--> Skip to main content

Aneka Frozen Food Homemade yang Banyak Digemari Masyarakat

Kebanyakan orang Indonesia tentu akrab dengan makanan beku karena makanan beku adalah salah satu makanan yang banyak disukai oleh masyarakat kita. Alasannya, selain lebih praktis dan ekonomis dalam berbelanja, membeli makanan beku dalam jumlah banyak juga tidak akan busuk busuk karena bisa disimpan di lemari es untuk beberapa waktu.

Pernahkah Anda mengonsumsi makanan beku? Makanan beku adalah makanan yang dibekukan untuk mengawetkan makanan sampai siap digunakan atau dimakan. Sejak zaman kuno, petani, nelayan, dan pemburu telah melestarikan hasil dari upaya mereka di bangunan yang tidak dihangatkan selama musim dingin.

Khusus untuk makanan beku makanan cepat saji, kita tidak akan repot untuk melakukan pengolahan, karena sudah cukup untuk dikeluarkan dari lemari es dan digoreng atau direbus sesuai selera, maka makanan tersebut bisa dinikmati. Rasa? Jangan tanya, karena makanan cepat saji beku ini sudah dibumbui.

Aneka Frozen Food Homemade yang Banyak Digemari Masyarakat


Daftar Isi
Frozen Food yang Banyak Digemari Masyarakat
1. Buah
2. Daging dan Ikan
3. Makanan Cepat Saji
4. Roti
5. Es Krim

Tips Penyimpanan Frozen Food
Rekomendasi Frozen Food yang Berkualitas

Saat ini kita berada di era di mana banyak orang dikejar waktu untuk melakukan aktivitas sehari-hari, jelas makanan beku sangat bermanfaat. Lalu, makanan beku apa yang banyak digemari masyarakat? Bagaimana cara menyimpannya dengan benar? Dan, di mana saya bisa mendapatkan berbagai makanan beku yang kualitasnya terjamin?

Berikut ini deskripsi yang lebih lengkap:

Frozen Food yang Banyak Digemari Masyarakat

Ada berbagai macam makanan beku yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Berikut adalah beberapa dari mereka berdasarkan kategori mereka:

1 BUAH
Buah adalah salah satu jenis makanan beku yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Berbagai buah-buahan sengaja dibeli dalam jumlah banyak, kemudian disimpan di lemari es untuk menjaga kesegaran.

Biasanya, di lemari es, ada tempat khusus yang digunakan untuk tempat buah. Makanan olahan buah juga merupakan jenis makanan yang sering dibekukan sehingga bisa dimakan saat dibutuhkan.

2. Daging dan Ikan
Banyak orang menggunakan lemari es untuk menyimpan daging dan ikan untuk persediaan, baik olahan maupun segar. Apalagi jika musim haji, di mana banyak orang mendapatkan daging dalam jumlah banyak.

Salah satu solusi penyimpanan adalah membekukannya di lemari es. Selain ikan segar, makanan olahan ikan umumnya dibekukan agar lebih tahan lama.

3. Makanan Cepat Saji
Ini adalah makanan paling populer di masyarakat milenial. Karena proses penyajiannya sangat mudah dan cepat, serta enak. Beberapa makanan cepat saji yang dikonsumsi oleh banyak orang termasuk nugget, bakso, pangsit, kaki naga, tempura, dan sebagainya.

4. Roti
Makan roti harus segera habis begitu kemasan dibuka. Namun, apa yang terjadi jika masih banyak dan mungkin tidak dikonsumsi oleh semua? Sementara itu, masa kedaluwarsa roti tidak terlalu lama.

Satu-satunya solusi untuk memperpanjang masa kedaluwarsa adalah dengan menyimpannya di lemari es. Namun, tentunya metode penyimpanan yang benar diperlukan agar roti tidak mengering karena disimpan di lemari es.

5. Es Krim
Kulkas memang satu-satunya tempat menyimpan es krim. Dengan cara khusus, es krim akan menjadi makanan beku paling istimewa, tidak hanya untuk anak-anak tetapi juga orang tua.

Tips Penyimpanan Frozen Food

Membeli makanan beku berkualitas tidak ada artinya jika Anda salah menyimpannya di lemari es. Ya, menyimpan makanan beku tidak hanya menaruhnya di lemari es tanpa memperhatikan hal lain.

Berikut tips menyimpan berbagai produk makanan beku yang tepat untuk tahan lama.

  • Pisahkan pembekuan bahan makanan mentah dan dimasak agar aromanya tidak tercampur satu sama lain.
  • Hindari mengisi kulkas terlalu penuh karena dapat menyebabkan suhu ruangan yang diinginkan tidak tercapai.
  • Jika produk makanan beku tidak digunakan untuk membuang, bungkus kembali dalam kantong plastik, kemudian simpan di dalam freezer.
  • Jaga suhu dingin atau beku sesuai dengan karakter makanan beku yang disimpan (secara umum, suhu pendinginan sekitar -4 oC dan suhu beku sekitar -18 oC). Berikut adalah suhu yang lebih terperinci yang harus dipertahankan untuk beberapa jenis makanan beku:

-> Untuk menyimpan daging, gunakan suhu lemari es minimal 2 oC sehingga bisa bertahan hingga 9 bulan. Hanya saja setiap potongan daging harus dibungkus dulu dengan kertas minyak, dimasukkan ke dalam wadah yang tertutup rapat, kemudian dimasukkan ke dalam lemari es.

-> Untuk ikan, makanan cepat saji, atau jenis makanan laut lainnya, dapat disimpan selama 3 hingga 6 bulan (tergantung pada jenis ikan, misalnya salmon dan tuna hingga 3 bulan, ikan cod hingga 6 bulan) jika disimpan pada -1 oC dengan lebih banyak yang pertama kali dibungkus plastik atau aluminium foil.

-> Untuk roti, hindari menyimpannya di freezer, hanya di pintu kulkas yang sebelumnya dibungkus plastik, kemudian aluminium foil sehingga daya tahannya mencapai 6 bulan dan tetap dalam kondisi baik.

-> Untuk es krim, akan aman jika disimpan di ruang freezer, tetapi pertama-tama dibungkus dengan permukaan es krim yang telah dibuka dengan plastik. Ini untuk menghindari kristalisasi pada permukaan es krim.

Gunakan wadah kedap udara, seperti kantong plastik, kotak plastik, atau kertas plastik, untuk menyimpan makanan beku di ruang beku. Oleh karena itu, wadah kedap udara akan menjaga makanan agar tidak teroksidasi selama penyimpanan.
Bersihkan lemari es secara teratur.

Rekomendasi Kualitas Makanan Beku
Dari sekian banyak jenis makanan beku, yang paling rentan terhadap produk palsu adalah makanan cepat saji. Salah dalam memilih jenis makanan beku yang satu ini, bisa berakibat fatal bagi kesehatan.

Ironisnya, ini justru makanan yang paling populer di antara jenis makanan beku lainnya karena kepraktisan dan kelezatannya. Nah, bagaimana mungkin Anda tidak salah ketika membeli makanan beku, berikut adalah tips yang harus diperhatikan:

  1. Pertimbangkan produsen yang memproduksi makanan beku. Pastikan pabrikan benar-benar tepercaya dan memiliki izin resmi dari BPOM.
  2. Perhatikan tanggal kedaluwarsa pada kemasan. Pilih salah satu yang masih ketinggalan zaman.
  3. Perhatikan bentuk, warna, dan struktur makanan beku. Pastikan semuanya segar dan tidak ada tanda-tanda aneh dalam hal warna, aroma atau struktur.
  4. Perhatikan kemasan produk makanan beku, masih dalam kondisi baik atau rusak (berair, berlendir, sobek, dll.).
  5. Beli produk makanan beku di akhir belanja agar waktu untuk meninggalkan toko pendingin ke kulkas rumah Anda tidak lama, sehingga kualitas produk tetap terjaga dengan baik.


Nah, salah satu produk makanan beku, terutama makanan cepat saji, yang sangat direkomendasikan adalah produk Ardena. Merek ini secara khusus menyediakan berbagai jenis makanan cepat saji berkualitas tinggi, terutama makanan laut, yang diproduksi oleh PT Ardena Artha Mulia.

Mengapa merek ini sangat direkomendasikan? Karena, tidak hanya berkualitas, makanan beku yang diproduksi juga dijamin sehat, enak, bergizi, dan tentu saja mudah disajikan. Bahan baku yang digunakan juga segar dan bebas dari bahan pengawet atau bahan kimia berbahaya lainnya.

Selain itu, Ardena diproduksi oleh tim yang berpengalaman dan tentu saja ahli di bidangnya. Ditambah lagi, peralatan yang digunakan untuk menghasilkan semua produknya memiliki standar teknologi tinggi.

Adapun masalah harga, kita tidak perlu khawatir. Harga produk makanan beku dari Ardena sangat terjangkau untuk semua orang. Nah, bagi Anda penggemar makanan beku, terutama makanan cepat saji, silakan coba produk Ardena.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar