--> Skip to main content

6 Tips Rajin Dan Manfaat Membaca Alkitab Setiap Hari

Sebagai ciptaan Tuhan, kita dituntut untuk mengetahui tujuan hidup kita. Tentu saja hanya Tuhan yang tahu apa tujuan hidup kita karena Dia menciptakan kita. Ini tidak berbeda dengan tujuan dari mesin yang dibuat. Hanya pembuat mesin yang paling tahu untuk apa mesin itu dibuat. Karena itu, kita perlu tahu apa yang diinginkan Tuhan. Ada dua hal yang bisa membuat kita tahu, yaitu berdoa dan membaca Alkitab. Kami berdoa agar Tuhan membuka mata hati kami, memberi kami pengertian. Firman Tuhan dalam Alkitab membantu kita memahami apa yang Tuhan inginkan dan apa yang harus kita lakukan. Alkitab dapat membantu kita memiliki motivasi hidup terutama dalam ayat Alkitab untuk motivasi hidup.

Alkitab dikenal sebagai tulisan suci Kristen baik Protestan maupun Katolik. Alkitab adalah buku yang paling banyak terjual per tahun. Namun, seringkali Alkitab tidak digunakan secara maksimal. Banyak orang hanya membaca Alkitab selama kebaktian Minggu. Bahkan beberapa orang sama sekali tidak menyentuh Alkitab, merasa cukup untuk mendengarkan pendeta atau kanselir membacanya. Situasi ini tentu sangat menyedihkan bila dibandingkan dengan fakta bahwa Alkitab selalu laris manis.

Tip untuk Rajin Membaca Alkitab

Sebagai orang yang mengaku percaya kepada Kristus, penting bagi kita untuk rajin membaca Alkitab. Tidak cukup bagi kita untuk hanya membaca Alkitab selama kebaktian Minggu. Tentu saja kita perlu beribadah pada hari Minggu dan membaca Alkitab. Namun, bukankah kita membutuhkan bimbingan Tuhan setiap hari? Tidak hanya pada hari Minggu? Tantangan yang kita jalani setiap hari akan terus berbeda, tidak selalu sesuai dengan membaca pada hari Minggu. Karena itu, sekali lagi, kita perlu rajin membaca Alkitab.

Namun, rajin membaca Alkitab bukanlah hal yang mudah. Ada banyak tantangan dan godaan yang menunggu kita. Belum lagi, masih banyak pekerjaan lain yang perlu kita lakukan. Kita sering merasa tidak punya cukup waktu untuk membaca Alkitab. Berikut adalah beberapa kiat untuk rajin membaca Alkitab yang dapat membantu kita.

1. Baca Alkitab pada waktu yang tetap setiap hari
Mengapa kita secara teratur merayakan Natal setiap tahun? Karena kita tahu kita merayakan Natal setiap tanggal 25 Desember, itulah jadwalnya. Mengapa kita pergi ke gereja secara teratur setiap minggu? Karena kita tahu kita harus pergi ke gereja setiap hari Minggu, itulah jadwalnya. Mengapa kita pergi ke sekolah, kuliah, atau bekerja setiap hari? Karena kita tahu kita harus pergi setiap hari pada jam-jam tertentu, itulah jadwalnya. Rutinitas datang ketika kita memiliki jadwal tetap.

Kita juga dapat menerapkan ini dalam membaca Alkitab. Tentu saja sangat sulit jika Anda hanya berkomitmen untuk membaca Alkitab setiap hari. Karena itu, tentukan juga jam dan durasi kita membaca Alkitab setiap hari. Jika perlu, aktifkan pengingat setiap hari untuk membaca Alkitab pada jam yang ditentukan. Dengan memiliki waktu yang tetap, ini akan membantu kita untuk terus ingin menyisihkan waktu untuk membaca firman Allah. Pilih waktu yang biasanya kosong sesuai dengan jadwal yang kita miliki masing-masing.

2. Memiliki rencana bacaan dengan target per hari
Kadang-kadang kita kesulitan memilih lamanya waktu untuk membaca Alkitab. Jika memang ada masalah, kiat berikutnya untuk rajin membaca Alkitab adalah memiliki rencana bacaan. Sebagai contoh, dalam sehari kita memiliki rencana untuk membaca 1 bab secara berurutan mulai dari Kejadian hingga Wahyu selanjutnya. Kita dapat menyesuaikan rencana bacaan dengan kapasitas masing-masing. Sebagai manusia, kita cenderung memiliki jiwa yang bersaing. Jika Anda memiliki target, kami selalu termotivasi untuk memenuhi target itu. Rencana membaca akan mendorong kita untuk mencoba memenuhi rencana itu. Tentu saja kita akan merasa puas jika kita dapat memenuhi target yang telah kita rencanakan.

3. Mintalah teman atau kelompok membaca Alkitab
Manusia adalah makhluk sosial. Kita sering kehilangan motivasi jika kita bekerja sendiri. Kami pikir orang lain tidak melakukan ini, mengapa kami terus melakukannya. Kami pikir orang lain tidak melakukan ini, tidak apa-apa jika kami gagal mencapai target kami. Karena itu, penting untuk memiliki lingkungan yang mendukung kita untuk rajin membaca Alkitab.

Kita dapat berkomitmen dengan satu atau lebih teman atau kita bahkan dapat melakukan dalam kelompok. Keberadaan teman atau kelompok akan membantu mengingatkan dan memotivasi kita jika kita mulai merasa malas atau lelah dengan rutinitas membaca Alkitab. Keberadaan teman atau grup juga dapat membantu kita memahami konten dari apa yang kita baca.

4. Bawa Alkitab ke mana-mana
Tips untuk rajin membaca Alkitab akan sangat membantu bagi kita yang kesulitan menyisihkan waktu khusus. Kiat-kiat ini juga akan membantu kita yang harus sering bepergian. Dengan membawa Alkitab ke mana-mana, kita dapat menggunakan waktu luang kita, meskipun hanya sebentar, untuk membaca Alkitab. Membawa Alkitab juga dapat membantu kita mengingat bahwa kita perlu membaca Alkitab. Jika kita kesulitan membawa Alkitab dalam bentuk buku, tentu tidak masalah jika kita memiliki Alkitab elektronik. Ini juga membantu kita memanfaatkan sains dan teknologi dengan benar sesuai dengan kehendak Allah dalam ayat Alkitab tentang sains dan teknologi.

5. Menikmati membaca Alkitab
Menikmati membaca Alkitab adalah hal yang paling penting dalam membaca Alkitab. Jangan terlalu terbebani untuk memahami isi bacaan. Dalam kebaktian harian atau keheningan pribadi, tentu saja kita dituntut untuk memahami isi bacaan Alkitab. Namun, ketika melakukan pembacaan Alkitab setiap hari, hal terpenting yang pertama adalah membacanya terlebih dahulu. Jika kita sulit memahami, tidak perlu merasa takut atau kehilangan motivasi.

Lakukan cara untuk menenangkan hati dan pikiran Anda sesuai dengan Alkitab. Teruslah membaca sambil berdoa memohon bantuan Tuhan untuk menjelaskannya kepada kita. Kita mungkin tidak mengerti bacaan ketika membacanya. Namun, jika kita benar-benar bertanya kepada Tuhan, suatu hari kita dapat mengerti ketika kita mengingat bacaan itu. Nikmati membaca Alkitab, rasakan sukacita saat ayat Alkitab mengatakan tentang sukacita.

6. Tidak takut untuk melanjutkan
Kita adalah manusia yang penuh dengan daging. Terkadang kita mengalami kesulitan memenuhi target kita. Kadang-kadang kita lebih suka daging kita menjadi malas atau terlalu fokus pada kegiatan kita, jadi kita memilih untuk tidak membaca Alkitab. Jika Anda gagal membaca Alkitab sehari, tentu saja Anda tidak perlu takut! Tips untuk rajin membaca Alkitab, yang terakhir jangan takut untuk melanjutkan. Jika itu terlewatkan sehari, itu tidak berarti kita tidak dapat melanjutkan dengan rencana awal kita.

Jika itu terlewatkan sehari, itu tidak berarti kita benar-benar berdosa dan tidak pantas untuk kembali membaca Alkitab. Ingat yang paling penting adalah seberapa termotivasi dan dipenuhinya hati kita. Mintalah Tuhan untuk mengampuni dan meminta kekuatan dari Tuhan untuk terus haus akan firman Tuhan. Lakukan yang terbaik dan harap kami mendapatkan kesuksesan seperti yang tertulis dalam ayat Alkitab tentang kesuksesan.

Itulah tips untuk rajin membaca Alkitab. Ingatlah bahwa membaca Alkitab adalah salah satu cara Allah berbicara kepada kita. Saat membaca Alkitab, meskipun Anda tidak mengerti, tetap mengandalkan Tuhan dan meminta Tuhan membuat kita mengerti. Menyerah kepada jalan-jalan Allah membuat kita mengerti sebagaimana ayat Alkitab katakan tentang penyerahan diri. Juga ingat bahwa kita tidak melakukan rutinitas membaca Alkitab hanya karena itu rutin, untuk orang lain, tetapi kita melakukannya karena kita ingin memahami firman Allah. Jadikan membaca Alkitab sebagai bentuk ibadat sejati menurut Alkitab dari kita untuk Tuhan. Semuanya bermegah atas nama Tuhan. Tuhan memberkati.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar