--> Skip to main content

1001 Peluang Usaha Bisnis Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil dari Rumah

Peluang Usaha Bisnis Modal Kecil yang Menguntungkan dari Rumah. Sekarang ada berbagai peluang bisnis baru yang bermunculan dan melahirkan banyak pengusaha baru di Indonesia. Tidak hanya pengusaha besar tetapi juga pengusaha kecil dan menengah, bahkan usaha kecil dan menengah saat ini mengalami pertumbuhan yang cepat. Munculnya berbagai peluang bisnis dengan modal kecil membuat orang berusaha membangun bisnis sendiri.

Cukup banyak pengusaha kecil dan menengah tidak hanya membuka toko fisik, tetapi toko virtual di internet yang dapat menjangkau lebih banyak orang. Bahkan beberapa pengusaha online yang saya kenal memiliki penghasilan yang fantastis.

Ada beberapa calon wirausahawan yang memutuskan untuk mundur ketika mereka menghadapi hambatan ketika memulai bisnis, meskipun peluang bisnis yang menjanjikan sudah di depan mata. Masalah klasik yang sering kita dengar adalah kurangnya modal awal untuk memulai bisnis mereka.

Solusinya adalah memilih peluang bisnis dengan modal kecil yang telah terbukti menguntungkan

Daftar Isi
Memilih Peluang Usaha dengan Modal Kecil
A. Peluang Usaha Offline Dari Rumah
1. Membuka Usaha Jasa Menjahit
2. Menjalankan Bisnis Kuliner
3. Bisnis Menjual Pulsa Elektrik
4. Peluang Usaha Membuka Les Private/ Kursus
5. Membuka Warung atau Toko Sembako
6. Peluang Bisnis Jasa Desain, Editing Foto, dan Percetakan
7. Peluang Usaha Membuka Jasa Laundry
B. Peluang Usaha Bisnis Online Dari Rumah
1. Bisnis Afiliasi (Affiliate Marketing)
2. Bisnis Dengan Membuat Toko Online (Online Shop)
3. Bisnis Online Dengan Membangun Blog/ Website Portal
4. Peluang Usaha Menjadi Penulis Lepas
5. Menjual Jasa Web Developer
6. Bisnis MLM Online
Peluang Usaha Bisnis Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil dari Rumah

Memilih Peluang Usaha dengan Modal Kecil

Jika kita berbicara tentang bisnis modal kecil itu berarti kita masih memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnis. Meskipun jumlahnya terbatas, kami masih harus mengeluarkan uang. Selain itu kita juga harus memiliki modal non-material seperti pengetahuan bisnis yang akan dijalankan (ini bisa dipelajari), kemauan modal & bisnis keras.

Apakah kekurangan modal menjadi penghalang bagi Anda untuk memulai bisnis yang diinginkan? Tentu saja tidak! Manfaatkan berbagai usaha kecil yang menguntungkan yang dapat dijalankan bahkan dengan modal minimal karena sebenarnya ada banyak peluang bisnis modal kecil di sekitar kita.

Berikut ini adalah beberapa contoh peluang bisnis dengan modal kecil yang sering dijalankan oleh pengusaha kecil dan menengah:

A. Peluang Bisnis Offline Dari Rumah
Ada banyak peluang bisnis dengan modal kecil yang bisa dilakukan dari rumah. Kita dapat melakukan semua proses menjalankan bisnis dengan baik tanpa harus menyewa tempat. Meski begitu kita harus mempertimbangkan pasar yang ada di sekitar kita, akankah ada orang yang membutuhkan produk yang kita jual di sana? Berikut ini adalah beberapa bisnis modal kecil yang dapat dilakukan di rumah offline:

1. Buka Bisnis Layanan Menjahit
Banyak orang yang ingin menjahit pakaian mereka dengan model dan ukuran tertentu, terutama mereka yang memiliki tubuh yang agak gemuk atau terlalu kurus.

Nah, mereka tentu selalu mencari layanan penjahit pakaian yang bisa membuat pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh mereka. Peluang bisnis ini sangat cocok untuk orang yang memiliki minat dalam fashion, tentu saja Anda harus memiliki kemampuan menjahit dan mendesain pakaian.

1. Menyesuaikan peluang bisnis layanan
Selain membuat baju baru, layanan menjahit seringkali juga dibutuhkan oleh mereka yang ingin mengecilkan pakaian yang terlalu besar, atau hanya memasang atribut tertentu pada pakaian mereka. Seperti kita ketahui, banyak orang membeli pakaian (baju / celana) yang modelnya sedang kena, tetapi ketika mereka membelinya ternyata ukurannya terlalu besar. Sekarang, untuk mengecilkan pakaian, pelanggan pasti akan mencari layanan penjahit yang dapat mengecilkan pakaian.

2. Menjalankan Bisnis Kuliner
Jika Anda memiliki resep makanan unik atau bisa membuat kudapan yang digemari banyak orang, maka Anda harus mempertimbangkan peluang bisnis di bidang kuliner.

Peluang bisnis yang menjanjikan ini sangat cocok bagi mereka yang mencintai dunia kuliner. Tidak sedikit orang yang sukses menjalankan bisnis makanan, bahkan bisnisnya semakin berkembang dan membuka cabang di tempat lain.

Kisah orang-orang sukses dalam bisnis ini dapat dibaca dalam topik bisnis kuliner.

Perhatikan juga bahwa bisnis kuliner adalah salah satu model bisnis yang tidak akan pernah mundur. Mengapa? Karena kuliner atau makanan adalah kebutuhan dasar manusia. Meskipun kami telah menemukan banyak jenis bisnis kuliner, masih akan ada jenis bisnis kuliner lainnya dengan tampilan dan kemasan yang berbeda.

Model bisnis ini juga bisa dijalankan dengan modal yang relatif kecil, lho. Dan jika Anda tidak memiliki keahlian di dunia kuliner tetapi benar-benar ingin memiliki bisnis makanan, maka Anda dapat mempertimbangkan membeli bisnis waralaba makanan dengan modal kecil, misalnya waralaba makanan ringan. Salah satu bisnis waralaba camilan yang bisa Anda pertimbangkan adalah bisnis waralaba goreng karena ada banyak peminat.

3. Bisnis yang Menjual pulsa Listrik

Memulai bisnis menjual kredit sekarang sebenarnya cukup mudah dan murah, dengan hanya modal awal Rp 100.000 - Rp 300.000, kita bisa mulai menjalankan bisnis ini, dapat dilakukan di mana saja dan siapa saja.

Jika Anda adalah seseorang yang aktif dalam jaringan, organisasi di mana terdapat cukup banyak anggota, atau anak-anak perguruan tinggi, maka peluang bisnis penjualan kredit bisa sangat menguntungkan karena Anda dapat menjualnya kepada teman-teman yang ada di jaringan, organisasi, dan kampus.

Namun, untuk menjalankan bisnis pulsa listrik memerlukan keseriusan dan strategi pemasaran yang baik karena persaingan saat ini untuk menjual pulsa listrik cukup ketat. Dan untuk memulai, maka Anda harus mendaftar untuk menjadi agen penjualan kredit listrik di beberapa distributor pulsa listrik, seperti: Pulsa-Online.com, Venuspulsa.com, Istanareload.com, Centerpulsa.com, dan lainnya.

Ada beberapa tip jitu yang dapat dilakukan untuk berhasil menjalankan bisnis pulsa listrik, termasuk:

a. Daftar untuk menjadi agen kredit di distributor tepercaya
b. Jangan mengambil terlalu banyak keuntungan
c. Jangan memberi orang kesempatan untuk menagih
d. Promosi dengan memperhatikan etika, baik melalui media sosial atau media lain
e. Pertahankan memberikan layanan yang baik kepada semua pelanggan

4. Peluang Bisnis Membuka Tutor / Kursus Privat

Menjual keahlian dengan mengajar orang lain, keahlian kami dapat berubah menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan yang Anda ketahui. Jika kita memiliki kemampuan di bidang tertentu, misalnya; keterampilan bermain gitar, keterampilan membuat situs web, desain, Bahasa Inggris, komputer, dll., kami dapat memberikan les privat atau kursus di rumah atau dapat dilakukan di tempat lain tergantung pada kondisinya.

Uniknya, sekarang menjalankan bisnis les privat atau kursus ini bisa dilakukan online melalui internet. Di Indonesia, saat ini cukup banyak startup bisnis yang menyediakan fasilitas untuk kursus privat / kursus online. Salah satu dari banyak startup adalah SekolahPintar.com.

Maka, Sekolahpintar.com menjadi penghubung media antara guru dan siswa yang ingin belajar online. Pokok bahasannya adalah dalam bentuk video yang dapat ditonton langsung oleh siswa. Selain itu, siswa dan guru dapat berinteraksi tanya jawab jika ada materi yang akan dibahas lebih detail.

Nah, bagi Anda yang memiliki pengetahuan atau keahlian khusus, tentu saja ini peluang bisnis yang menjanjikan, bahkan bisa dijalankan dengan modal yang sangat minim. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat materi pelajaran yang sesuai dengan bidang keahlian Anda, mendaftar sebagai pembicara / guru di Sekolahpintar.com, dan mengunggah materi pelajaran.

Yang pasti kami harus menghubungi Sekolahpintar.com, karena semua materi yang akan dijual harus ada dengan izin mereka. Jika Anda tertarik, Anda dapat mencoba menjadi guru daring pribadi di Smart Schools.

5. Buka Warung atau Toko Kelontong

Memang peluang bisnis membuka warung / toko kelontong (sembilan staples) sangat potensial karena pasti akan selalu dicari oleh masyarakat. Namun, bisnis ini sudah berjalan cukup banyak, jadi kita harus melihat tingkat persaingan yang tersedia, lokasi, dan juga modal yang mereka miliki.

Kita juga perlu memperhatikan kelebihan dan kekurangan menjalankan model bisnis ini karena tidak semua orang cocok dalam menjalankan bisnis warung makanan. Peluang bisnis yang menguntungkan ini membutuhkan perhatian serius, ketelitian, dan membutuhkan kehadiran pemilik bisnis yang berkelanjutan, sehingga Anda harus campur tangan agar warung makan dapat berjalan dengan baik.

6. Peluang Bisnis untuk Desain, Pengeditan Foto dan Layanan Pencetakan

Peluang bisnis ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki keterampilan dan kreativitas dalam memproses gambar dan desain. Tentu saja kita harus memiliki kemampuan untuk menggunakan salah satu perangkat lunak pengedit foto, seperti: CorelDraw, Photoshop, dan perangkat lunak lain.

Untuk membuka bisnis di bidang jasa desain, digital printing atau digital printing, Anda tidak harus memiliki modal besar lho. Anda bahkan dapat memulai bisnis tanpa modal material dengan menjual layanan ini menggunakan layanan dari beberapa situs seperti; Ciptaloka.com, Sribu.com, Sribulancer.com, blazbluz.com, Projects.co.id, dan lainnya.

Di Ciptaloka.com, misalnya, Anda dapat menjual layanan kaus cetak khusus yang telah Anda buat. Jadi, orang dapat memesan kemeja dengan desain tertentu melalui Anda, kemudian setelah pelanggan membayar pesanan, Anda dapat memesan kemeja dengan desain Anda melalui Ciptaloka. Dengan cara ini, tentu akan membantu mereka yang tidak memiliki modal untuk membangun perusahaan percetakan tetapi ingin segera berbisnis.

7. Peluang Bisnis Membuka Layanan Binatu

Jika kita melihat bisnis binatu semakin banyak dan beragam layanan, beberapa bahkan menawarkan untuk mengambil pakaian untuk dijadikan binatu. Dan bisnis laundry biasanya akan sangat laris ketika berada di dekat kampus, kos-kosan.

Jika Anda merasa bisnis ini cocok untuk Anda, Anda harus segera melakukannya karena bisnis ini akan selalu dicari oleh banyak orang.

Ada beberapa informasi yang harus kita perhatikan jika Anda ingin sukses dalam bisnis binatu;

Sebuah. Perhatikan target pasar. Sebelum membuka bisnis layanan binatu, kita harus tahu dulu siapa target pasar yang akan sering menggunakan layanan binatu yang ditawarkan. Biasanya orang yang sering menggunakan jasa binatu adalah pelajar, pekerja kantoran yang masih lajang. Tetapi juga mungkin bagi pelanggan untuk datang dari segmen yang berbeda, seperti ibu rumah tangga.

b. Modal adalah faktor penting yang harus diperhatikan. Tidak hanya modal material tetapi juga pengetahuan tentang bisnis binatu, kemampuan manajemen, dan jaringan bisnis.

c. Lokasi bisnis binatu juga merupakan faktor penentu keberhasilan dalam bisnis ini. Cobalah membuka bisnis binatu di lokasi yang cukup sibuk, misalnya di sekitar kantor, perumahan, asrama, atau asrama.

d. Memilih dan mengembangkan karyawan juga tidak bisa dianggap remeh. Jika Anda akan mempercayakan operasi bisnis binatu kepada karyawan, pastikan karyawan tersebut memiliki pengetahuan yang cukup baik.

e. Yang terakhir adalah proses pemasaran dan promosi. Selain menggunakan media offline untuk promosi (mis. Spanduk, brosur, pamflet), juga pertimbangkan untuk melakukan promosi melalui internet (misalnya promosi di Facebook).\

B. Peluang Bisnis Online Dari Bisnis Rumah
Bisnis online sangat cocok bila digabungkan dengan bisnis offline yang kita miliki. Misalnya kita memiliki toko yang menjual furnitur yang indah, nah kita bisa menjual furnitur kita secara online, dan tentu saja pasar akan lebih luas karena bisnis Anda dapat dijangkau oleh lebih banyak orang melalui internet.

Namun, jika kami tidak memiliki bisnis offline, kami masih dapat membangun bisnis online. Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis online yang dapat dilakukan dari rumah dengan modal kecil:

1. Bisnis Afiliasi (Afiliasi Pemasaran)

Ini adalah model bisnis yang sangat banyak dijalankan oleh pemasar internet baik di luar negeri maupun dalam negeri. Untuk menjalankan bisnis afiliasi, kita tidak harus memiliki produk, tetapi kita dapat menjual produk orang lain melalui internet, baik itu melalui blog, media sosial, pemasaran email, dan lainnya.

Kami mendapat komisi persentase dari total harga barang yang dijual. Produk yang dijual juga beragam, ada produk dalam bentuk fisik, bentuk digital, dan juga dalam bentuk keanggotaan.

Keunikan dari bisnis afiliasi ini adalah, kita tidak perlu repot mengurus hal-hal yang berkaitan dengan pembuatan produk, pengemasan produk, dan pengiriman produk. Kami hanya perlu mempromosikan tautan khusus yang diperoleh dari vendor (pemilik produk). Jika tautan diklik oleh seseorang dan orang itu melakukan pembelian dari tautan afiliasi kami, maka kami akan mendapat komisi.

Untuk program afiliasi lokal yang saya rekomendasikan adalah;

A. Produk Fisik

Sebuah. Lazada.com
b. Bhineka.com
c. Blibli.com

B. Produk Digital

Sebuah. Pasar Ratakan.com
b. Pasar Afiliasi Idaff.com

2. Bisnis dengan Membuat Toko Online

Memiliki toko online sangat mudah sekarang. Bisnis toko online dapat dijalankan oleh orang-orang yang memiliki toko offline dan ingin meningkatkan penjualan dengan menjual online. Dan bisnis ini juga dapat dilakukan oleh orang-orang yang tidak memiliki produk, yaitu dengan bergabung dengan pemasok atau produsen yang menawarkan sistem dropship atau reseller.

Untuk memulai bisnis toko online, tentu saja Anda harus memiliki toko online. Sebenarnya tidak sulit membuat toko online, kita bisa mendapatkan tutorial di internet. Setelah itu, ia terus mencari produsen produk atau mitra kerja sama yang menyediakan layanan reseller atau dropship. Setelah diterima sebagai mitra, kami dapat mulai memposting produk di toko online dan mempromosikan toko online ini.

Ada beberapa produsen yang saya rekomendasikan untuk bekerja sama;

Cakning.com
Suplier.id
Komisian.com
Dropshipaja.com

3. Bisnis Online Dengan Membangun Blog / Website Portal

Membangun blog / situs web dapat menjadi salah satu model bisnis yang sangat menjanjikan untuk jangka panjang. Peningkatan pengguna internet dan smartphone merupakan indikator bahwa media blog / situs web di masa mendatang akan lebih banyak traffic, tentunya sesuai dengan niche blog / website yang dibangun. Inilah yang dapat kita jadikan peluang bisnis dengan modal kecil.

Lihatlah halaman situs web yang tautannya sering tersebar di Facebook dan Google (misalnya Merdeka.com, Kompas.com, Alodokter.com, Viralnova.com, Cerpen.co.id, dll.) Di halaman web ini kami dapat lihat keberadaan iklan Google Adsense. Sebagian besar situs web blog dan portal memonetisasi situs web mereka dengan program PPC (bayar per klik), terutama Google Adsense.

Program PPC ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki web atau blog dengan traffic pengunjung yang tinggi. Salah satu model bisnis jaringan iklan adalah mengikuti program PPC (bayar per klik) seperti Google Adsense, Bidvertiser, My Clicks, Kumpulbloger, dan lainnya. Selain iklan PPC, model bisnis periklanan lainnya adalah iklan independen, yaitu dengan menawarkan ruang iklan di blog Anda dengan harga yang telah ditentukan.

Penghasilan dari blog / situs web yang memasang iklan PPC atau iklan independen tidak dapat diremehkan, Anda tahu. Banyak blogger dan pemilik situs web yang mendapatkan uang dari iklan di blog mereka, mulai dari puluhan juta rupiah, ratusan juta rupiah, hingga miliaran rupiah. Salah satu blogger yang memiliki penghasilan fantastis dari blognya adalah Linda Ikeji. Blogger Nigeria ini diperkirakan mendapatkan miliaran rupiah per bulan dari blognya.

4. Peluang Bisnis Menjadi Penulis Lepas

Saat ini, ada cukup banyak freelancer yang berprofesi sebagai penulis lepas, baik itu menulis artikel berbahasa Inggris atau menulis artikel bahasa Indonesia. Artikel berbahasa Inggris biasanya lebih mahal daripada artikel berbahasa Indonesia. Ada beberapa tempat yang dapat dieksplorasi untuk mendapatkan pekerjaan dari orang-orang yang mencari penulis artikel, misalnya: Fiverr.com, Ads.id, Projects.co.id, Sribulancer.com, dan banyak lagi.

Mengapa banyak orang bekerja sebagai penulis lepas? Masih terkait dengan model bisnis online pada poin 3, yaitu bisnis online dengan membangun blog / portal situs web. Biasanya blog / situs web yang telah memulai banyak pengunjung akan memerlukan penulis artikel untuk memperbarui konten. Semakin banyak konten yang dibangun, semakin besar peluang untuk mendapatkan traffic. Itulah sebabnya penulis lepas sering dicari oleh pemilik blog / situs web.

Namun, Anda harus selektif untuk mendaftar sebagai penulis lepas karena tidak jarang bagi pemilik blog / situs web yang hanya ingin membayar penulis mereka pada tingkat yang sangat rendah. Tingkat rendah membuat penulis tidak bersemangat untuk membuat konten yang bagus. Tentukan tingkat yang Anda inginkan dari awal, sesuaikan tingkat kesulitan topik konten dan kualitas tulisan Anda.

5. Menjual Layanan Pengembang Web

Ada banyak layanan yang bisa dijual online. Salah satunya adalah layanan untuk membuat situs web / blog profesional atau sering disebut pengembang web. Saya pikir peluang bisnis yang satu ini sangat potensial karena tidak banyak orang dapat membuat situs web profesional untuk bisnis mereka.

Tentu saja, untuk menjadi pengembang web memerlukan keterampilan yang terampil untuk dapat membuat blog / situs web profesional. Sebenarnya untuk membuat situs web tidak terlalu sulit, kita bisa menggunakan platform WordPress dengan tema yang sesuai dengan niche situs web. Namun, jika Anda ingin menjadi pengembang web nyata, maka Anda perlu mempelajari dasar-dasar membuat situs web yang baik. Tempat untuk belajar membuat situs web yang saya rekomendasikan adalah BabaStudio.

6. Bisnis MLM Online
Ini adalah bisnis Multi Level Marketing yang dijalankan secara online. Tidak seperti bisnis MLM konvensional yang biasanya membutuhkan waktu dan energi untuk kegiatan rapat, calon anggota tindak lanjut, dan pembelian barang, semua proses dapat dilakukan secara online.

Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua bisnis MLM memiliki sistem yang baik, pastikan bisnis MLM online yang Anda ikuti memiliki produk dan sistem yang baik dan menguntungkan. Peluang bisnis yang satu ini selalu bisa menciptakan jutawan dan miliarder baru, tentu saja mereka adalah orang yang ingin bekerja keras.

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak peluang bisnis dengan modal kecil yang bisa kita lakukan dari rumah. Namun tentu saja artikel ini akan sangat panjang ketika menulis semua daftar. Satu hal yang perlu kita ingat adalah bahwa walaupun bisnis atau bisnis itu dijalankan dengan modal kecil, tidak berarti keuntungannya juga kecil.

Buktinya bisnis kenalan saya, dia tidak punya produk sendiri, dengan modal kecil dia menjalankan bisnis dropship, tapi penghasilan yang didapatnya luar biasa, bahkan lebih besar dari gaji manajer bank. Visi dan misi, semangat dan kerja keras yang dilakukan terus menerus tentu akan memberikan hasil maksimal, bahkan bisa melebihi harapan Anda.

Semoga artikel ini menginspirasi.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar