Skip to main content

Keuntungan Memiliki Website Bagi Para Pebisnis di Era Digital Banyak Manfaatnya

Sekarang kita berada di era internet hal-hal di mana berbagai kebutuhan manusia dapat dilakukan secara online. Tidak hanya pengusaha besar yang sudah online tetapi juga pengusaha UKM. Bagi pebisnis, memiliki situs web atau blog bukanlah sesuatu yang luar biasa.

Jika sampai hari ini Anda masih bertanya apa manfaat dan keuntungan memiliki situs web untuk bisnis, maka Anda termasuk yang jauh tertinggal. Pengusaha lain telah online, Anda masih memikirkan pertanyaan apa keuntungan memiliki situs web dan pemasaran online.

Namun, untuk memuaskan sebagian orang yang masih bertanya apa manfaat dan kelebihan memiliki situs web, tidak ada salahnya membaca artikel ini sampai akhir.

 Keuntungan Memiliki Website Bagi Para Pebisnis di Era Digital Banyak Manfaatnya


Daftar Isi
Manfaat dan Keuntungan Memiliki Website
1. Biaya Pemasaran Lebih Rendah
2. Meningkatkan Visibilitas dan Brand Awareness
3. Dapat Diakses Kapanpun & Dimanapun
4. Meningkatkan Jumlah Penjualan
Memikat Perhatian Pengunjung Melalui Desain
Desain Web Responsive atau Design Web Mobile

Manfaat dan Keuntungan Memiliki Situs Web

Situs web adalah halaman di internet yang dapat dilengkapi dengan berbagai multimedia seperti video, gambar, teks, mp3, dan lainnya. Dengan kata lain, web adalah tanah kreativitas yang peka terhadap penampilan.

Ketertarikan seseorang untuk mengakses suatu situs dipengaruhi oleh apakah atau tidak tampilan web yang dilihat. Sekarang ada banyak situs web yang cukup tua dan akrab, tetapi seiring waktu pengguna akan bosan jika tampilan web tidak diperbarui. Karena itu, konten dari web menjadi salah satu hal penting karena akan menjadi kekuatan untuk menarik banyak pengunjung.

Layanan pembuatan situs web terbaik dan profesional biasanya sangat mengerti bagaimana membuat situs web yang sesuai dengan selera konsumen dan menyediakan konten berkualitas. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan keuntungan memiliki situs web untuk bisnis Anda:

1. Biaya Pemasaran Lebih Rendah
Pengguna internet meningkat setiap tahun dan ini adalah target pasar yang sangat menjanjikan. Dengan pemasaran internet, kita dapat mencapai target konsumen dimanapun dia berada dengan biaya lebih murah.

Dengan situs web bisnis yang merupakan representasi perusahaan, kita dapat melakukan pemasaran bisnis di seluruh dunia. Anda juga dapat beriklan untuk menjangkau audiens target yang lebih bertarget sesuai dengan ceruk bisnis Anda.

2. Tingkatkan Visibilitas dan Kesadaran Merek
Situs web bisnis Anda akan secara langsung meningkatkan visibilitas bisnis Anda dan meningkatkan kesadaran merek di komunitas. Tidak butuh waktu lama untuk mendapatkannya, hanya perlu profesional untuk melakukannya.

Orang yang membaca informasi tentang produk baru (barang atau jasa) dan merek baru, tentu saja mereka perlu waktu untuk belajar sampai akhirnya Anda bisa mempercayai merek tersebut. Dengan situs web profesional dan promosi yang tepat, tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan potensial.

3. Dapat diakses kapan saja & di mana saja
Sebuah situs web dapat dibuka kapan saja dan dari mana saja, selama komputer terhubung ke internet. Dengan demikian, konsumen atau pelanggan potensial dapat melihat merek Anda 24 jam sehari.

Di situs web Anda dapat memuat berbagai informasi tentang produk dan layanan yang Anda tawarkan, termasuk promo dan acara yang diadakan. Dengan kata lain, situs web dapat menjadi sarana informasi bagi konsumen yang dapat diakses kapan saja.

4. Tingkatkan Jumlah Penjualan
Karena situs web dapat diakses kapan saja maka peluang untuk menghasilkan penjualan akan semakin besar. Mereka yang tidak punya waktu untuk berbelanja di luar rumah dapat melakukan transaksi online melalui situs web.

Jam toko offline terbatas tidak dapat menjangkau mereka yang ingin berbelanja di jam tutup. Sekarang, melalui situs web Anda, Anda dapat menjangkau mereka dengan menerima transaksi online dan tentu saja ini akan meningkatkan jumlah penjualan.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui beberapa fakta tentang situs web untuk mengelola situs dengan benar:

Menarik perhatian pengunjung melalui desain
Desain web tidak harus rumit. Desain yang sederhana namun memudahkan pengguna untuk lebih mampu menarik perhatian pengguna. Pembaca lebih suka web dengan tata letak yang sederhana, jelas, dan dapat dipindai. Pastikan situs web Anda memiliki halaman yang sederhana, berbeda dari yang lain tetapi masih fokus pada informasi yang diberikan.

Warna-warna desain web akan membantu mencerminkan identitas perusahaan dan membantu memperkuat merek. Selain itu, gunakan peta panas untuk memfasilitasi analisis tombol atau tautan yang sering diklik oleh pengunjung.

Desain Web Responsif atau Desain Web Seluler
Web responsif dan web seluler adalah hal yang berbeda. Saat membuat web seluler, pengembang biasanya juga membuat web desktop dengan kode yang berbeda sehingga dapat ditampilkan multiplatform. Untuk web responsif, web ini memiliki kode desain yang sama dengan web seluler tetapi lebih fleksibel untuk berbagai platform.

Web responsif memiliki desain yang mampu menggunakan sumber daya yang sama tetapi dengan teknik tertentu dapat membuat tipografi, gambar, dan opsi navigasi tampil optimal.

Untuk membuat situs web profesional dengan kriteria yang baik, Anda dapat menggunakan layanan pembuatan situs web terbaik dan profesional. Arfadia adalah salah satu pemasaran digital yang dapat membantu membuat situs web yang Anda butuhkan.

Selain merancang hal-hal yang diterapkan oleh Professional and Best Agency termasuk:

  1. Agensi harus memiliki pembuat situs web profesional, tersertifikasi, dan berpengalaman terbaik.
  2. Agensi membuat situs web dari goresan tangan oleh ilustrator berpengalaman, ke gambar rangka, maket, dan akhirnya prototipe dilakukan oleh UI dan Desainer UX.
  3. Agency benar-benar memahami seluk beluk situs web baik keamanan dan layak pengujian dari Proyek Keamanan Aplikasi Web Terbuka (OWASP), hosting, dan dengan pengalaman pengguna menggunakan teknologi terbaru yang masih langka di Indonesia, yaitu Progressive Web Apps (PWA ), HTML5, CSS3, dengan platform CMS yang sangat lengkap dan mudah.
  4. Agensi juga harus siap untuk menyediakan layanan seperti Pemasaran Digital, SEO Onpage dan Offpage, analisis data, menggunakan alat yang dapat diandalkan.


Dari penjelasan singkat di atas, tentu saja Anda sudah memiliki gagasan tentang manfaat dan kelebihan memiliki situs web. Memiliki situs web untuk bisnis Anda bukanlah tren, ini merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja bisnis Anda ke tingkat yang lebih baik di masa depan.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar