Skip to main content

5 Strategi Digital Marketing yang Cocok Diterapkan di Indonesia

Agar bisnis Anda dapat bertahan di tengah persaingan yang ketat, tentu perlu untuk menerapkan strategi pemasaran digital paling efektif di Indonesia. Sebenarnya pebisnis tidak perlu khawatir, karena pada dasarnya ada beberapa strategi pemasaran digital di Indonesia yang bisa diterapkan dengan mudah. Sebelum membahas lebih dalam tentang strategi pemasaran digital, tentu saja kita perlu tahu apa itu pemasaran digital.

Pemasaran digital adalah metode pemasaran yang dilakukan secara digital atau online. Saat ini pemasaran digital sudah menjadi sesuatu yang biasa dilakukan di dunia bisnis. Di zaman modern seperti saat ini, jika Anda tidak dapat mengikuti perkembangan teknologi, maka Anda akan kehilangan langkah dengan pebisnis lain.

Daftar Isi
1. Konsistensi Postingan di Media Sosial dengan Menerapkan SEO
2. Mobile Optimized
3. Kekuatan Konten
4. Pemilihan Media Sosial yang Tepat
5. Real Time Marketing

Strategi Digital Marketing yang Cocok Diterapkan di Indonesia

Sekarang, berikut adalah ulasan singkat tentang beberapa strategi pemasaran digital yang baik untuk diterapkan di Indonesia:

1. Konsistensi Posting di Media Sosial dengan Menerapkan SEO

Dalam strategi pemasaran digital, diperlukan konsistensi dalam memposting produk dan informasi di media sosial. Perlu diperhatikan, agar postingan ini lebih laris, Anda juga perlu menerapkan SEO agar postingan di media sosial mendapat traffic dari mesin pencari.

Selain itu, Anda juga perlu membangun tautan organik dan selalu berusaha memprioritaskan informasi pengetahuan yang terkait dengan produk yang Anda jual. Saat menjalankan bisnis, Anda dapat belajar tentang Pengoptimalan Mesin Pencari (SEO) secara mandiri di berbagai forum atau Anda dapat mengikuti kursus SEO.

2. Mobile Optimized
Hyper-terhubung yang terhubung melalui internet dan media sosial adalah sifat konsumen di era kemajuan digital. Untuk menggunakan media sosial dengan bantuan internet, smartphone diperlukan. Karena itu untuk membuat Anda lebih dekat dengan pelanggan, Anda harus membuat situs web yang ramah seluler agar kegiatan e-commerce dapat dilakukan secara seluler.

3. Kekuatan Konten
Dalam dunia pemasaran digital, hal yang paling suci adalah konten. Mengapa? Karena konten adalah inti dari strategi pemasaran digital itu sendiri.

Apakah Anda tahu seperti apa konten yang baik? Konten yang bagus jelas ramah pengguna. Artinya, konten ini mengandung informasi yang bermanfaat, dapat membantu orang lain, menambah wawasan, dan dipublikasikan pada waktu yang tepat.

Jika konten yang Anda miliki mengandung hal-hal ini, konten tersebut akan mudah tersebar luas. Jika pelanggan dapat tertarik pada konten Anda, pelanggan akan secara otomatis menyebar konten Anda di berbagai media sosial. Karenanya, buat konten yang bisa menjadi trending topic.

4. Pemilihan Media Sosial yang Tepat
Penggunaan media sosial dalam strategi pemasaran digital ini memang sangat membantu. Namun, jika Anda menggunakan terlalu banyak media sosial juga tidak baik. Alasannya, jika Anda terhubung dengan pelanggan melalui banyak media sosial, itu akan membuat pekerjaan Anda lebih terabaikan sehingga tujuan utama Anda dalam membangun bisnis mungkin tidak terpenuhi.

Karena itu, pemilihan media sosial yang tepat memang sangat diperlukan. Pilih satu atau dua media sosial yang menurut Anda paling efektif sehingga Anda bisa lebih fokus pada pemasaran produk.

Jika Anda ingin menawarkan produk yang dapat dikemas pada foto yang menarik, Anda dapat menggunakan Instagram sebagai media yang tepat. Anda juga dapat menggunakan Twitter sebagai media pemasaran digital jika produk yang Anda tawarkan adalah melalui pesan singkat. Dan, jika Anda ingin produk Anda diringkas dalam video yang menarik, Anda dapat menggunakan Youtube.

5. Pemasaran Real Time
Tim Sosial adalah salah satu strategi pemasaran digital paling efektif di Indonesia saat ini. Mengapa? Karena, pemasaran digital yang satu ini bertujuan untuk merespon pelanggan dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan dengan sangat cepat. Waktu nyata saat dibutuhkan.

Itulah ulasan dari 5 strategi pemasaran digital di Indonesia yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Strategi ini bukanlah sesuatu yang sulit dan strategi ini akan sangat membantu dalam kampanye pemasaran digital.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar