Skip to main content

Pembahasan Tentang Multikulturalisme Dalam Ayat-Ayat Alkitab

Ayat-Ayat Alkitab Tentang Multikulturalisme. Indonesia telah diberkati oleh Allah dengan keberanian sendiri. Dari Sabang hingga Merauke, dihuni oleh masyarakat dengan suku, agama, dan ras yang berbeda. Keragaman ini menuntut masyarakat Indonesia untuk bersikap toleran. Sikap toleransi tidak hanya dibutuhkan oleh manusia di Indonesia, tetapi juga oleh manusia di seluruh dunia. 

Penciptaan manusia tidak sendirian. Allah telah menciptakan manusia lain sebagai penolong.  "Hal ini tidak baik jika manusia sendirian, aku akan membuat penolong baginya yang Worth HIM. " (Kej. 2:18). Oleh karena itu, multikulturalisme sangat penting dalam kehidupan kemasyarakatan.
Ayat-Ayat Alkitab Tentang Multikulturalisme

Mengutip dari kamus besar bahasa Indonesia, multikulturalisme berarti gejala pada seseorang atau masyarakat yang ditandai dengan kebiasaan menggunakan lebih dari satu budaya. Sebagai bimbingan Kristen dalam menjalani kehidupan, Alkitab berisi seperangkat aturan seperti larangan poligami dalam Injil, ayat Alkitab tentang Moneybooks, ayat Alkitab tentang larangan pembunuhan, ayat Alkitab tentang pencuri dan tidak terkecuali ayat Alkitab tentang Multikulturalisme. Apakah beberapa ayat Alkitab tentang multikulturalisme? Berikut adalah penjelasan.

  1. Lukas 13:21 : Ia seumpama ragi yang diambil seorang perempuan dan diadukkan ke dalam tepung terigu tiga sukat sampai khamir seluruhnya.
  2. Matius 13:33 : Dan Ia menceritakan perumpamaan ini juga kepada mereka: “Hal Kerajaan Sorga itu seumpama ragi yang diambil seorang perempuan dan diadukkan ke dalam tepung terigu tiga sukat sampai khamir seluruhnya.
  3. 3 Nefi 11:28-30 : Dan menurut seperti yang telah Aku perintahkan kepadamu demikianlah kamu akan membaptis. Dan tidak akan ada perbantahan di antara kamu, seperti yang telah ada hingga kini; tidak juga akan ada perbantahan di antara kamu mengenai pokok-pokok ajaran-Ku, seperti yang telah ada hingga kini. Karena sesungguhnya, sesungguhnya Aku berfirman kepadamu, dia yang memiliki semangat perselisihan bukanlah dari-Ku, tetapi dari iblis, yang adalah bapa perselisihan, dan dia menghasut hati manusia untuk berselisih dengan amarah, satu sama lain. Lihatlah, ini bukanlah ajaran-Ku, untuk menghasut hati manusia dengan amarah, satu terhadap yang lain; tetapi inilah ajaran-Ku, bahwa hal-hal seperti itu hendaklah diakhiri.
  4. Amsal 29:8 : Pencemooh mengacaukan kota, tetapi orang bijak meredakan amarah.
  5. Roma 14:19 : Sebab itu marilah kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun.
  6. Yohanes 13:34 : Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.
  7. Yohanes 15:12 : Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu.
  8. Yohanes 15:17 : Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain.
  9. Matius 22:39 : Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
  10. Matius 5:44 : Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.
  11. Yohanes 17:14-15 : Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat.


Itu adalah penjelasan ayat Alkitab tentang multikulturalisme. Memang, orang Kristen mendukung perselisihan damai dan menentang. Perbedaannya bukanlah alasan bagi kita untuk membenci orang lain.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar