--> Skip to main content

10+ Peluang Usaha Online Tanpa Modal yang Menjanjikan di Masa Depan

Seiring dengan peningkatan pesat dalam pengguna internet dan juga pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini, perkembangan bisnis di Indonesia juga tampaknya mengalami peningkatan yang cepat. Pertumbuhan bisnis ini terlihat sangat mencolok di bidang bisnis online dan juga bisnis offline online.

Selain e-commerce (jual beli melalui internet), bisnis online juga mengalami pertumbuhan pesat dalam teknologi informasi (TI). Media informasi yang dulunya melalui surat kabar konvensional sekarang menjadi surat kabar online seperti; Tempo.co, Detik.com, TribunNews.com, Republika.co.id, Kompas.com, dan banyak lainnya.

Bisnis internet juga kebanyakan dijalankan oleh mereka yang memiliki keterampilan di bidang tertentu dan ingin menghasilkan uang dari keterampilan ini. Singkatnya, berbagai peluang bisnis online di tahun-tahun mendatang akan semakin terbuka lebar dan dapat dilakukan oleh orang-orang yang ingin melakukan bisnis.

Siapa yang Bisa Menjalankan Bisnis Online?

Daftar Isi
Siapa yang Bisa Menjalankan Bisnis Online?
1. Bisnis Internet Menjual Produk Orang Lain
2. Bisnis Online Menjual Jasa Menulis Artikel/ Membuat Konten Website
3. Usaha Online Menjual Jasa Pembuatan Website/ Blog
4. Berbisnis Internet Menjadi Makelar Online
5. Menjual Jasa Konsultasi di Bidang Tertentu Secara Online
6. Berbisnis MLM Secara Online
7. Menjadi Blogger Profesional
8. Bisnis Offline Go Online

Pengertian bisnis online adalah bisnis yang dijalankan secara online, hanya dapat dijalankan jika ada koneksi internet dan perangkat komputer / seluler. Jadi, setiap orang yang ingin menjalankan bisnis online harus memiliki koneksi internet dan komputer / perangkat seluler.
Peluang Usaha Online Tanpa Modal

Bisnis internet dapat dilakukan oleh siapa saja, apa pun profesi Anda saat ini. Bahkan mereka yang masih buta teknologi (gagap teknologi) dapat belajar bisnis online dan berhasil jika mereka serius menjalankannya.

Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya, adakah bisnis online yang bisa menguntungkan dalam jangka panjang? Berdasarkan pengalaman saya dan juga informasi yang saya temukan tentang bisnis internet, berikut adalah beberapa peluang bisnis online yang menjanjikan dengan modal kecil, dan semakin lezat bisnis ini yang bisa kita lakukan dari rumah.

1. Bisnis Internet Menjual Produk Orang Lain

Menurut pendapat saya, bisnis yang satu ini adalah salah satu jenis bisnis online yang paling menguntungkan saat ini. Alasannya, banyak konsumen di Indonesia sudah mulai beralih ke online, dan menjalankan bisnis internet tidak perlu modal besar, lho, bahkan hampir tanpa modal.

Keuntungan menjual produk orang lain (reseller / dropshiper / afiliasi) adalah kita tidak perlu khawatir tentang pengadaan barang yang akan dijual dan juga proses pengiriman. Ada banyak toko online yang menawarkan program ini, tentu saja kita juga harus mempelajari sejarah transaksi toko online tersebut. Pastikan Anda bekerja dengan orang-orang yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya.

Toko online yang menawarkan program pengecer dan dropship biasanya bersedia mengirim barang ke pembeli di mana dalam paket nama atau toko online kami adalah pengirim. Sehingga kami tidak akan kehilangan pembeli jika ingin melakukan pembelian nanti. Produk yang dijual oleh reseller / dropship biasanya berbentuk barang.

Selain menjual produk fisik, kita dapat menjual produk orang lain dalam bentuk digital seperti ebook, video, dan keanggotaan. Biasanya program ini disebut afiliasi di mana kami mendapat komisi persentase dari total harga produk digital yang kami jual melalui tautan afiliasi kami.

Anda dapat menemukan berbagai produk yang dapat dijual di situs pasar berikut:

  • Dropshipaja.com (produk fisik / dropship)
  • Supplier.id (produk fisik / dropship)
  • Cakning.com (produk fisik / dropship)
  • Ratakan.com (produk digital / afiliasi)
  • Idaff.com (produk digital / afiliasi)
  • Tokopedia.com (produk fisik / dropship)
  • Bukalapak.com (produk fisik / dropship)


2. Bisnis Online yang Menjual Layanan Penulisan Artikel / Membuat Konten Situs Web
Menjual layanan penulisan adalah salah satu jenis bisnis online terlaris di Indonesia saat ini. Alasannya, karena saat ini banyak blog / situs media bermunculan dan mengharuskan penulis untuk mengisi konten situs web.

Konten situs web dapat dalam bentuk teks, gambar, dan video. Tetapi sebagian besar konten situs web yang saya lihat menggunakan teks atau artikel rata-rata. Jika Anda atau orang-orang di sekitar Anda memiliki kemampuan untuk menulis artikel, membuat video, dan gambar, maka ini adalah peluang bisnis online yang harus Anda jalankan.

Selain konten dalam bentuk teks, konten video dan gambar logo juga cukup banyak yang membutuhkan. Salah satu konten video dan gambar yang sering dicari adalah membuat pemasaran video dan juga gambar logo yang terkait dengan bisnis yang akan dipasarkan.

Ada banyak pemilik situs web atau pemilik bisnis yang tidak punya waktu atau tidak memiliki keterampilan yang baik dalam membuat konten, logo, dan video untuk situs web dan bisnis mereka. Jika Anda serius membangun bisnis online dalam bisnis layanan penulisan artikel situs web, mereka adalah target pasar ideal Anda.

Bagaimana Anda menemukan calon klien? Anda dapat menemukannya di beberapa situs ini:

  1. Sribulancer.com
  2. Projects.co.id
  3. Sribu.com


3. Bisnis Online yang Menjual Layanan Pembuatan Website / Blog

Bisnis online ini sangat cocok untuk seseorang yang memiliki kemampuan membangun situs web atau blog. Kita tidak perlu memiliki keahlian yang hebat dalam menyusun kode situs web dari awal karena sebenarnya ada banyak cara yang cukup mudah untuk membangun situs web / blog yang bagus.

Salah satu platform yang sangat mudah dipelajari dan diimplementasikan dalam membangun situs web / blog adalah WordPress. Di WordPress, ada banyak tema / templat yang siap digunakan dan unik, baik gratis maupun berbayar dengan penampilan profesional.

Pada awalnya Anda mungkin merasa kurang mampu menjalankan bisnis ini, tetapi jika Anda terbiasa membuat situs web / blog yang bagus, tentu saja calon pembeli Anda tidak akan berpikir lama untuk menyewa layanan Anda. Dan kita perlu mempertimbangkan sebelum menjual layanan ini, kita juga harus memiliki situs web bisnis dengan penampilan yang meyakinkan.

Bagaimana Anda menemukan calon klien? Anda dapat menemukannya di situs pasar berikut:

  • Sribulancer.com
  • Projects.co.id

Untuk dapat menjalankan bisnis ini dengan benar, tentu saja Anda harus memiliki domain berkualitas dan mitra hosting. Untuk layanan ini, saya sarankan Niagahoster.

4. Melakukan Bisnis Internet Menjadi Pialang Online

Bisnis ini cukup banyak dilakukan oleh bisnis online. Pialang adalah orang atau perusahaan yang tugasnya adalah mempertemukan penjual produk / jasa dengan calon pembeli. Tentu saja, untuk menjadi broker, kita harus memiliki jaringan dan kenalan yang cukup luas.

Dalam bisnis online, kepercayaan dari pelanggan potensial adalah sesuatu yang sangat penting. Karena itu, kita harus mempelajari latar belakang orang yang ingin kita temui, baik penjual maupun calon pembeli.

Beberapa bisnis yang menggunakan layanan broker online termasuk; menjual situs web, menjual properti, menjual layanan, dan sebagainya. Hal lain yang perlu kita pertimbangkan sebagai broker online adalah dalam hal menentukan harga produk / layanan yang Anda berikan.

Sebaiknya jangan mengambil terlalu banyak laba dan juga tidak terlalu kecil karena itu melibatkan keuntungan Anda dan juga kepercayaan klien Anda. Anda dapat menemukan berbagai produk yang dapat dijual kembali di situs pasar berikut:

  • Ciptaloka.com (menjual kaos + desain)
  • Rumah123.com (properti jual beli)
  • Olx.co.id (membeli dan menjual berbagai produk)
  • Carmudi.co.id (jual beli mobil)


5. Menjual Layanan Konsultasi di Wilayah Tertentu Online

Bisnis ini sangat cocok jika Anda memiliki keterampilan atau keahlian yang sangat baik dalam bidang tertentu. Dalam arti bahwa Anda adalah seorang ahli di bidang di mana Anda berada.

Beberapa contoh untuk area bisnis ini adalah konsultasi SEO (optimasi mesin pencari) sebuah situs web, konsultasi pengembangan bisnis, konsultasi roman, konsultasi pengobatan tradisional, konsultasi kesehatan, dan lain-lain.

Di masa lalu, bisnis jasa konsultasi dijalankan secara offline. Namun, sekarang bisnis di bidang jasa konsultasi sangat luas kita temukan di internet. Jadi, jika Anda memiliki keterampilan atau keahlian di bidang tertentu maka keahlian itu bisa menjadi bisnis yang menguntungkan jika dipasarkan secara online.

6. Melakukan Bisnis Online MLM

Banyak orang yang memiliki pandangan miring tentang bisnis MLM, dan akan buru-buru ditutup jika seseorang menawarkan bisnis MLM kepada mereka. Padahal, bisnis ini memiliki potensi dan memberi manfaat besar bagi banyak orang.

Sebenarnya ada banyak contoh bisnis MLM yang menjalankan online menghasilkan keuntungan jangka panjang. Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua bisnis MLM memiliki potensi manfaat bagi pelakunya.

Bisnis MLM online ABE Network dan Oriflame adalah contoh bisnis MLM skala besar yang dijalankan secara online. Keberhasilan bisnis MLM online adalah karena produknya bagus dan banyak digunakan oleh masyarakat. Selain itu, rencana bisnis yang ditawarkan oleh bisnis ini sangat bermanfaat bagi para anggotanya.

Selain dua bisnis ini, ada beberapa bisnis MLM lain yang memiliki potensi bisnis yang sangat bagus. Tapi saya tidak bisa bicara banyak karena saya belum pernah menjalankannya.

7. Menjadi Blogger Profesional

Kalau model bisnis online yang satu ini pasti hampir semua orang bisa melakukannya. Ada banyak blogger yang memiliki penghasilan fantastis dari blog / situs web yang dibangun. Saya pribadi sangat terinspirasi oleh kisah sukses seorang blogger dari Inggris, di mana awalnya blog WordPress-nya yang berhubungan dengan media sosial akhirnya menjadi situs besar dengan penghasilan mencapai lebih dari empat ratus ribu dolar per bulan.

Jika dikonversi menjadi pendapatan, adalah empat miliar lebih per bulan. Nama situs ini mashable.com, awalnya dibuat dengan CMS WordPress.org tetapi sekarang telah dibangun dengan rubyonrails.org.

Penghasilan dari blog dapat berasal dari program PPC (bayar per klik) Google Adsense, ruang iklan, ulasan produk, dan lainnya. Menjadi seorang blogger tentu bukan hal yang sangat sulit bukan? Saya sendiri pada awalnya tidak terlalu suka menulis dan membuat artikel, bahkan di awal blog ini, hampir 3 bulan blog ini tidak memiliki konten sama sekali hehehe.

Akhirnya saya mencoba, dan tadaaaa ... sekarang artikel saya cukup banyak.

8. Buka Bisnis Online Offline

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, model bisnis offline juga dapat dipasarkan online untuk meningkatkan penjualan dan branding. Ada banyak pengusaha bisnis UKM yang telah berhasil mengembangkan bisnis mereka dan mendapatkan keuntungan berlipat ganda setelah memasarkan bisnis mereka secara online. Tentu saja harus ada bisnis atau produk untuk dijual.

Sebenarnya untuk membuat bisnis offline kita dipasarkan secara online tidak memerlukan modal besar. Untuk memastikan kami akan membutuhkan situs web dan juga media sosial untuk mendukung pemasaran online.

Beberapa contoh bisnis offline menjadi online:

  • Menjual sayuran melalui pasar
  • Render pasar melalui YouTube
  • Menjual makanan ringan melalui Instagram
  • Menjual sepatu melalui Facebook
  • Pasarkan bawang goreng melalui Google Ads
  • Dan lain-lain


Terlepas dari yang disebutkan di atas, tentu masih banyak ide bisnis online yang bisa dijalankan dari rumah. Dalam menjalankan bisnis online, tentu saja kita harus memiliki komputer dan akses internet yang bagus. Untuk media promosi, kita bisa menggunakan media sosial, blog pribadi, media iklan, pemasaran email, dan lainnya.

Sebagai penutup, saya ingin mengatakan bahwa bisnis online harus disertai dengan kemampuan untuk melakukan pemasaran yang efektif. Di bawah ini adalah salah satu contoh pemasaran video. Dalam video tersebut dijelaskan pentingnya pemasaran online untuk meningkatkan keuntungan merek dan bisnis.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar