--> Skip to main content

Belajar Coding Secara Online ini 5 Rekomendasi Website Tempat Belajar Gratis

Dalam proses membangun situs web, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memahami sedikit pengetahuan dasar tentang pengkodean. Meskipun Anda mungkin telah menginstal WordPress dan tidak merasakan urgensi mempelajarinya, ada sejumlah manfaat yang dapat diperoleh jika Anda mempelajarinya.

Selain dapat mengelola situs web dengan lebih baik, Anda tidak perlu menggunakan layanan pengembang situs web untuk mengembangkan situs web. Jika membuat situs web Anda sendiri dengan platform seperti Website Builder dirasa kurang memuaskan, keterampilan pengkodean dapat membantu Anda menjelajahi fitur situs web lebih bebas sesuai keinginan.

Jika Anda ingin menguasainya, berikut adalah 5 situs web referensi yang dapat Anda gunakan untuk mempelajari pengkodean online.

Daftar Isi
1. Code Academy
2. BitDegree
3. Free Code Camp
4. Codewars
5. Code School

Belajar Coding Secara Online ini 5 Rekomendasi Website Tempat Belajar Gratis


1. Code Academy

Dengan pengguna yang telah mencapai lebih dari 24 juta orang di dalamnya, Code Academy pantas disebut sebagai salah satu situs yang paling banyak digunakan oleh mereka yang ingin belajar coding secara gratis.

Ada berbagai penawaran kursus online yang dapat Anda maksimalkan melalui platform ini, dari pemrograman untuk pemula hingga materi tentang bahasa pemrograman tingkat lanjut.

Di Code Academy, metode dan pendekatan pembelajaran yang diambil bisa cukup interaktif. Dalam proses belajar, Anda tidak hanya mendapatkan teori, tetapi Anda dapat langsung menerapkan apa yang telah Anda pelajari.

Konten tentang pengkodean juga memiliki kuota waktu hingga 300 juta jam, sehingga cocok untuk pemula dan pemrogram berpengalaman. Bahasa pemrograman yang bisa dipelajari dalam bentuk HTML, JavaScript, CSS, jQuery, PHP, Python, dan Ruby.

2. BitDegree

Sebagai salah satu platform pendidikan online berbasis blockchain, ada banyak kursus gratis yang ditawarkan oleh BitDegree. Kursus online tidak hanya pemrograman untuk membangun situs web, tetapi juga pemrograman untuk pengembangan game. Kursus untuk pengembangan game dikenal sebagai gamification.

Untuk memulai kursus di BitDegree, Anda dapat mendaftar terlebih dahulu dan memilih bahasa apa yang ingin Anda gunakan. Pilihan bahasa di dalamnya terdiri dari Inggris, Spanyol, Portugis, Rusia dan Indonesia. Selanjutnya, Anda dapat memilih keterampilan atau keterampilan apa yang ingin Anda pelajari melalui platform.

Khusus pemrograman, ada beberapa jenis bahasa pemrograman populer yang dapat dipelajari melalui BitDegree, termasuk HTML, CSS, PHP, Javascript, SQL, dan JQuery. Dalam proses pembelajaran, BitDegree menyediakan sistem penghargaan dan pencapaian jika pengguna telah berhasil menyelesaikan kursus yang diambilnya.

Tidak hanya mengukur keberhasilan kursus yang telah diambil, prestasi juga dapat digunakan oleh perekrut untuk mendapatkan bakat baru yang memenuhi syarat untuk bekerja di perusahaan mereka.

3. Free Code Camp

Tidak seperti pengkodean situs web pembelajaran yang hanya menyediakan tutorial, Free Code Camp menawarkan komunikasi kehidupan nyata dan memiliki komunitas untuk belajar tentang bahasa pemrograman secara langsung. Melalui platform ini, Anda dapat berpartisipasi aktif dalam berbagai tantangan.

Untuk dapat menyelesaikan tantangan atau tantangan ini, platform ini akan memberi Anda akses ke kursus tutorial dan pemrograman terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa menyelesaikannya dengan mudah. Semakin banyak tantangan yang Anda selesaikan, semakin banyak pengetahuan tentang pemrograman yang Anda kuasai.

4. Codewars

Hampir sama dengan Camp Kode Gratis, Anda dapat mempelajari bahasa pemrograman atau coding seperti Java, Javascript, C #, Ruby, Python, dan SQL melalui berbagai rangkaian tantangan atau tantangan. Tantangannya cukup unik karena terinspirasi oleh seni bela diri.

Setiap tantangan di dalamnya disebut kata yang mengacu pada olahraga judo di Jepang. Tujuannya adalah untuk mempertajam kemampuan dan keahlian penggunanya melalui bahasa pemrograman tertentu.

Jangan berhenti di situ, hasil akhir kata juga bisa digunakan untuk mempelajari kode baru dari awal. Jika Anda berhasil menyelesaikannya, kata berikutnya akan lebih menantang.

Melalui penyelesaian satu tantangan ke tantangan lainnya, Anda dapat melihat perbandingan solusi yang sudah Anda miliki dan apa yang ditawarkan pengguna lain. Dari sini, Anda dapat menjelajahi berbagai teknik lebih lanjut untuk mengatasi setiap masalah yang terkait dengan pengembangan.

5. Code School

Untuk pemula yang ingin belajar pengkodean online, baik gratis maupun berbayar, Code School adalah salah satu platform yang mampu menampungnya. Situs web ini sudah memiliki lebih dari satu juta pengguna dari berbagai belahan dunia.

Selain diatur oleh berbagai metode dan proses pembelajaran, kursus online melalui Code School juga ditentukan oleh bahasa pemrograman yang dipilih dan keahlian yang dikuasai.

Di Code School, Anda dapat mempelajari berbagai bahasa pemrograman, seperti HTML dan CSS, Javascript, Ruby, Elixir, PHP, Python, iOS, dan Database. Dalam proses pembelajaran, ada 4 jenis pendekatan yang digunakan. Tahapan-tahapan ini meliputi:

  • Pemilihan jalur kursus disiapkan dan dibuat langsung oleh para ahli, kemudian mempelajari materi yang telah disediakan
  • Untuk berlatih coding, Anda dapat langsung menggunakan browser dan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan umpan balik
  • Setiap kali Anda menyelesaikan 1 level kursus ke level lain, Anda akan mendapatkan poin untuk setiap materi yang telah dipelajari
  • Untuk mengukur keberhasilan kursus yang telah diambil, Anda dapat memantau secara langsung dengan laporan dalam bentuk kemajuan dan prestasi yang telah Anda peroleh


Kesimpulan

Di era digital seperti saat ini, Anda tidak perlu mengikuti kuliah di Informatika untuk dapat belajar coding. Ada banyak sumber belajar dalam bentuk tutorial pengkodean yang cocok untuk pemula. Apakah Anda bekerja sebagai programmer, membuat situs web untuk klien atau proyek pribadi, Anda dapat menggunakannya sepenuhnya secara gratis. Selamat coding!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar