Skip to main content

Cara Memulai Usaha Bisnis Restoran Impian ini 10 Tips Suksesnya

Sekarang untuk menemukan berbagai tips untuk memulai bisnis restoran sangat mudah, semudah menggosok jari di layar ponsel cerdas Anda. Untuk kenyamanan Anda, kami menjelaskan esensi dari tip-tip berikut yang disediakan oleh para profesional berpengalaman.

Industri kuliner adalah industri dengan pemain terbanyak. Inilah yang membuat banyak restoran gagal di tengah jalan. Oleh karena itu, untuk dapat memulai bisnis restoran dengan sukses diperlukan persiapan dan tekad yang kuat untuk dapat bertahan dan berkembang.

Daftar Isi
1. Tanya Pada Orang yang Lebih Berpengalaman
2. Miliki Perencanaan dan Konsep yang Matang
3. Ciptakan Menu yang Sesuai
4. Cari Pemodal yang Memiliki Visi yang Sama dengan Anda
5. Rekrut Chef yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda
6. Rekrut Karyawan yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda
7. Tentukan Lokasi Restoran yang Tepat
8. Buat Layout Restoran Senyaman Mungkin
9. Evaluasi Keuangan Restoran Anda
10. Atur Strategi Pemasaran yang Jitu

Cara Memulai Usaha Bisnis Restoran Impian ini 10 Tips Suksesnya


1. Tanyakan orang yang lebih berpengalaman

Sebenarnya, salah satu cara terbaik untuk mengetahui bagaimana Anda dapat memulai bisnis restoran Anda sendiri adalah bekerja di restoran terlebih dahulu. Apa pun posisi Anda saat bekerja di restoran, jadilah "bug" yang menyerap semua pengetahuan yang dapat Anda pelajari di restoran.

Dengan begitu, Anda dapat mempelajari cara membangun tim yang solid, cara berkomunikasi pola antara pemilik, koki, dan karyawan, mempelajari cara melayani pelanggan, mempelajari cara menangani keluhan dengan kepala dingin, dan banyak lagi yang bisa Anda pelajari dengan melompat langsung ke metode bidang ini.

Tetapi jika Anda tidak lagi dalam posisi atau waktu yang memungkinkan Anda untuk memulai dari awal, maka Anda harus mencari mitra atau konsultan yang berpengalaman dalam bisnis restoran.

2. Memiliki Perencanaan dan Konsep yang Dewasa
Sebagian besar restoran gagal karena kurangnya perencanaan. Karena itu, Anda harus menyiapkan rencana bisnis yang cermat. Dalam persiapannya, Anda perlu tahu siapa pesaing Anda, apa lanskap pasarnya, siapa target pasarnya, rencana pemasarannya, dan bagaimana proyeksi keuangannya.

Perencanaan yang cermat akan sangat membantu restoran Anda menjalankan hari demi hari. Selain itu, Anda juga perlu mematangkan konsep restoran Anda. Baik itu santapan, makanan jalanan, restoran keluarga, atau apa pun itu. Konsep restoran ini sangat menentukan masa depan restoran Anda karena melibatkan menu, interior, merek, pemasaran, target pasar, dan tentu saja personil restoran Anda.

3. Buat menu yang sesuai
Dalam bisnis restoran, menu adalah representasi dari visi Anda. Dalam persiapannya, Anda perlu menyesuaikan diri dengan konsep, target pasar, dan tren kuliner yang sedang berkembang. Jika Anda belum memiliki menu sama sekali sejak tahap perencanaan, maka Anda dapat melibatkan koki pilihan Anda untuk menyusun menu bersama. Tetapi jika sejak lahir keinginan untuk memulai bisnis restoran Anda telah menetapkan menu, maka Anda harus memilih koki yang mampu mewujudkannya.

Dalam membuat menu, jangan ragu untuk mengujinya terlebih dahulu. Anda dapat mulai dari lingkungan keluarga Anda untuk mendapatkan masukan. Ingatlah bahwa Anda juga tidak diharuskan memiliki terlalu banyak menu. Terlalu banyak menu sering membingungkan pelanggan. Hanya memiliki menu sederhana yang dapat menarik minat target pasar Anda. Selain itu Anda wajib memperhatikan kualitas menu Anda.

4. Temukan Investor yang Memiliki Visi Yang Sama dengan Anda
Dalam memulai bisnis restoran, diperlukan visi dan modal yang kuat. Keberhasilan bisnis restoran tidak dapat dicapai secara instan. Butuh berbulan-bulan bagi sebuah restoran untuk mulai mendapat untung.

Karena itu, penting untuk menemukan investor yang memiliki visi yang sama dengan Anda. Jika pemodal Anda tidak memiliki visi yang sama, maka kemungkinan ia akan mencabut modalnya di tengah jalan. Tentu saja itu akan menghambat kemajuan restoran Anda ..

5. Merekrut seorang Chef yang sesuai dengan kebutuhan Anda
Koki adalah bagian penting dari restoran Anda karena dari pekerjaannya gairah Anda dapat disampaikan ke meja pelanggan. Dalam memilih koki, ada beberapa kriteria umum yang harus dipenuhi, yaitu memiliki stabilitas emosional, mengutamakan kualitas daripada kuantitas, dan kesamaan dalam penglihatan.

Tiga kriteria umum ini sangat penting karena koki tidak hanya bertindak sebagai koki tetapi juga sebagai pemimpin dapur Anda. Karena itu, ia harus memiliki kemampuan untuk melatih staf dapur lainnya untuk mencapai standar yang ia dan Anda tetapkan.

Jika Anda tidak memiliki stabilitas emosional dan memprioritaskan kualitas, maka rasa masakan, hubungan, dan komunikasi dengan bawahan juga akan terpengaruh. Jika Anda tidak memiliki visi yang sama dengan Anda, masalah kreatif akan muncul di masa depan karena bisnis kuliner yang sebenarnya adalah bisnis kreatif.

6. Rekrut Karyawan yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda
Karyawan ditugaskan untuk memastikan bahwa pelanggan dapat menikmati makanan dengan nyaman. Dalam merekrut karyawan, cobalah melibatkan Anda secara langsung dalam proses seleksi. Jika Anda sudah merekrut karyawan, itu juga bisa dilibatkan.

Lakukan wawancara langsung untuk mengetahui karakteristik calon karyawan Anda. Tujuannya adalah untuk memastikan tim Anda terdiri dari orang-orang yang dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan. Selain itu, penting juga untuk merekrut staf yang memiliki kemauan dan kemampuan untuk belajar sehingga restoran Anda dapat terus bertahan dan berkembang meskipun pesaing baru selalu hadir.

7. Tentukan Lokasi yang Tepat dari Restoran
Saat memulai bisnis restoran, lokasi memainkan peran penting karena kemudahan akses akan sangat mempengaruhi jumlah pelanggan Anda. Memiliki restoran di sisi jalan yang sibuk adalah salah satu pilihan yang tepat. Pastikan Anda memiliki akses sepeda motor dan parkir yang memadai dan layak. Dalam pemilihan lokasi, Anda juga dapat menyesuaikan dengan target pasar Anda.

8. Buat Tata Letak Restoran senyaman mungkin
Setelah Anda menyelesaikan konsep dan menemukan lokasi terbaik untuk restoran Anda, penting untuk mengatur tata letak restoran Anda sebaik mungkin. Tata letak, dekorasi, dan pilihan furnitur akan sangat mempengaruhi kenyamanan pelanggan sambil menikmati makanan Anda. Apalagi masyarakat sekarang tidak hanya mencari cita rasa, tetapi juga suasananya.

Jika Anda hanya menyajikan hidangan lezat tanpa kenyamanan maka restoran Anda akan kesulitan mendapatkan pelanggan setia. Meskipun pelanggan setia ini sangat membantu pemasaran restoran Anda, terutama setelah kehadiran media sosial.

Selain estetika, pengaturan tata letak seperti tata letak meja juga akan membantu efisiensi restoran Anda. Bahkan, sekarang Anda bisa menyesuaikan tata letak tabel menggunakan aplikasi. Beberapa aplikasi kasir seperti Moka memungkinkan Anda untuk mengatur tata letak meja serta informasi yang terkait dengan pesanan pelanggan Anda di setiap meja.

9. Evaluasi Keuangan Restoran Anda
Memulai bisnis restoran tidak akan langsung menghasilkan keuntungan. Jadi kelangsungan hidup restoran Anda akan tergantung pada arus kas yang sehat. Dalam memulai bisnis restoran, ada beberapa item pengeluaran yang perlu Anda perhatikan. Pertama, pengeluaran untuk peralatan dapur. Kedua, pengeluaran untuk kebutuhan restoran Anda seperti bahan baku, biaya operasional, dan gaji karyawan. Pastikan ada cukup dana untuk menutup pengeluaran kedua ini, setidaknya untuk beberapa bulan ke depan. Ketiga, pengeluaran untuk kehidupan pribadi Anda.

Dengan secara teratur melakukan evaluasi keuangan, Anda dapat menemukan pengeluaran yang benar-benar dapat Anda tekan. Baik itu pengeluaran oleh restoran, atau pengeluaran pribadi Anda. Perhatikan juga kenaikan harga bahan baku karena jika terlalu mahal, margin yang Anda dapatkan akan lebih tipis. Jangan juga ragu mencari vendor lain.

10. Tetapkan Strategi Pemasaran yang Tepat
Dalam memulai bisnis restoran, Anda tidak bisa hanya mengandalkan pelanggan setia. Untuk berkembang, Anda harus mengembangkan strategi pemasaran yang dapat menempatkan restoran Anda di peta kuliner komunitas. Di era digital ini, salah satu caranya adalah dengan memiliki akses mudah ke media sosial.

Anda dapat membuat akun media sosial sebagai alat pemasaran. Anda juga dapat memiliki situs web dengan domain yang mudah diucapkan dan ditulis. Halaman dan situs media sosial Anda harus dapat menangkap keseluruhan gambar restoran Anda, menampilkan menu lengkap, dan yang utama adalah dapat diakses kapan saja. Undang blogger makanan atau vlogger makanan untuk menikmati hidangan yang Anda sajikan karena kesaksian mereka akan sangat memengaruhi citra restoran Anda di mata publik.

Sepuluh tips di atas adalah inti dari semua pengalaman profesional yang sudah memulai bisnis restoran. Semoga tips ini dapat membantu Anda untuk memiliki bisnis restoran impian Anda. Mulai dari yang kecil, mulai dari sekarang.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar