email, cara membuat blog / situs web, cara membuat akun di media sosial dan pasar, dan lain-lain.

Dan yang terpenting, pengetahuan dasar tentang bisnis online yang harus dimiliki oleh pemula. Sebagai contoh:

  • Cari tahu apa saja jenis bisnis online
  • Memahami cara bekerja dalam bisnis online
  • Dapat menjalankan satu jenis bisnis internet
  • Dll


Pengetahuan bisnis online harus dipelajari terus menerus. Tidak cukup hanya untuk mengetahui, kami juga harus berlatih dan melakukan berbagai uji coba untuk menemukan cara terbaik untuk menjalankan bisnis online.

3. Tidak Fokus Menjalankan Bisnis Internet

Ini adalah penyebab paling umum kegagalan dalam bisnis online. Jenis bisnis internet memang sangat beragam, dan setiap jenis bisnis internet memiliki potensi yang menjanjikan.

Sudah lazim bagi pemula untuk mencoba semua jenis bisnis online, dan berpikir bahwa dengan menjalankan semua jenis bisnis ia akan dapat berhasil. Bahkan, semakin banyak jenis bisnis yang dilakukan, semakin besar peluang untuk GAGAL.

Oleh karena itu, lebih baik bagi kita untuk fokus memilih hanya satu atau dua jenis bisnis yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Misalnya, Anda memiliki keterampilan menulis artikel, maka bisnis yang paling tepat adalah menjual layanan penulisan artikel atau membangun blog / situs web untuk menghasilkan uang.

4. Tidak Serius Menjalankan Bisnis Online

Bisnis online sebenarnya sama dengan bisnis offline, hanya berbeda di media. Artinya, agar berhasil dalam memiliki bisnis yang menguntungkan, kita harus serius dalam menjalankannya.

Mereka yang tidak serius biasanya menjalankan bisnis online yang sederhana. Ketika penjualan baik, mereka akan cepat puas dan berpikir bahwa penjualan akan terus baik. Dan ketika penjualan turun, mereka hanya mengeluh dan tidak melakukan sesuatu yang berarti untuk meningkatkan penjualan.

Jika Anda hanya melakukan bisnis online tanpa keseriusan, itu pasti akan terkikis oleh waktu dan pemain baru yang serius. Hari ini kita dapat melihat banyak pemain baru yang berhasil, ini adalah bukti bahwa hanya orang-orang serius yang dapat berhasil dalam menjalankan bisnis.

5. Tidak Ingin Meningkatkan Keterampilan Bisnis Online

Dalam menjalankan semua bisnis, kita harus selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan. Apalagi bisnis internet sangat dinamis, perubahan dan peningkatan terjadi dalam waktu yang relatif singkat.

Meningkatkan keterampilan bisnis online bisa dibilang merupakan salah satu investasi penting yang harus dilakukan oleh semua pengusaha online. Apa yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan keterampilan?

Tergantung pada jenis bisnis internet yang Anda jalankan. Misalnya Anda berjualan secara online, maka keterampilan yang harus terus ditingkatkan adalah;

  • Cara memperbarui pemasaran online
  • Pengetahuan tentang saluran untuk dijual online
  • Cara berkomunikasi dengan konsumen
  • Dan lain-lain


Dengan pengetahuan dan keterampilan yang tetap up to date, maka kita dapat bertahan dan maju dalam persaingan dalam bisnis online.

6. Kurangnya Inovasi
Seperti disebutkan di atas, bisnis internet ini sangat dinamis dan selalu ada perkembangan di semua sisi. Pemain baru selalu mencari cara untuk bersaing dengan pemain lama, sehingga mereka melakukan berbagai cara baru.

Jika pemain lama tidak berinovasi, tentu saja mereka akan ketinggalan oleh pemain baru. Salah satu cara untuk menghadapi persaingan dari pemain baru adalah dengan berinovasi.

Inovasi ini dapat mengambil berbagai bentuk, bisa dalam hal teknologi situs web, bisa juga dari cara pemasaran, atau mungkin berinovasi cara berkomunikasi dengan konsumen. Apa pun inovasinya, jika tujuannya baik dan bermanfaat bagi konsumen, tentu akan berdampak baik pada bisnis kami.

Salah satu contoh inovasi:

  • Teknologi situs web AMP (akselerasi halaman seluler)
  • Cara berkomunikasi dengan konsumen melalui WhatsApp dan Facebook Messenger
  • Dan seterusnya


7. Tidak Sabar dan Mudah Menyerah
Tidak sabar dan mudah menyerah adalah salah satu penyebab kegagalan paling sering dalam bisnis online. Karena pola pikir yang salah sejak awal, anggaplah bahwa bisnis internet adalah bisnis cepat kaya, sehingga banyak pemula yang tidak sabar dan akhirnya menyerah.

Semua bisnis memerlukan proses untuk mencapai titik kesuksesan, dan bahkan itu harus dengan kerja keras. Jadi, jika Anda memiliki kebiasaan tidak sabar dan mudah putus asa, sebaiknya jangan mencoba berbisnis online karena akan membuang waktu.

8. Keterbatasan Waktu dalam Pembelajaran dan Praktek
Tidak dapat dipungkiri bahwa mempelajari bisnis internet hingga akhirnya memiliki bisnis online yang menguntungkan dan stabil membutuhkan waktu. Mereka yang bekerja sebagai pekerja kantoran dan mencoba belajar dan menjalankan bisnis internet sering merasa kewalahan.

Membagi waktu menjadi profesi utama saat ini sambil belajar dan menjalankan bisnis online adalah pekerjaan yang sangat melelahkan. Tidak jarang pemula berhenti di tengah jalan karena merasa tidak mampu menjalankan dua profesi.

Beberapa orang memutuskan untuk mengundurkan diri dan fokus melakukan bisnis online. Namun, beberapa orang masih berkecil hati karena khawatir bisnisnya tidak berjalan dengan baik walaupun biaya kebutuhan keluarga tidak bisa berhenti begitu saja.

Ini tentu saja harus dibenahi dengan cermat. Jangan mudah dibujuk kata-kata motivator yang menyuruh Anda meninggalkan pekerjaan untuk bisnis online, juga pertimbangkan situasi dan kondisi keluarga. Jika Anda masih bisa, saat Anda masih di dua kapal, bekerja di kantor sambil menjalankan bisnis online Anda.

9. Mentalitas gratis
Mentalitas bebas adalah salah satu penyebab kegagalan dalam bisnis online yang sering dialami pemula. Masih terkait dengan pola pikir, banyak yang beranggapan bahwa menjalankan bisnis online bisa sukses secara gratis. Tidak ada bisnis yang benar-benar gratis, mungkin lebih tepat jika bisnis online disebutkan dapat berjalan dengan modal kecil.

Selain itu, jika Anda selalu berpikir bahwa pengetahuan dan peralatan untuk menjalankan bisnis internet harus gratis, maka kemungkinan bisnis Anda akan sulit untuk dikembangkan. Memang ada layanan untuk melakukan bisnis online yang bisa kita dapatkan secara gratis, tetapi tentu saja layanan ini memiliki batasan dan syarat yang membatasi kreativitas Anda.

Dan tentu saja kita akan menghargai sesuatu yang kita bayar lebih dari apa yang kita dapatkan secara gratis. Ini pada gilirannya akan membentuk pola pikir kita bahwa bisnis kita sangat berharga dan harus dikelola sebaik mungkin.

Karena itu, jangan keberatan gratis!


10. Buat Target yang muluk-muluk
Ada pepatah yang mengatakan "Kejar mimpimu setinggi langit". Artinya, kita mungkin memiliki cita-cita setinggi mungkin. Namun, saran saya sebaiknya impian atau target Anda dalam berbisnis online, jangan terlalu muluk.

Tidak jarang bagi Anda untuk menargetkan terlalu tinggi penyebab kegagalan dalam bisnis online. Sebagai contoh, seorang pengusaha online memiliki target laba Rp1 miliar per bulan meskipun margin satu penjualan sangat kecil.

Buat target bisnis online terukur, masih masuk akal, dan dapat dicapai. Setiap target yang berhasil, Anda bisa meningkatkan target menjadi lebih tinggi, dan sebagainya. Artinya, lebih baik membuat target yang masuk akal dan berhasil mencapainya daripada membuat target muluk tetapi gagal dan putus asa.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar