--> Skip to main content

Kumpulan 4 Ayat Tentang Nabi Musa Menurut Alkitab Paling Terkenal

Kisah Nabi Musa bisa diketahui oleh semua orang Kristen, termasuk Kitab Suci Nabi Musa menurut Alkitab. Oleh karena itu mengetahui ayat-ayat mana yang penting dan terkait dengan karakter Musa dalam Alkitab tentu merupakan salah satu hal penting. Karena sebagai salah satu tokoh Alkitab yang memiliki sejarah panjang, kisah Nabi Musa kerap menginspirasi banyak orang Kristen. Karena itu untuk kejelasan lebih lanjut, berikut adalah beberapa ayat Nabi Musa menurut Alkitab yang harus diketahui oleh orang Kristen.

4. Keluaran 20:1-17

“Kesepuluh Firman”

Dalam perikop ini dikisahkan ayat Nabi Musa menurut Alkitab yang paling penting. Karena dalam ayat tersebut Musa memberitahukan sepuluh perintah Allah yang ditujukan kepada orang Israel. Oleh sebab itu hal ini menjadi bagian dari umat Kristen selamanya hingga sekarang. Tentunya hal ini hampir sama dengan buah-buah Roh Kudus yang harus dilakukan umat Allah setiap harinya.

3. Imamat 4:1-3

“TUHAN berfirman kepada Musa: 4:2 “Katakanlah kepada orang Israel: Apabila seseorang tidak dengan sengaja berbuat dosa dalam sesuatu hal yang dilarang TUHAN dan ia memang melakukan salah satu dari padanya, maka jikalau yang berbuat dosa itu imam yang diurapi, sehingga bangsanya turut bersalah, haruslah ia mempersembahkan kepada TUHAN karena dosa yang telah diperbuatnya itu, seekor lembu jantan muda yang tidak bercela sebagai korban penghapus dosa.”

Ayat di atas menunjukkan korban penghapusan dosa di Perjanjian Lama. Hal ini tertuang dari Allah disampaikan kepada Nabi Musa untuk Bangsa Israel. Yang mana pada Perjanjian Baru hal ini telah ditebus lewat penyaliban Yesus. Oleh sebab itu hendaknya umat Kristen mengucap syukur atas berkat dan kasih karunia yang besar dari Allah kepada umatNya melalui perantaraan Nabi Musa ini.

2. Bilangan 3:5

“TUHAN berfirman kepada Musa: “Suruhlah suku Lewi cmendekat dan menghadap imam Harun, supaya mereka melayani dia.”

Kemudian ayat selanjutnya merupakan firman Allah kepada Musa untuk meminta suku Lewi melayani. Oleh sebab itu sebagai imam Lewi maka sebagian umat Israel memberikan hidupnya melayani Allah. Demikian halnya para pelayan Allah saat ini yang memiliki keteladanan suku Lewi. Oleh sebab itu selalu lakukan cara berdoa yang benar dan mohon pimpinan Tuhan untuk bisa melayani Allah dengan sepenuh hati,

1. Keluaran 40:1-2

“Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Pada hari yang pertama dari bulan yang pertama haruslah engkau mendirikan Kemah Suci, yakni Kemah Pertemuan itu.”

Salah satu ayat Nabi Musa mengisahkan bahwa umat Israel haruslah mendirikan kemah suci sebagai salah satu cara untuk beribadah kepada Tuhan. Karena ini merupakan cara supaya tujuan karunia Roh Kudus turun dan menyertai umat Israel dalam menuju tanah perjanjian.

Demikianlah beberapa ayat Nabi Musa menurut Alkitab sering digunakan sebagai panutan. Di antara banyak tokoh Alkitab yang diriwayatkan, makna nama Musa dalam Alkitab memiliki peran penting dalam sejarah Perjanjian Lama. Melihat kisah itu menginspirasi imannya sendiri bagi orang Kristen. Karena itu Anda harus merenungkan dan melakukan semua contoh yang diberikan oleh Nabi Musa kepada kami. Sehingga hidup kita juga penuh dengan tuntunan Roh Kudus dan sepenuhnya berkenan kepada Tuhan.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar