--> Skip to main content

Pengertian Internet Marketing: Manfaat dan Kelebihan Pemasaran Online

Apa Itu Internet Marketing: Pengertian, Manfaat dan Kelebihan Pemasaran Online. Mungkin selama ini pemahaman kita tentang pemasaran internet hanya berjualan melalui internet. Sebenarnya tidak salah juga karena kalau dilihat dari definisinya, pemasaran internet adalah pemasaran online melalui internet. Namun, jika kita telah berbicara tentang pemasaran, itu berarti tidak hanya penjualan tetapi juga mencakup promosi, iklan, branding, dan layanan pelanggan yang dilakukan secara online.

Lalu, apa gunanya kita melakukan pemasaran internet? Tentu saja, setiap pengusaha ingin meningkatkan hasil penjualan mereka atau ingin membuat merek mereka lebih terkenal. Nah, internet adalah salah satu media yang sangat baik untuk memberikan informasi kepada pengguna internet tentang bisnis mereka, dan juga sebagai media untuk menjual produk yang mereka miliki.

Agar lebih mudah bagi kita untuk memahami apa itu internet marketing, saya akan mencoba menjelaskannya dengan cara yang lebih sederhana dan memberikan beberapa contoh bentuk pemasaran internet yang biasa dilakukan oleh para internet marketer.

Pengertian Internet Marketing: Manfaat dan Kelebihan Pemasaran Online


Daftar Isi
Pengertian Internet Marketing

A. Internet Marketing Untuk Sumber Penghasilan (Source of Income)
1. PPC (Pay Per Click)
2. PPS (Pay Per Sale)
3. PPL (Pay Per Lead)
4. Menjual Produk Sendiri atau Produk Orang Lain
5. Pelelangan (Online Auction)

B. Internet Marketing Untuk Promosi Online (Traffic Generation)
1. SEO (Search Engine Optimization)
3. SEM (Search Engine Marketing)
4. Email Marketing
5. Mobile Advertising
6. Social Media Marketing
Kelebihan Internet Marketing

Bentuk pemasaran internet dapat dibagi menjadi 2 bagian, yaitu sebagai sumber pendapatan, dan cara berpromosi. Pada dasarnya apa yang dilakukan dalam pemasaran online sebenarnya hanya dua, tetapi ada sangat banyak jenis bisnis. Berikut ini adalah penjelasan sederhana tentang pemasaran internet:

Pengertian Internet Marketing

Sebenarnya, apa itu internet marketing (pemasaran online)? Secara umum, pengertian internet marketing adalah bentuk pemasaran yang dilakukan melalui atau menggunakan media internet atau secara online.

A. Internet Marketing Untuk Sumber Penghasilan (Source of Income)

Saat ini, internet telah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat perkotaan. Lihatlah ke sekeliling Anda, hampir semua orang sudah memiliki smartphone, bahkan tukang siomay sudah memiliki Aplikasi WhatsApp di smartphone-nya sehingga ia dapat langsung mempromosikan barang dagangannya kepada pelanggan.

Pemasaran online sebagai sumber pendapatan dapat dilakukan dengan beberapa jenis bisnis, termasuk PPC (Pay Per Click), PPS (Pay Per Sale), PPL (Pay Per Lead), menjual produk Anda sendiri (barang dan jasa), dan sebagainya sebagainya. Penjelasan berikut:

1. PPC (Pay Per Click)
Program PPC (Pay Per Click) diikuti secara luas oleh pemilik situs web / blog untuk mendapatkan penghasilan dari properti online mereka, misalnya Artikel Blog, saluran YouTube, Forum Online, Portal Berita, dan lainnya. Penghasilan yang diperoleh dari program PPC ini berasal dari kunjungan dan juga klik yang dilakukan oleh pengunjung ke iklan di situs.

Penerbit atau pemilik situs akan dibayar per klik yang dilakukan oleh pengunjung ke situs, di mana harga per klik telah ditentukan sebelumnya oleh Pengiklan / pengiklan. Jumlah penghasilan tergantung pada jumlah klik iklan dan juga harga tawaran klik oleh pengiklan.

Program PPC ini adalah salah satu model bisnis online paling menjanjikan. Beberapa perusahaan yang menawarkan program PPC meliputi:

  • Google Adsense
  • Bidvertiser
  • Chitika
  • Infolinks
  • Kumpulkan Blogger
  • Sitti
  • ID Jaringan Blog
  • AdsenseCamp
  • Klik saya
  • Dan lain-lain


2. PPS (Pay Per Sale)
Dari namanya saja kita mungkin bisa mengerti tentang program ini. Kami akan dibayar setiap kali produk dibeli dari tautan afiliasi kami. Jumlah pendapatan tergantung pada jumlah barang yang dijual, dan juga tingkat komisi pemilik barang.

Perusahaan yang menawarkan program PPS meliputi:

  • Amazon.com
  • Clickbank.com
  • Dan lain-lain


3. PPL (Pay Per Lead)
Ini adalah program afiliasi di mana penjual / vendor akan memberikan komisi setiap kali kami berhasil mengirim lead ke penjual / vendor. Misalnya, kami mengarahkan pengguna internet untuk mendaftar di buletin email, uji coba gratis, atau mengisi formulir, melalui tautan afiliasi kami. Salah satu perusahaan yang menawarkan program PPL adalah MaxBounty.com.

4. Jual Produk Anda Sendiri atau Produk Lain
Saat ini, menjual sesuatu melalui internet bukanlah sesuatu yang luar biasa. Kita bisa menjual apa saja melalui internet, baik barang maupun jasa. Selain itu, bisnis offline kami juga bisa dipasarkan melalui internet, lho. Misalnya kita punya bisnis menjual bawang goreng, cukup jual melalui internet, pasti ada yang beli :)

Selain menjual produk kami sendiri, kami juga bisa mendapatkan penghasilan dengan menjual produk orang lain, baik produk fisik maupun produk digital. Salah satu proses pemasaran internet dengan menjual produk orang lain adalah dengan menjadi reseller atau dropshipper produk orang lain. Demikian juga dengan produk digital, kita bisa menjadi pemasar afiliasi untuk produk yang dijual orang lain.

5. Lelang (Lelang Online)
Di internet ada juga tempat untuk menjual sesuatu milik kita atau milik orang lain yang kita bantu jual, dengan cara dilelang. Tentu ini bisa menguntungkan karena kita bisa menjual barang kita kepada orang yang menawar dengan harga tertinggi.

Perusahaan terkenal yang menyediakan fasilitas lelang online:

eBay.com
Flippa.com
Dan lain-lain

B. Internet Marketing Untuk Promosi Online (Traffic Generation)

Seperti yang disebutkan di awal artikel, promosi online adalah bentuk pemasaran online. Apa pun produk atau bisnis yang ingin Anda promosikan, internet adalah salah satu media paling efektif untuk membangun merek dan membuat situs web bisnis kami dikenal oleh banyak orang.

Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis melalui media internet, termasuk melalui SEO (Search Engine Optimization), melalui iklan PPC (Iklan PPC), Pemasaran Email, Iklan Seluler, dan Pemasaran Media Sosial.

1. SEO (Optimasi Mesin Pencari)
SEO adalah bentuk promosi online yang sangat saya sukai karena gratis. Namun, SEO membutuhkan keahlian khusus, membutuhkan proses yang tidak singkat. Bahkan, SEO seringkali membutuhkan biaya untuk mengoptimalkan.

Itu sebabnya ada banyak pemilik situs web yang rela mengeluarkan uang untuk menyewa layanan SEO agar situs bisnis mereka masuk dalam halaman utama hasil pencarian mesin pencari.

3. SEM (Pemasaran Mesin Pencari)
Berbeda dengan SEO, pemasaran mesin pencari adalah iklan PPC (bayar per klik) yang muncul di halaman hasil pencarian situs mesin pencari. Di Indonesia, Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di internet.

Untuk kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna internet, kita akan melihat iklan di bagian atas, kanan, dan bawah hasil pencarian kata kunci. Banyak pakar pemasaran internet mengatakan bahwa Iklan Google adalah metode pemasaran yang sangat tinggi karena halaman situs web kami memiliki peluang besar untuk mendapatkan pelanggan potensial dari mesin pencari.

Dalam hal ini kami sebagai pengiklan harus mengeluarkan uang agar iklan kami muncul di mesin pencari. Tentu saja kita bisa menyesuaikan harga iklan sesuai dengan anggaran yang ada.

4. Pemasaran Email
Seperti namanya, pemasaran email adalah proses pemasaran suatu produk atau layanan menggunakan email sebagai alat. Pemasaran email juga dari berbagai jenis, ada email langsung, retensi email, dan beriklan di email orang lain. Pemasaran melalui email biasanya sangat efektif karena promosi atau surat penjualan dapat dikirim langsung ke pemilik akun email.

Catatan penting untuk diingat adalah bahwa kita tidak dapat melakukan SPAM karena akan mengganggu orang lain, dan tentu saja itu akan merugikan kita karena pemilik email dapat berhenti berlangganan atau memasukkan email kita ke dalam daftar SPAMMER.

5. Iklan Seluler
Iklan seluler adalah layanan iklan melalui aplikasi seluler. Seperti kita ketahui, pengguna smartphone sekarang sangat jamak, dan biasanya ponsel mereka dibawa kemana-mana. Inilah yang membuat iklan seluler sangat efektif untuk media promosi bisnis. Beberapa model iklan seluler melalui SMS, Iklan Spanduk, Game, dan lainnya.

6. Pemasaran Media Sosial
Mirip dengan SEO, promosi online menggunakan media sosial dapat dilakukan secara gratis. Tapi ini tidak semudah yang dibayangkan kebanyakan orang karena melibatkan banyak faktor, baik dari pengguna media sosial dan dari media sosial mereka sendiri.

Seperti kita ketahui, pengguna situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, dan YouTube, sudah sangat banyak. Dan ini adalah media promosi yang sangat efektif untuk memasarkan produk apa pun melalui internet.

Media sosial juga memiliki fitur iklan yang sangat banyak digunakan oleh internet marketer untuk mendapatkan traffic dan penjualan. Beberapa dari mereka yang populer sekarang adalah:

  • Iklan Facebook
  • Iklan Twitter
  • Iklan Instagram
  • Iklan YouTube
  • Dan seterusnya


Kelebihan Internet Marketing

Pemasaran online memiliki beberapa manfaat dan kelebihan dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Mengacu pada pengertian pemasaran internet di atas, berikut adalah beberapa keunggulan pemasaran online:

  1. Pemasaran online dapat dilakukan 24 jam non-stop.
  2. Jangkauan pasar sangat luas karena kita dapat menjangkau berbagai kota, provinsi, dan bahkan negara lain (global) ketika memasarkan suatu produk melalui internet.
  3. Biaya pemasaran online cenderung lebih efisien dibandingkan dengan pemasaran konvensional.
  4. Dengan pemasaran internet, risiko kerugian cenderung lebih kecil daripada pemasaran konvensional.
  5. Kami dapat melacak dan mengukur data respons konsumen dalam kegiatan pemasaran.
  6. Dapat memasarkan produk ke banyak orang sekaligus secara pribadi tanpa menyita waktu.
  7. Dan masih banyak keunggulan lainnya.


Demikian sedikit penjelasan singkat tentang apa itu internet marketing, dan media apa yang bisa digunakan untuk pemasaran online. Memang ada banyak cara untuk melakukan pemasaran internet, tetapi kita tidak perlu melakukan itu semua karena tidak semua metode pemasaran dapat berhasil dilakukan. Pilih beberapa yang paling efektif dan cocok untuk menghasilkan uang secara online atau memasarkan produk / layanan yang ingin Anda promosikan.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar