Skip to main content

3 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Dengan Memanfaatkan Blog

Perkembangan teknologi di era digital telah mengubah berbagai jenis keinginan menjadi kenyataan. Salah satunya adalah keinginan untuk mendapatkan uang tanpa harus bekerja di kantor yang dapat diwujudkan dengan teknologi dalam bentuk internet.

Selain membuka toko online dengan membeli VPS murah, dari waktu ke waktu, semakin banyak orang membuat blog pribadi dan menggunakannya untuk mendapatkan uang dari internet.

Keberadaan blog di jagat maya tidak bisa diremehkan lagi. Keberadaannya sangat penting sebagai platform penyedia informasi yang setara dengan media online arus utama pada umumnya. Bahkan, banyak orang lebih mempercayai informasi yang mereka dapatkan dari blog karena ikatan emosional yang dibuat dengan penulis sebagai pemilik blog itu sendiri.

Melihat fenomena ini, tidak mengherankan lagi ketika profesi blogger mulai meningkat di kalangan milenial. Namun pada kenyataannya, banyak yang tidak mengerti bahwa penghasilan dari blog tidak dapat secara langsung diperoleh dalam waktu singkat.
Cara Mendapatkan Uang dari Internet Dengan Memanfaatkan Blog

Dibutuhkan kesabaran dan konsistensi untuk akhirnya bisa mendapatkan traffic tinggi dan blog bisa diuangkan lebih optimal. Karena itu, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk meningkatkan pengunjung blog dan mendapatkan penghasilan lebih cepat melalui blog.

Berikut adalah 3 cara untuk menggunakan blog untuk mendapatkan uang dari Internet:

1. Memaksimalkan Affiliate Marketing

Salah satu program yang semakin banyak digunakan sebagai sumber pendapatan dari internet adalah pemasaran afiliasi. Program ini bertujuan untuk mempromosikan suatu produk dari suatu merek. Jika Anda telah bergabung, Anda dapat mulai mencari pengguna baru untuk merek tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Bergabung sebagai anggota atau anggota pemasaran afiliasi cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan situs merek yang memiliki program dan menaruh tautan khusus ke situs web Anda. Tautan ini biasanya disematkan dalam spanduk atau kata kunci khusus dalam artikel ulasan produk dari merek yang relevan.

Tantangan umum yang dihadapi oleh program ini adalah meyakinkan dan mengarahkan pengunjung untuk mengklik tautan dan melakukan pembelian di situs web merek yang berafiliasi dengan Anda

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mulai mengarahkan pengunjung ke tautan afiliasi Anda adalah dengan membuat konten yang relevan dengan merek. Misalnya, Anda sudah berafiliasi dengan merek penyedia layanan hosting web. Jadi, buat konten yang relevan dengan penggunaan hosting. Anda dapat membuat konten seperti manfaat menggunakan hosting, cara memaksimalkan hosting sebagai situs web jual beli online, dan sebagainya.

Tidak hanya konten blog yang dapat digunakan sebagai platform untuk meningkatkan pendapatan dari pemasaran afiliasi. Anda juga dapat memaksimalkan tautan pemasaran dan kupon voucher afiliasi Anda melalui media sosial, seperti Instagram, Twitter atau Facebook. Tinjau konten yang telah ditautkan ke pemasaran afiliasi dapat diekspos ke lebih banyak pemirsa.

2. Menawarkan Jasa Iklan

Pemasaran online dapat dilakukan dengan berbagai cara. Selain SEO, Iklan atau iklan dapat digunakan sebagai alat untuk membawa lebih banyak lalu lintas ke suatu konten. Peluang ini bisa Anda gunakan dengan membuka layanan iklan di blog. Penghasilan yang diperoleh dapat didasarkan pada jumlah klik atau tingkat peringkat situs web Anda di mesin pencari.

Salah satu alat pengiklan yang paling umum digunakan adalah jaringan iklan seperti Google Adsense. Blog yang ingin memasang iklan Adsense harus terdaftar terlebih dahulu. Setelah berhasil, iklan akan dipasang di ruang atau ruang yang Anda sediakan untuk beriklan di blog. Penghasilan dari Adsense akan mengikuti jumlah lalu lintas di blog Anda. Semakin tinggi jumlah pengunjung, semakin tinggi pendapatan yang akan Anda dapatkan.

Selain jaringan iklan, Anda dapat menargetkan iklan kepada mereka yang memiliki layanan sesuai dengan konten yang Anda buat. Katakanlah Anda memiliki desain dan arsitektur situs web. Anda dapat menawarkan ruang khusus untuk perusahaan dan merek furnitur yang ingin mempromosikan produk mereka sesuai dengan target pasar yang ditargetkan melalui situs web Anda.

Tidak hanya menyediakan ruang bagi pengiklan, Anda juga dapat menawarkan layanan kepengarangan untuk membuat konten berbayar atau posting yang disponsori. Melalui layanan ini, pengiklan membayar Anda untuk memberikan ulasan dan tautan balik ke situs web perusahaan. Setelah konten diterbitkan, Anda juga melakukan berbagi sosial melalui media sosial untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.

3. Membuka Online Course

Apakah Anda memiliki pengalaman dalam dunia kuliner sebagai koki? Atau mungkin Anda sudah lama terlibat dalam fotografi sebagai fotografer profesional? Cobalah untuk membuka kursus online atau kelas online dari blog Anda.

Dengan memiliki blog, Anda dapat memperkaya konten di dalamnya dengan berbagai macam pengetahuan tentang bidang yang telah Anda kuasai. Jika blog Anda sudah kuat dalam hal konten, gambar atau personal branding Anda sebagai seorang profesional di bidang itu akan terbentuk dengan sendirinya. Kredibilitas blog akan semakin meyakinkan pengunjung Anda untuk belajar lebih banyak dari Anda.

Untuk alasan itu, sebelum memulai sesi kursus online melalui situs web pribadi, tidak ada salahnya menjadi instruktur di platform pembelajaran online seperti BitDegree, Udemy, Skillshare, dan berbagai platform pembelajaran online lainnya. Platform ini nantinya dapat meningkatkan "jam terbang" Anda sebagai guru online. Dengan begitu, kinerja Anda akan semakin terasah dan akan ada lebih banyak orang yang percaya pada layanan kursus yang Anda tawarkan.

Ada banyak metode yang dapat dilakukan jika Anda berniat untuk "menjual" layanan dan mendapatkan penghasilan sebagai instruktur online melalui situs web Anda. Selain memperluas portofolio Anda melalui platform pembelajaran online, Anda perlu menginstal plugin seperti Easy Digital Downloads, jika Anda menggunakan WordPress sebagai platform situs web Anda. Plugin ini kemudian akan mengarahkan pengunjung situs web untuk mengakses file yang perlu dipelajari lebih lanjut di kelas Anda.

Dengan menggunakan plugin yang tepat, Anda dapat memaksimalkan situs web pribadi Anda untuk berbagi pengetahuan dengan mereka yang ingin belajar lebih mudah secara online. Berbagai panduan seperti eLearning dapat ditampung dalam berbagai format, seperti PDF, video dengan durasi tertentu, hingga audio yang dapat didengarkan saat melakukan aktivitas lain.

Melalui plugin seperti Easy Digital Downloads, Anda dapat membatasi akses ke data yang dapat diunduh. Pembatasan akses ini dapat digunakan untuk memberikan biaya atau biaya tertentu kepada anggota situs web Anda untuk dapat mengakses data "premium" yang diinginkan. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan lebih banyak penghasilan dari konten yang dibuat.

Kesimpulan

Memanfaatkan blog untuk mendapatkan uang dari internet bukanlah uang instan yang bisa diperoleh hanya dengan 1-2 posting. Dibutuhkan ketekunan dan konsistensi untuk mengoptimalkan konten di dalamnya dari waktu ke waktu. Kelola konten yang dibutuhkan pengunjung Anda secara teratur untuk meningkatkan traffic Anda. Dengan begitu, penghasilan yang Anda dapatkan melalui blog juga akan mengikuti. Selamat ngeblog!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar