--> Skip to main content

3 Ayat Alkitab Tentang Ejekan dan Hinaan Menghadapinya

Ayat Alkitab Tentang Penghinaan dan Cara Menghadapinya. Akhir-akhir ini, istilah intimidasi semakin didengar baik melalui berita maupun dalam obrolan harian. Penindasan berarti tindakan melecehkan, menyiksa, atau merendahkan orang lain yang dapat terjadi baik secara fisik maupun psikologis, misalnya melalui ejekan atau hinaan. Kita sendiri tentu merasa sakit, marah, atau kecewa karena cemoohan yang dilontarkan pada kita, bukan?

Kadang-kadang kita mungkin merasa seperti atau bahkan telah membalas ejekan atau menghina apakah itu hanya untuk membela diri kita sendiri atau untuk menyakiti perasaan orang-orang yang menghina kita kembali. Namun, apakah ini baik untuk dilakukan? Sikap seperti apa yang harus kita terapkan dalam hal penghinaan, baik sebagai penerima maupun aktor?

Untuk menjawab pertanyaan itu, pada kesempatan ini kita akan melihat beberapa ayat Alkitab tentang penghinaan dan mengambil pelajaran dari firman Allah.

1. Yesus Kristus mengajarkan kita untuk mengasihi dan mengampuni, bukan balas menyakiti

Markus 15:26, 29-32:

“(26) Dan alasan mengapa Ia dihukum disebut pada tulisan yang terpasang di situ: “Raja orang Yahudi”. (29-32) Orang-orang yang lewat di sana menghujat Dia, dan sambil menggelengkan kepala mereka berkata: “Hai Engkau yang mau merubuhkan Bait Suci dan mau membangunnya kembali dalam tiga hari, turunlah dari salib itu dan selamatkan diri-Mu!” Demikian juga imam-imam kepala bersama-sama ahli Taurat mengolok-olokkan Dia di antara mereka sendiri dan mereka berkata: “Orang lain Ia selamatkan, tetapi diri-Nya sendiri tidak dapat Ia selamatkan! Baiklah Mesias, Raja Israel itu, turun dari salib itu, supaya kita lihat dan percaya.” Bahkan kedua orang yang disalibkan bersama-sama dengan Dia mencela Dia juga.”

Seorang Raja yang penuh dengan cinta dan kekuasaan dihormati, dicintai, dan diprioritaskan atas semua hal oleh umat-Nya. Namun, alih-alih semua itu, Dia dijatuhi hukuman mati dan dalam prosesnya Dia disiksa, diejek, diludahi, dilucuti pakaiannya, menyindir, dihina di belakang-Nya. Dalam kondisi cedera tubuh yang parah, ia harus membawa kayu berat untuk naik ke bukit. Berulang kali jatuh, tetapi Dia bangkit kembali untuk melanjutkan hukuman yang dijatuhkan kepadanya secara tidak adil. Dalam semua proses ini, tidak sekali pun dia mengutuk atau membalas penghinaan bangsanya sendiri dan bahkan oleh penjahat yang seharusnya tidak pantas menghinanya.

Raja ini tidak lain adalah Yesus Kristus itu sendiri. Dia adalah Raja segala raja, tetapi harus menerima penghinaan bahkan dari orang-orang yang paling rendah sekalipun. Tulisan di papan yang dipakukan di atas kepala-Nya di kayu salib tampaknya sangat kontras dengan keadaan-Nya saat ini: seorang Raja yang disiksa dan digantung di kayu salib sebagai bentuk hukuman terberat dalam pemerintahan Romawi pada waktu itu. Meski begitu, karena kasih yang besar yang dia miliki untuk kita, dia tidak menyerah di jalan dalam tugasnya untuk mati demi menebus dosa-dosa kita. Seperti ejekan orang-orang dalam ayat di atas, Dia bisa menyelamatkan dirinya sendiri tanpa harus melalui proses yang menyakitkan dan merendahkan itu.

Dia bisa saja menghukum orang-orang yang menghinanya agar mereka bisa merasakan ganjaran karena kurang ajar terhadap raja mereka. Sebaliknya, Dia hanya melanjutkan rencana awal-Nya untuk mati bagi mereka, juga untuk semua orang percaya di dunia ini sehingga mereka, kita semua, layak untuk diampuni (baca juga: Makna Jumat Agung). Dari karakter Kristus ini, kita juga belajar untuk mengampuni dan tidak membalas orang yang menghina dan melukai hati kita. Roh Kudus di dalam diri kita memainkan tidak hanya Penolong, tetapi juga Penghibur. Lebih penting lagi, Roh Kudus menuntun kita untuk kembali kepada pengetahuan tentang Kristus karena dari Dia kita tidak hanya mendapatkan pelajaran tetapi juga kekuatan untuk melewati hal-hal menyakitkan yang kita alami.

2. Mengampuni orang yang menghina kita dan mengikuti Kristus

2 Petrus 3:3:

“Yang terutama harus kamu ketahui ialah, bahwa pada hari-hari zaman akhir akan tampil pengejek-pengejek dengan ejekan-ejekannya, yaitu orang-orang yang hidup menuruti hawa nafsunya.”

Jika pada poin pertama kita menyimpulkan bahwa penghinaan adalah tindakan jahat, dari ayat ini semakin ditekankan bahwa penghinaan atau cemoohan adalah tindakan menuruti nafsu. Sekilas mungkin kedengarannya tidak masuk akal: apa hubungan yang menghina untuk mematuhi nafsu?

Di sinilah kita perlu memahami bahwa nafsu tidak hanya terkait dengan hal-hal fisik seperti makanan, seks, dll., Tetapi terkait dengan semua daging kita termasuk perasaan cemburu, kebencian, tidak bisa mengendalikan diri, dll. Sayangnya, hal-hal ini dapat juga dapat ditemukan dalam orang Kristen karena bagaimanapun kita adalah manusia yang tidak sempurna dan masih hidup di dunia ini. Namun, sebagai orang Kristen yang mendambakan pengetahuan tentang Kristus kita memiliki pimpinan Roh Kudus dalam hidup kita untuk mencegah kita memenuhi keinginan duniawi.

Keberadaan Roh Kudus di dalam kita adalah faktor pembeda bagi orang percaya. Orang-orang yang hidup sesuai dengan pimpinan Roh Kudus akan senang membaca, mendengarkan, merenungkan, dan melakukan firman Tuhan sementara orang lain mungkin mengejek atau merendahkan cara hidup kita yang mengikuti pimpinan Roh Kudus. Dalam perjalanan untuk mengikuti Kristus kita mungkin harus melalui banyak pencobaan dari dunia seperti berbagai penghinaan yang membuat kita meragukan janji-janji Allah bagi orang-orang percaya. Namun, kita tidak perlu khawatir karena Tuhan telah berjanji dalam Matius 19:29 bahwa jika kita mengorbankan harta duniawi kita (dalam hal ini termasuk menghormati orang lain) dan ingin mengampuni orang yang menyakiti kita maka sebagai balasannya kita tidak hanya mendapatkan keselamatan rohani. (Kehidupan abadi) tetapi juga perubahan seratus kali lipat secara kuantitatif (material) atau kualitatif (hormat, damai) dari apa yang kita tinggalkan untuk mengikuti Yesus.

3. Menghina adalah perbuatan jahat

Amsal 11:2:

“Jikalau keangkuhan tiba, tiba juga cemooh, tetapi hikmat ada pada orang yang rendah hati.”

Amsal 18:3:

“Bila kefasikan datang, datanglah juga penghinaan dan cela disertai cemooh.”

Dari dua ayat ini kita tahu bahwa menghina atau menghina bukanlah tindakan yang mencerminkan kebijaksanaan atau kebijaksanaan. Sebaliknya, perilaku tersebut mencerminkan perilaku orang fasik, atau dalam Versi King James dikatakan "jahat" atau jahat. Bahkan, dalam Alkitab khususnya dalam Amsal kita sering menemukan perintah untuk menjauhi kejahatan dan mencari hikmat karena hikmat lebih berharga daripada emas dan perak. Jika kita suka merenungkan kata-kata bijak Allah, sikap dan karakter kita akan lebih terjaga (Ams 4: 5-6), termasuk tidak menghina orang lain baik secara langsung di depan orang itu atau di belakangnya. Baca juga: ayat-ayat Alkitab tentang merendahkan diri.

Demikianlah kali ini pembahasan ayat-ayat Alkitab tentang penghinaan. Tidak banyak ayat yang kami kutip dan pelajari pada kesempatan ini, tetapi dari sana kami dapat memahami banyak hal. Kita harus bersyukur atas kebijaksanaan dan kesediaan yang diberikan Tuhan Yesus kepada kita untuk memahami firman-Nya dan mengampuni mereka yang menghina kita. Karena itu, kita harus gigih dalam hidup sesuai dengan firman Tuhan. Baca juga: Contoh Perilaku Cahaya dan Garam Dunia.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar