--> Skip to main content

40 Ayat Alkitab Tentang Kesabaran Hati Untuk Menguatkan Dalam Masalah

Terkadang orang merasa sedih dan kesal, sampai hati mereka hancur. Penyebabnya dapat bervariasi dari keluarga ke pasangan. Beberapa orang yang merasa mungkin bingung tentang bagaimana menanggapi kehancuran yang mereka alami. Terkadang, mengeluh tentang manusia tidak cukup, orang juga membutuhkan pertolongan dari Allah. Pengikut Kristen yang baik, selalu mencari solusi untuk masalah mereka dalam Firman Tuhan. 

Tidak terkecuali dalam masalah hati hancur ini. Manfaat membaca Alkitab setiap hari tentu banyak. Ayat Alkitab juga berisi berbagai tema yang dapat membantu dalam menjawab berbagai masalah. Beberapa di antaranya adalah ayat Alkitab tentang kesedihan hati dan menguatkan ayat Alkitab dalam masalah ini. Mengenai ayat Alkitab tentang hati yang hancur, berikut adalah beberapa contoh.

Ayat Alkitab Tentang Kesabaran Hati Untuk Menguatkan Dalam Masalah


Berdasarkan Ayat Dari Mazmur

Kitab Mazmur (Zabur) adalah bagian dari Alkitab Ibrani dan perjanjian lama yang merupakan kumpulan Mazmur, nyanyian dan doa. Doa yang ada dalam Kitab Mazmur, menutupi ayat Alkitab tentang hati yang patah. Contohnya adalah:

  1. Mazmur 51:9 : Korban sembelihan kepada Allah ialah jiwa yang hancur; hati yang patah dan remuk tidak akan Kau pandang hina, ya Allah.
  2. Mazmur 55:22 : Serahkanlah khawatirmu kepada Tuhan, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkannya orang yang benar itu goyah.
  3. Mazmur 62:9 : Percayalah kepada-Nya setiap waktu, hai umat, curahkanlah isi hatimu di hadapan-Nya; Allah ialah tempat perlindungan kita.
  4. Mazmur 73:26 : Sekalipun dagingku dan hatiku habis lenyap, gunung batuku dan Tuhanku tetaplah Allah selama-lamanya.
  5. Mazmur 127:1 : Jikalau bukan Tuhan yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan Tuhan yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga.
  6. Mazmur 147:3 : Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka.
  7. Mazmur 9:9 : Demikianlah Tuhan adalah tempat perlindungan bagi orang yang terinjak, tempat perlindungan pada waktu kesesakan.
  8. Mazmur 30:5 : Sebab sesaat saja Ia murka, tetapi seumur hidup Ia murah hati; sepanjang malam ada tangisan, menjelang pagi terdengar sorak-sorai.
  9. Mazmur 34:19 : Tuhan itu dekat dengan orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.
  10. Mazmur 37:4 : Carilah kebahagiaanmu pada Tuham, Ia akan memuaskan keinginan hatimu.



Berdasarkan ayat dari Yesaya

Kitab Yesaya adalah salah satu bagian dari Perjanjian lama. Penamaan-nya adalah berdasarkan seorang nabi besar yang tinggal di Yerusalem. Yesaya diambil dari bahasa Ibrani  "Yeshayahu " yang bermakna  "keselamatan Yahweh ". Buku ini juga berisi ayat Alkitab tentang patah hati, seperti:

  1. Yesaya 26:3 : Janganlah kecut dYesaya 41:10 : Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.
  2. Yesaya 43:1 : Beginilah firman Tuham yang menciptakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: “Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku.
  3. Yesaya 43:18 : Firman-Nya: “Janganlah ingat-ingat hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala!”
  4. Yesaya 61:1 : Roh Tuhan Allah ada padaku, oleh karena Tuhan telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelapasan di penjara.an tawar hati, sebab Tuhan, Allahmu, menyertai engkau, kemanapun engkau pergi.
  5. Yesaya 40:29-31 : Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya. Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu teruna-teruna jatuh tersandung, tetapi orang-orang yang menanti-nantikan Tuhan mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.



Berdasarkan ayat dari Amsal

Kitab Amsal memuat banyak ayat yang dapat menenangkan orang yang hatinya dihancurkan. Buku ini berisi koleksi perkataan ringkas dan nasihat perilaku yang mendidik kaum muda. Dalam bahasa Ibrani, kata Amsal adalah singkatan dari "Misyle Syelomoh ", Amsal Salomo. Ayat Alkitab tentang hati yang patah dalam Kitab Amsal menurut tuaian.com halaman adalah:

  1. Amsal 17:22 : Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.
  2. Amsal 18:10 : Nama Tuhan adalah menara yang kuat, ke sanalah orang benar berlari dan ia menjadi selamat
  3. Amsal 19:21 : Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan Tuhanlah yang terlaksana
  4. Amsal 21:23 : Siapa memelihara mulut dan lidahnya, memelihara diri daripada kesukaran.
  5. Amsal 3:5-6 : Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.
  6. Amsal 12:16 : Bodohlah yang menyatakan sakit hatinya seketika itu juga, tetapi bijak yang mengabaikan cemooh.

Berdasarkan Ayat Dari Roma

Paulus pernah mengirim surat kepada jemaat yang berada di Roma. Surat tersebut termasuk ke dalam Alkitab Perjanjian Baru dan sangat diyakini sebagai tulisan asli Paulus. Ayat Alkitab tentang hati yang hancur yang terdapat pada surat itu diantaranya adalah:

  1. Roma 5:1 : Sebab itu, kita tidak dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus.
  2. Roma 8:39 : Atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan memisahkan kita dari kasih Allah.


Surat-Surat Lainnya

Selain ayat-ayat yang terdapat pada surat-surat di atas, ayat Alkitab tentang hati yang hancur juga dapat ditemukan pada surat lainnya, seperti:

  1. Ulangan 31:6 : Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab Tuhan, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.
  2. Ulangan 31:8 : Sebab Tuhan, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.
  3. Wahyu 21:4 : Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuat yang lama itu telah berlalu.
  4. Ibrani 4:16 : Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.
  5. Ibrani 13:6 : Sebabitu dengan yakin kita dapat berkata: “Tuhan adalah penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?
  6. 1 Petrus 4:19 : Karena itulah baiklah juga mereka yang harus menderita karena kehendak Allah, menyerahkan jiwanya, dengan selalu berbuat baik, kepada pencipta yang setia.
  7. Filipi 3:13-14 : Aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan surgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.
  8. Filipi 4:13 : Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.
  9. Yehezkiel 36:26 : Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.
  10. Pengkhotbah 3:4 : Ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk tertawa; ada waktu untuk meratap; ada waktu untuk menari.
  11. Yosua 1:9b : Janganlah kecut dan tawar hati, sebab Tuhan, Allahmu menyertai engkau, kemanapun engkau pergi.
  12. Yeremia 29:11 : Sebab aku ini mengetahui rencana-rencana apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.
  13. Yohanes 14:27 : Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.
  14. Matius 11:28-29 : Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikuklah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.
  15. Matius 16:26 : Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang diberikannya sebagai ganti nyawanya.
  16. 1 Konritus 10:13 : Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya.
  17. 2 Konritus 4:8-9 : Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akan, namun tidak putus asa; kami dianiaya, namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan, namun tidak binasa.
  18. Yakobus 1:13 : Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: “Pencobaan ini datang dari Allah!” Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun.


Ini adalah beberapa ayat Alkitab tentang hati yang patah yang dapat Anda hadapi ketika membaca Alkitab. Memang, beberapa surat yang disebutkan di atas belum mencakup semua ayat yang terkandung dalam Alkitab. Tapi setidaknya, ayat di atas dapat digunakan sebagai gambar dan referensi ketika hati sedang dipukul oleh akhir. Ingatlah juga untuk selalu membaca Alkitab secara teratur. Sehingga hati menjadi lebih dekat kepada Allah dan hati yang hancur dapat diobati.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar