Skip to main content

Cara Membuat Email Daftar Akun Baru di Gmail, Yahoo, dan Hotmail

Cara Membuat Email Baru Daftar Akun di Gmail, Yahoo, dan Hotmail. Cara Membuat Email, Sebenarnya cara membuat email tidak sulit tetapi mungkin beberapa orang tidak tahu caranya. Artikel ini dimulai dengan percakapan dua anak sekolah menengah yang kebetulan berada di samping saya ketika saya sedang minum kopi. Salah satu anak muda bertanya kepada temannya, "bro, jika kamu ingin membuat Facebook kamu harus punya email, bagaimana cara membuat email?" Wah ternyata masih ada sebagian yang belum mengerti cara mendaftarkan email Anda sendiri hehehe.

Kenapa kita butuh email? Email adalah salah satu fasilitas yang harus kita miliki ketika melakukan aktivitas di internet. Misalnya ketika kita ingin membuat akun media sosial di Facebook, Twitter, atau Google plus, pasti situs media sosial akan meminta akun email kita, atau ketika kita ingin berbelanja di toko online, pasti mereka akan meminta email kita Akun. Fungsi email ini sendiri adalah sebagai alat komunikasi digital (surat elektronik) dan juga bisa menjadi identitas online seseorang.

Akun email itu sendiri dapat kita miliki secara gratis atau berbayar, dan dalam artikel ini saya hanya membahas cara membuat email gratis. Beberapa penyedia layanan email gratis yang paling terkenal dan paling banyak digunakan adalah Gmail.com, Mail.Yahoo.com, dan Hotmail.com.
Cara Membuat Email Daftar Akun Baru di Gmail, Yahoo, dan Hotmail

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk cara membuat email gratis di setiap layanan yang saya sebutkan:

1. Ini Cara Membuat / Mendaftarkan Gmail (Google Mail)
Gmail.com adalah layanan email gratis favorit saya. Selain dapat membuat akun Gmail gratis, kami juga dapat dengan mudah membuat akun Google+ jika Anda sudah memiliki akun Gmail. Ikuti langkah-langkah cara mendaftar Gmail di bawah ini:

1. Langkah pertama untuk membuat akun Gmail Anda, kunjungi situs Google Mail

2. Klik tombol "Buat akun" atau "Buat akun" di kanan atas halaman Gmail.

3. Anda akan diarahkan ke halaman baru di mana Anda dapat mengisi data pribadi Anda. Isi kolom pada halaman pendaftaran dengan data Anda:

  • Nama: isi nama lengkap, nama depan, dan nama belakang Anda
  • Pilih nama pengguna Anda: isi alamat email yang Anda inginkan
  • (misalnya: romeodicaprio88@gmail.com)
  • Buat kata sandi: isi kata sandi yang tidak mudah ditebak, tetapi mudah diingat (Baca kiat membuat kata sandi yang kuat)
  • Konfirmasikan kata sandi Anda: ulangi memasukkan kata sandi Anda sebelumnya
  • Tanggal lahir: isikan tahun, bulan, dan tanggal lahir Anda
  • Jenis Kelamin: pilih yang cocok dengan jenis kelamin Anda
  • Ponsel: isi nomor ponsel Anda untuk keamanan
  • Alamat email saat ini: biarkan kosong
  • Lokasi: pilih sesuai dengan negara tempat Anda tinggal, misalnya Indonesia
  • Periksa kolom untuk menyetujui persyaratan dan kebijakan Google
  • Klik tombol "Langkah selanjutnya"

4. Setelah Anda mengklik langkah berikutnya, Anda akan melihat Pop up yang berisi informasi tentang privasi dan persyaratan. Gulir informasi ke bawah, lalu klik tombol "Saya SETUJU".

5. Selanjutnya layar Selamat Datang akan muncul. Yang perlu Anda lakukan adalah klik Lanjutkan ke Gmail

CATATAN: beberapa orang mengatakan bahwa pada langkah 5 Gmail memerlukan verifikasi akun, ini jarang terjadi. Tetapi jika ini terjadi pada Anda, biasanya hanya perlu memverifikasi akun dengan memasukkan nomor telepon di kolom yang disediakan, kode tersebut akan dikirim melalui SMS ke ponsel Anda nanti. Masukkan kode di bidang yang disediakan, lalu klik Lanjutkan. Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman Selamat Datang seperti yang ditunjukkan di atas.

6. Pada titik ini, proses pendaftaran Gmail yang Anda lakukan sudah selesai. Silakan masukkan halaman email Anda dan pelajari tentang akun Gmail Anda.

2. Cara Membuat Email di Yahoo Mail
Layanan email gratis dari daftar surat baru Yahoo sangat banyak digunakan oleh orang. Selain email gratis, kami juga secara otomatis dapat mendaftar untuk Yahoo Messenger untuk mengobrol. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat email di Yahoo:

1. Langkah pertama cara membuat email Yahoo, kunjungi situs Yahoo Mail

2. Anda akan melihat halaman login Yahoo. Pada halaman itu, klik tautan "Daftar" di bagian bawah halaman.

Yahoo mail daftar baru
3. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman formulir pendaftaran akun Yahoo mail. Isi kolom yang disediakan dengan memasukkan data Anda:

Nama depan & kolom Nama belakang: Isi nama depan dan belakang Anda
Kolom alamat email: Isi nama pengguna yang juga alamat email Anda
Kata Sandi: Masukkan kata sandi Anda (pilih kata sandi yang mudah diingat dan cukup kuat)
Nomor ponsel: masukkan nomor ponsel Anda yang masih aktif
Birt Bulan, Hari & Tahun: Masukkan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
Jenis Kelamin: Pilih jenis kelamin Anda
Setelah mengisi kolom formulir, klik Lanjutkan untuk melanjutkan ke langkah berikutnya

4. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman verifikasi. Periksa kembali nomor ponsel yang Anda masukkan untuk memverifikasi akun. Ketika itu benar, silakan klik tombol Text me Account Key.

5. Beberapa saat kemudian Anda akan menerima SMS yang berisi kode verifikasi ke nomor ponsel yang Anda daftarkan. Biasanya proses pengiriman kode verifikasi SMS sangat cepat, sekitar 5 - 30 detik. Namun, jika Anda masih belum menerima kode verifikasi, maka Anda dapat memintanya lagi dengan mengklik Kirim ulang pada halaman Yahoo.

Masukkan kode verifikasi di bidang yang disediakan, lalu klik Verifikasi

6. Selanjutnya Anda akan melihat halaman Selamat di layar monitor Anda. Ini berarti Anda telah berhasil mendaftarkan akun email Yahoo Anda yang baru. Kemudian klik Mari kita mulai

7. Sampai di sini Anda telah berhasil membuat akun email Yahoo, dan dapat langsung menggunakannya untuk keperluan lain. Halaman berikut menampilkan dasbor akun email email Yahoo

3. Cara Membuat Email di Hotmail
Layanan email Hotmail gratis ini disediakan oleh Microsoft.com. Ini tidak sepopuler Gmail dan Yahoo mail, tetapi layanan ini sangat banyak digunakan oleh orang-orang. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat email Hotmail:

1. Langkah pertama cara membuat email Hotmail, buka situs Hotmail di browser Anda

2. Klik tautan "Buat akun" di kanan bawah halaman Hotmail.

3. Anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran dan harus mengisi formulir. Isi formulir pendaftaran email dengan memasukkan data Anda:

  • Nama depan dan Nama belakang: isi nama depan dan nama belakang Anda
  • Nama pengguna: isi alamat email Anda (mis. Romeodicaprio88@hotmail.com)
  • Kata Sandi: isi kata sandi Anda
  • Masukkan kembali kata sandi: ulangi memasukkan email Anda
  • Negara / wilayah: pilih Indonesia
  • Tanggal lahir: isikan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
  • Jenis kelamin: pilih jenis kelamin
  • Kode negara: pilih +62 (ini adalah kode telepon Indonesia)
  • Nomor telepon: isi nomor telepon aktif Anda
  • Alamat email alternatif: biarkan kosong
  • Masukkan karakter yang Anda lihat: isi kode captcha di sana (Anda dapat menggantinya dengan kode baru dengan mengklik tombol "Baru")
  • Anda dapat memeriksa atau menghapus tanda centang pada opsi "Kirimi saya tawaran promosi dari Microsoft. Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja."
  • Setelah semua bidang diisi, klik tombol "Buat Akun Baru".

4. Pada titik ini akun email Anda di Hotmail sebenarnya sudah siap. Langkah selanjutnya Anda dapat mengklik tombol panah di sebelah kanan untuk melihat fitur Outlook dan membuat pengaturan awal.

5. Setelah melakukan pengaturan awal, langkah terakhir adalah memasukkan halaman kerja akun email Anda di Hotmail dengan mengklik tombol "Mari kita mulai"

Demikian tutorial cara membuat email di Gmail, Yahoo Mail, dan Hotmail. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam membuat akun Gmail baru dengan mudah dan cepat. Terima kasih telah membaca artikel saya :)
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar