Skip to main content

Keluarga yang Diberkati Menurut 33 Ayat Alkitab dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Ayat Alkitab tentang Keluarga yang Diberkati dan Hal yang Perlu Diperhatikan. Setiap orang di dunia ini adalah anggota keluarga. Dia dapat bertindak sebagai anak, orangtua, suami, atau istri. Adalah pasti bahwa kita masing-masing memiliki peranan dalam keluarga. Dalam perjalanan hidup, kita juga akan mengalami perubahan peran dalam keluarga. Pertama, kita menjadi seorang anak. Selanjutnya kita akan menjadi suami atau istri, bahkan juga menjadi orangtua. Apa pun peranan yang kita pegang hari ini dalam kehidupan keluarga, kita harus melakukan tanggung jawab kita dalam keluarga Kristen dengan baik.

Ayat Alkitab tentang keluarga yang diberkati

Tanggung jawab kita perlu dilakukan dalam rangka untuk memastikan kehidupan keluarga kita pergi sesuai dengan keluarga Kristen yang ideal. Kami tentu tidak ingin keluarga kami terus dipenuhi dengan masalah. Kita merindukan kehidupan keluarga yang menyenangkan, yang membuat kita selalu ingin kembali ke rumah. 
Keluarga yang Diberkati Menurut 33 Ayat Alkitab dan Hal yang Perlu Diperhatikan


Karena itu, kita sering berdoa agar Tuhan memberkati keluarga kita. Namun, kehidupan orang Kristen tidak hanya dipenuhi dengan doa, tetapi juga dengan usaha. Kita perlu memahami apa jenis keluarga yang telah Allah diberkati. Berikut adalah beberapa ayat Alkitab tentang keluarga yang diberkati.

  1. Imamat 25:35, “Apabila saudaramu jatuh miskin, sehingga tidak sanggup bertahan di antaramu, maka engkau harus menyokong dia sebagai orang asing dan pendatang, supaya ia dapat hidup di antaramu.
  2. 1 Timotius 5:8, Tetapi jika ada seorang yang tidak memeliharakan sanak saudaranya, apalagi seisi rumahnya, orang itu murtad dan lebih buruk dari orang yang tidak beriman.
  3. Efesus 5:33, Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.
  4. Amsal 31:10 dan 31, Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata. … Berilah kepadanya bagian dari hasil tangannya, biarlah perbuatannya memuji dia di pintu-pintu gerbang!
  5. Efesus 5:22-23, Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.
  6. 1 Petrus 3:1-2, Demikian juga kamu, hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, supaya jika ada di antara mereka yang tidak taat kepada Firman, mereka juga tanpa perkataan dimenangkan oleh kelakuan isterinya, jika mereka melihat, bagaimana murni dan salehnya hidup isteri mereka itu.
  7. 1 Timotius 3:11, Demikian pula isteri-isteri hendaklah orang terhormat, jangan pemfitnah, hendaklah dapat menahan diri dan dapat dipercyai dalam segala hal.
  8. Kolose 3:18-21, Hai ister-isteri, tunduklah kepada suamimu, sebagaimana seharusnya di dalam Tuhan. Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia. Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan! Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya.
  9. 1 Korintus 7:3-5, Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap isterinya, demikian pula isteri terhadap suaminya. Isteri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demikian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi isterinya. Janganlah kamu saling menjauhi, kecuali dengan persetujuan bersama untuk sementara waktu, supaya kamu mendapat kesempatan untuk berdoa. Sesudah itu hendaklah kamu kembali hidup bersama-sama, supaya Iblis jangan menggodai kamu, karena kamu tidak tahan bertarak.
  10. Efesus 5:25, Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya
  11. Efesus 5:28, Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri.
  12. Pengkhotbah 9:9, Nikmatilah hidup dengan isteri yang kaukasihi seumur hidupmu yang sia-sia, yang dikaruniakan TUHAN kepadamu di bawah matahari, karena itulah bahagianmu dalam hidup dan dalam usaha yang engkau lakukan dengan jerih payah di bawah matahari.
  13. 1 Petrus 3:7, Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.
  14. Amsal 20:7, Orang benar yang bersih kelakuannya – berbahagialah keturunannya.
  15. Amsal 23:24, Ayah seorang yang benar akan bersorak-sorak; yang memperanakkan orang-orang yang bijak akan bersukacita karena dia.
  16. Mazmur 112:1-3, Haleluya! Berbahagialah orang yang takut akan TUHAN, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya. Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati. Harta dan kekayaan ada dalam rumahnya, kebajikannya tetap untuk selamanya.
  17. Mazmur 127:3, Sesungguhnya, anak-anak lelaki adalah milik pusaka dari pada TUHAN, dan buah kandungan adalah suatu upah.
  18. Mazmur 128:3-4, Isterimu akan menjadi seperti pohon anggur yang subur di dalam rumahmu; anak-anakmu seperti tunas pohon zaitun sekliling mejamu! Sesungguhnya demikianlah akan diberkati orang laki-laki yang takut akan TUHAN.
  19. Mazmur 133:1, Nyanyian ziarah Daud. Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun!
  20. 1 Tawarikh 17:27, Kiranya Engkau sekarang berkenan memberkati keluarga hamba-Mu ini, supaya tetap ada di hadapan-Mu untuk selama-lamanya. Sebab apa yang Engkau berkati, ya TUHAN, diberkati untuk selama-lamanya.”
  21. Ulangan 12:28, Dengarkanlah baik-baik segala yang kuperintahkan kepadamu, supaya baik keadaanmu dan keadaan anak-anakmu yang kemudian untuk selama-lamanya, apabila engkau melakukan apa yang baik dan benar di mata TUHAN, Allahmu.”
  22. Amsal 29:17, Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketenteraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu.
  23. Ulangan 6:6-7, Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang salam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.
  24. Habakuk 2:9, Celakalah orang yang mengambil laba yang tidak halal untuk keperluan rumahnya, untuk menempatkan sarangnya di tempat yang tinggi, dengan maksud melepaskan dirinya dari genggaman malapetaka!
  25. Kisah Para Rasul 16:31, Jawab mereka: “Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.”
  26. Imamat 19:17, Janganlah engkau membenci saudaramu di dalam hatimu, tetapi engkau harus berterus terang menegor orang sesamamu dan janganlah enkau mendatangkan dosa kepada dirimu karena dia.


Ini adalah beberapa ayat Alkitab tentang keluarga yang diberkati. Kita dapat melihat bahwa keluarga yang telah diberkati Allah tidak akan pernah berhenti memiliki berkat Allah. Dia dengan setia memberkati keluarga yang berkenan di hadapannya. Hal yang dapat kita lakukan adalah memastikan keluarga kita berkenan kepada Allah. Kami pastikan dengan memulai dari diri kita sendiri. Allah berfirman bahwa jika kita hidup menurut kehendak Allah, seluruh keluarga kita, bahkan keturunan kita akan diberkati oleh Allah.

Ayat Alkitab tentang keluarga diberkati lainnya

Kemudian, kehidupan keluarga seperti apa menurut kehendak Allah? Seperti yang kita katakan sebelumnya, Allah ingin setiap anggota keluarga untuk melaksanakan tanggung jawab sesuai dengan peran masing-masing. Tanggung jawab keluarga tidak hanya dipegang oleh orang tua, anak juga memiliki tanggung jawab dalam kehidupan keluarga. Janganlah seorang anak menjadi anak kecil seperti dalam ayat Alkitab tentang anak durhaka. Tanggung jawab anak dapat dilihat dalam ayat Alkitab tentang keluarga yang diberkati berikut.

  1. Efesus 6:1-4, Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumi – ini adalah suatu perintah yang penting: seperti yang nyata dari janji ini: supaya kamu berbagahia dan panjang umurmu di bumi. Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.
  2. Imamat 19:3, Setiap orang di antara kamu haruslah menyegani ibunya dan ayahnya dan memelihara hari-hari sabat-Ku; Akulah TUHAN, Allahmu.
  3. Keluaran 20:12, Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjur umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.
  4. Amsal 1:8, Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu
  5. Amsal 6:20, Hai anakku, peliharalah perintah ayahmu, dan janganlah menyia-nyiakan ajaran ibumu.
  6. Amsal 22:6, Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.
  7. Amsal 23:22, Dengarkanlah ayahmu yang memperanakkan engkau, dan janganlah menghina ibumu kalau ia sudah tua.


Ini adalah beberapa tanggung jawab orang tua yang diuraikan dalam ayat Alkitab mengenai keluarga terberkati. Allah terus memberi kita kesempatan untuk memperbaiki kehidupan keluarga kita. Kita harus terus-menerus berusaha untuk hidup sesuai dengan kehendak Allah. Namun, lebih dari itu, kita juga harus tidak lupa untuk terus berdoa untuk keluarga kita. Mintalah bantuan Roh Kudus untuk dapat menemani setiap anggota keluarga untuk melaksanakan tanggung jawabnya. Semoga semua kemuliaan bagi nama Allah. Tuhan memberkati.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar