--> Skip to main content

Kegiatan Promosi : Pengertian, Definisi, Tujuan, Jenis, dan Contoh Promosi

Promosi adalah kegiatan pemasaran yang biasa dilakukan oleh pemasar untuk memberikan informasi tentang suatu produk dan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian produk. Ada begitu banyak cara dan metode promosi, bahkan metode promosi selalu berkembang dari waktu ke waktu.

Orang awam sering mendengar dan membaca promosi, baik itu promosi dalam bentuk media cetak, baliho, baliho, radio, televisi, dan internet. Mereka yang memiliki minat pada iklan atau promosi umumnya akan membaca informasi dalam promosi lebih lama.

Pengertian Promosi Secara Umum

Apa itu promosi? Pengertian Promosi adalah suatu akitivitas komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan dengan masyarakat luas, dimana tujuannya adalah untuk memperkenalkan sesuatu (barang/ jasa/ merek/ perusahaan) kepada masyarakat dan sekaligus mempengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut.

Kegiatan Promosi : Pengertian, Definisi, Tujuan, Jenis, dan Contoh Promosi


Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa arti promosi, kita bisa merujuk pada pendapat beberapa pakar. Di bawah ini adalah definisi promosi menurut para ahli:

1. Harper Boyd
Menurut Boyd, definisi promosi adalah upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan ide.

2. Swastha
Menurut Swastha, gagasan promosi adalah persuasi satu arah yang dibuat untuk memengaruhi orang lain yang bertujuan melakukan tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

3. Boone & Kurtz
Menurut Boone dan Kurtz, definisi promosi adalah proses memberi informasi, membujuk, dan memengaruhi keputusan pembelian.

4. Tjiptono
Menurut Tjiptono, makna promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran yang berupaya menyebarkan informasi, mempengaruhi / membujuk dan atau mengingatkan target pasar bagi perusahaan dan produk mereka agar mau menerima, membeli, dan loyal terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan.

5. Kotler
Menurut Kotler, gagasan promosi adalah bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi "bauran promosi".

6. Gitosudarmo
Menurut Gitosudarmo, gagasan promosi adalah kegiatan yang bertujuan mempengaruhi konsumen sehingga mereka mengenali produk yang ditawarkan perusahaan kepada mereka dan kemudian mereka menjadi bahagia dan kemudian membeli produk tersebut.

Tujuan Promosi
Semua orang yang melakukan promosi harus memiliki tujuan yang ingin dicapai. Mengacu pada definisi promosi di atas, berikut adalah beberapa tujuan promosi umum:

  1. Untuk menyebarluaskan informasi tentang suatu produk (barang / jasa) kepada publik atau pelanggan potensial.
  2. Untuk menjangkau dan mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan kesetiaan mereka.
  3. Untuk membantu meningkatkan angka penjualan sekaligus meningkatkan laba.
  4. Untuk membantu mengangkat keunggulan dan membedakan produk dengan produk dari pesaing.
  5. Untuk branding atau menciptakan citra suatu produk di mata konsumen sesuai dengan keinginan perusahaan.
  6. Untuk mempengaruhi pendapat dan perilaku konsumen terhadap suatu produk.


Jadi, secara keseluruhan tujuan utama promosi adalah untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.

Jenis Promosi
Metode pemasaran yang sangat beragam telah menciptakan berbagai bentuk dan cara promosi yang juga sangat beragam. Secara umum, berikut adalah beberapa jenis promosi yang kami temukan hari ini:

1. Promosi Fisik
Promosi seperti ini dapat ditemukan di acara atau kegiatan tertentu, seperti pasar, konser, pameran, dan lainnya. Dalam kegiatan promosi ini, penjual biasanya membuka gerai untuk menawarkan produk mereka (barang / jasa).

Promosi fisik memiliki kelebihan dan kekurangan. Keuntungan dari jenis promosi ini adalah memungkinkan pengusaha untuk menjangkau secara langsung dan berinteraksi langsung dengan pelanggan potensial.

Sedangkan kekurangan dari jenis promosi ini adalah terbatasnya calon pelanggan yang bisa dihubungi. Kegiatan seperti ini hanya diadakan di lokasi tertentu, seperti kantor, sekolah / kampus, mal, dll, sehingga hanya orang yang berada di lokasi yang bisa dijangkau.

2. Promosi melalui Media Tradisional
Jenis promosi ini dulu sangat efektif dalam meningkatkan penjualan. Beberapa di antaranya adalah promosi melalui media cetak (koran, majalah, tabloid, dll.), Radio, televisi, iklan spanduk, papan iklan, dan lainnya.

Jenis promosi ini memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan promosi fisik, yang dapat menjangkau banyak pelanggan potensial untuk waktu yang lama. Namun, jenis promosi ini memiliki kerugian dari tingginya biaya promosi, baik dari segi media maupun biaya promosi.

3. Promosi melalui Media Digital
Perkembangan teknologi dan media informasi telah mengubah cara promosi di era digital. Beberapa promosi melalui media digital yang banyak dilakukan adalah melalui media sosial, jaringan situs web, mesin pencari, dan lainnya.

Pengusaha yang mengerti teknologi lebih suka untuk mempromosikan bisnis mereka melalui internet. Selain lebih murah, dapat menjangkau banyak orang, dan proses promosi juga dianggap lebih mudah dan lebih cepat.

Keuntungan dari promosi melalui media digital adalah biayanya yang cenderung lebih murah, implementasinya lebih mudah dan lebih cepat, dan dapat menjangkau pengguna internet di seluruh dunia.

Sedangkan kurangnya promosi digital adalah perlunya kreativitas dalam mempromosikan terus menerus karena ada banyak pesaing yang bermain di dalamnya. Dengan kata lain, kunci keberhasilan promosi digital adalah keunikan dan tepat sasaran.

Contoh Promosi

Bahkan kita sudah sering melihat dan mendengar promosi setiap hari, baik melalui televisi, smartphone, majalah, dan berbagai media lainnya. Berikut ini adalah beberapa contoh promosi yang telah terjadi:

  1. Promosi di restoran: Beli Makanan untuk Minuman Dingin Gratis.
  2. Promosi penjualan eceran: Beli 2 pasang kaus kaki, gratis 1 pasang kaus kaki.
  3. Promosi penyedia telekomunikasi: Panggilan selama 10 menit Panggilan telepon gratis selama 1 jam ke penyedia yang sama.
  4. Promosi penjualan properti: Beli rumah, dapatkan kulkas dan AC
  5. Masih banyak contoh promosi yang bisa kita temukan setiap hari. Berbagai promosi bertujuan untuk mempengaruhi penilaian pelanggan potensial sehingga mereka memutuskan untuk segera membeli.


Demikian penjelasan singkat tentang pengertian promosi penjualan, tujuan promosi, jenis promosi, dan contoh promosi. Semoga bermanfaat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar