--> Skip to main content

10 Ayat Alkitab Tentang Memperjuangkan Keadilan

Apakah Anda pernah melihat aktivis dibawa ke jalan untuk membela hak petani, pekerja, dll? Mereka adalah orang yang berjuang menuntut keadilan sosial. Tidak hanya aktivis, Gereja juga berpartisipasi dalam cara gereja memperjuangkan keadilan dalam masyarakat yang berbeda dengan individu. Mengutip dari Great Dictionary of English Indonesia, keadilan sosial dapat ditafsirkan sebagai  "kerjasama untuk menghasilkan masyarakat yang bersatu secara organis sehingga setiap anggota masyarakat memiliki kesempatan yang sama dan nyata untuk tumbuh dan belajar hidup berdasarkan aslinya Kemampuan.  "Seringkali konsep keadilan sosial diinterpretasikan secara keliru oleh masyarakat. Adil tidak berarti sama.

Jika seseorang harus bekerja keras untuk mendapatkan uang, Apakah adil bagi orang lain untuk mendapatkan uang tanpa bekerja? Tentu saja tidak. Selain itu, konsep keadilan sosial yang kita pahami saat ini juga berbeda dengan konsep keadilan dalam Alkitab. Hari ini, orang kaya dipandang lebih negatif karena dianggap telah mengeksploitasi orang miskin. Pandangan ini tidak sesuai dengan ajaran Kristen. Kekayaan dalam esensi berasal dari Tuhan. 
ayat alkitab tentang memperjuangkan keadilan

Dibandingkan dengan yang negatif, dalam kekayaan Kristen itu dipandang sebagai tanggung jawab yang diberikan oleh Tuhan kepada hamba-hambaNya. Meskipun tidak dibahas secara eksplisit, realitas alkitabiah juga banyak menyinggung keadilan sosial. Alkitab memuat banyak ayat seperti ayat Alkitab tentang bersumpah, ayat Alkitab tentang licik orang, ayat Alkitab tentang kepura-puraan, ayat-ayat alkitabiah tentang memberitakan Injil dan termasuk di dalamnya ayat-ayat Alkitab di keadilan sosial.

Ayat Alkitab Tentang Keadilan Sosial

Berikut adalah beberapa ayat Alkitab tentang keadilan sosial yang berkenaan dengan sifat adil, menghormati kepentingan anak yatim, orang asing, dsb.

  1. Yakobus 1:27 : Ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia.
  2. Matius 22:39 : Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihanilah sesama manusia seperti dirimu sendiri.
  3. Mazmur 72:2 : Kiranya ia mengadili umat-Mu dengan keadilan dan orang-orang-Mu yang tertindas dengan hukum.
  4. Ayub 34:17 : Dapatkah pembenci keadilan memegang kekuasaan, dan apakah engkau mau mempermasalahkan Dia yang adil dan perkasa.
  5. Mazmur 103:6 : Tuhan menjalankan keadilan dan hukum bagi segala orang yang diperas.
  6. Ulangan 32:4 : Gunung Batu, yang pekerjaan-Nya sempurna, karena segala jalan-Nya adil, Allah yang setia, dengan tiada kecurangan, adil dan benar Dia.
  7. Ulangan 10:18 : Yang membela hak anak yatim dan janda dan menunjukkan kasih-Nya kepada orang asing dengan memberikan kepadanya makanan dan pakaian.
  8. Ulangan 24:17 : Janganlah engkau memperkosa hak orang asing dan anak yatim; juga janganlah engkau mengambil pakaian seorang janda menjadi gadai.
  9. Ulangan 27:19 : Terkutuklah orang yang memperkosa hak orang asing, anak yatim dan janda. Ddan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!
  10. Matius 25:40 : Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.


Justru itu, penjelasan ayat Alkitab tentang keadilan sosial. Menurut ayat di atas, adalah jelas bahwa Tuhan memerintahkan kita untuk bersikap adil kepada siapa pun, terutama untuk anak yatim dan janda. Sebagai seorang Kristen yang baik, kita tentu berkewajiban untuk melakukannya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar