--> Skip to main content

Pengertian Proposal : Tujuan, Fungsi, Jenis, Bentuk, Unsur, Contoh Proposal

Apa itu proposal? Pengertian Proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk draf kegiatan dalam bentuk tertulis dan dijelaskan secara sistematis dan terperinci. Proposal umumnya digunakan sebagai pedoman kerja atau referensi dalam pelaksanaan kegiatan yang direncanakan.

Secara etimologis kata proposal berasal dari bahasa Inggris, yaitu Propose yang berarti pengajuan / pengajuan atau aplikasi. Satu pihak memberikan proposal untuk menawarkan ide, ide, atau rencana ke pihak lain untuk mendapat dukungan. Dukungan bisa dalam bentuk izin, persetujuan, dana, dan lainnya.

Daftar isi
Pengertian Proposal
Pengertian Proposal Menurut Para Ahli
1. Hasnun Anwar
2. Jay
3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Tujuan Proposal
Fungsi Proposal
Jenis-Jenis Proposal
1. Proposal Kegiatan
2. Proposal Bisnis
3. Proposal Penelitian
4. Proposal Proyek

Bentuk-Bentuk Proposal
1. Proposal Formal
2. Proposal Semi Formal
3. Proposal Non Formal

Unsur-Unsur Proposal
Contoh Proposal Kegiatan
1. Surat Pengantar Proposal
2. Kata Pengantar/ Muqoddimah
3. Sub Judul Proposal
4. Penutup
5. Lampiran
Pengertian Proposal Menurut Para Ahli


Pengertian Proposal Menurut Para Ahli


Untuk memudahkan kita memahami apa arti proposal, kita bisa merujuk pada pendapat beberapa pakar. Berikut ini adalah definisi proposal menurut para ahli:

1. Hasnun Anwar
Menurut Hasnun Anwar, gagasan proposal adalah rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu.

2. Jay
Menurut Jay, memahami proposal adalah alat manajemen standar sehingga manajemen organisasi dapat berfungsi secara efektif dan efisien.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Menurut KBBI, pengertian proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rencana kerja, perencanaan sistematis, menyeluruh dan menyeluruh yang dibuat oleh peneliti sebelum melakukan penelitian, baik penelitian di lapangan (field research) maupun penelitian di perpustakaan (library research).

Tujuan Proposal

Secara umum, tujuan membuat proposal adalah untuk mendapatkan izin atau persetujuan dari suatu pihak mengenai rencana atau desain yang akan dilakukan. Selain itu, proposal juga sering dibuat untuk permintaan pendanaan / sponsor melalui kolaborasi dengan pihak lain.

Selain penjelasan tentang detail kegiatan yang akan dilakukan, umumnya dalam proposal juga berisi dana yang akan dibutuhkan dalam pelaksanaannya. Jadi, secara keseluruhan isi proposal harus dipahami oleh pihak lain yang menginginkan izin / persetujuan atau pendanaan.

Fungsi Proposal

Proposal yang dibuat tentu saja ada fungsi dan tujuannya, baik bagi pihak yang membuat proposal maupun bagi yang menerima proposal. Berikut adalah beberapa fungsi dari proposal:

  1. Di bidang penelitian umum, proposal berfungsi sebagai dasar untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan sosial, budaya, agama, ekonomi, dan bidang lainnya.
  2. Di bidang bisnis atau bisnis, proposal berfungsi sebagai gambaran dan proyeksi dalam membangun bisnis.
  3. Proposal berfungsi untuk memberikan informasi terperinci tentang suatu kegiatan saat mengajukan permohonan dana untuk pelaksanaan kegiatan, seperti perayaan, seminar, pelatihan, dan lainnya.
  4. Dalam sebuah proyek, proposal berfungsi sebagai dasar untuk melakukan tender, baik dari lembaga pemerintah dan swasta.


Jenis-Jenis Proposal

Secara umum, proposal dapat dibagi menjadi empat jenis. Mengacu pada definisi proposal di atas, berikut adalah beberapa jenis proposal:

1. Proposal Kegiatan
Ini adalah proposal untuk suatu kegiatan. Isi proposal kegiatan adalah penyerahan rencana kegiatan, baik individu maupun kelompok, misalnya seni dan budaya.

Seringkali proposal untuk kegiatan ini adalah pada saat yang sama untuk mengajukan permintaan dana dari pihak tertentu. Dan sebagai kompensasi, kegiatan pengorganisasian akan menawarkan sesuatu yang bermanfaat bagi donor, seperti ruang iklan.

2. Proposal Bisnis
Ini adalah proposal yang terkait dengan dunia bisnis, baik individu maupun kelompok. Contohnya adalah proposal untuk pendirian bisnis, proposal untuk kerjasama antara perusahaan, dan lainnya.

3. Proposal Penelitian
Proposal jenis ini umumnya digunakan di bidang akademik. Misalnya proposal penelitian untuk membuat skripsi, skripsi, dan lain-lain. Proposal ini dibuat sebagai pengajuan kegiatan penelitian.

4. Proposal Proyek
Jenis proposal ini umumnya digunakan dalam dunia bisnis di mana isi proposal adalah tentang serangkaian kegiatan yang direncanakan. Contohnya adalah proposal proyek pengembangan.

Bentuk-Bentuk Proposal

Berdasarkan formulir, proposal dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

1. Proposal Resmi
Proposal formal biasanya dilengkapi dengan tiga bagian utama:

  • Pendahuluan (sampul, halaman judul, kata pengantar, ringkasan, daftar isi, lembar afirmasi)
  • Konten proposal (latar belakang, batasan masalah, tujuan, ruang lingkup, komposisi komite, waktu, biaya)
  • Data pelengkap untuk proposal (lampiran, tabel, daftar pusaka, dll.)


2. Proposal Semi-formal
Proposal semi formal umumnya tidak selengkap proposal formal tetapi masih standar. Dalam proposal semi formal biasanya ada informasi tentang masalah, saran, solusi, dan permintaan.

3. Proposal Nonformal
Proposal non-formal biasanya hampir sama dengan proposal semi formal dan diajukan dalam bentuk surat atau memorandum. Dalam proposal informal ada juga beberapa hal seperti masalah, saran, solusi, dan permintaan.

Unsur-Unsur Proposal

Dalam setiap proposal biasanya ada beberapa elemen penting yang isinya tergantung pada jenis proposal yang dibuat. Elemen-elemen dalam proposal bisnis tentu tidak akan sama dengan elemen-elemen dalam proposal penelitian.

Misalnya, berikut adalah beberapa elemen dalam proposal penelitian:

  1. Latar Belakang
  2. Perumusan masalah
  3. Tujuan penelitian
  4. Hipotesa
  5. Asumsi Penelitian
  6. Manfaat Penelitian
  7. Ruang lingkup penelitian
  8. Tinjauan Literatur
  9. Definisi operasional


Demikian penjelasan singkat tentang definisi proposal, tujuan, fungsi, elemen, dan contoh proposal. Semoga artikel ini bermanfaat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar