--> Skip to main content

Kebudayaan Menurut Agama Kristen Berdasarkan Alkitab

Ayat Alkitab Tentang Kebudayaan Sebaiknya Dipahami Orang Kristen. Ada banyak orang Kristen yang sering tidak tahu tentang ayat-ayat Alkitab tentang budaya. Ini bisa jadi karena Allah tidak pernah secara eksplisit menyatakannya dalam ayat-ayat Alkitab. Bahkan, sebagian besar hanya dinyatakan secara tidak langsung. Karena itu agak sulit untuk memeriksa ini. Dibutuhkan waktu untuk berdoa dan mencari jawaban dari Tuhan apakah yang benar-benar harus dilakukan dengan tujuan budaya menurut pandangan Kristen tertentu. Sehingga jika Anda melakukannya tidak melukai Tuhan tetapi di sisi lain juga tidak mengecewakan orang lain. Karena itu, lebih baik untuk memahami beberapa ayat Alkitab berikut tentang budaya yang diberikan secara tidak langsung.

Menurut Alkitab, seringkali budaya ini dinyatakan sebagai kebiasaan. Karena itu dalam kata tersebut ada lebih banyak istilah adat yang menggambarkan budaya yang berlaku. Dengan adanya kata tentang adat istiadat budaya, tentu menjadi salah satu yang harus direnungkan apakah diizinkan atau tidak. Karena beberapa merujuk pada asal mula dosa menurut Alkitab. Jadi itu tidak boleh dilakukan.

1. 1 Petrus 1:18

“Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas.”

Ayat inilah kunci bahwa kita umat Kristen telah ditebus dari dosa akibat budaya dan adat istiadat nenek moyang. Karena itu sebaiknya jangan kembali lagi pada hal tersebut. Hindari melakukan hal tersebut dan berpatoklah pada Allah saja dan firmanNya. Maka kita akan menerima keselamatan dan hidup kekal yang Allah janjikan. Penebusan Yesus telah membantu kita untuk merdeka dari dosa akibat adat budaya nenek moyang kita dahulu.

2. 2 Raja-Raja 17:34

“Sampai hari ini mereka berbuat sesuai dengan adat yang dahulu. Mereka tidak berbakti kepada TUHAN dan tidak berbuat sesuai dengan ketetapan, hukum, undang-undang dan perintah yang diperintahkan TUHAN kepada anak-anak Yakub yang telah dinamai-Nya Israel.”

Disini dikatakan bahwa bahkan Bangsa Israel yang disukai Allah sering kali lebih memilih adat istiadat nenek moyang. Padahal kebudayaan tersebut tidak sesuai firman. Di masa kini juga umat Kristen harus hati-hati supaya tidak berbuat kesalahan yang sama. Sikap orang Kristen terhadap kebudayaan juga penting, tetapi firman Allah jauh lebih penting.

3. 2 Raja-Raja 17:33

“Mereka berbakti kepada TUHAN, tetapi dalam pada itu mereka beribadah kepada allah mereka sesuai dengan adat bangsa-bangsa yang dari antaranya mereka diangkut tertawan.”

Dalam ayat di atas memang mengkisahkan bagaimana umat Allah masih mengikuti adat atau budaya bangsa lain dan hal ini dibenci oleh Allah. Oleh sebab itu sama halnya dengan saat ini, ada beberapa budaya yang tidak sesuai kehendak Allah. Sehingga harus dihindari. Jangan sampai mencemari tubuh Kristus dengan perbuatan tercela dan memiliki dosa. Sehingga kita selalu berkenan di hadapan Allah dan dilimpahi berkat berkepanjangan.

4. Matius 15:6

“orang itu tidak wajib lagi menghormati bapanya atau ibunya. Dengan demikian firman Allah kamu nyatakan tidak berlaku demi adat istiadatmu sendiri.”

Sebaiknya jika adat istiadat atau budaya tidak sesuai firman maka segera tinggalkan saja. Bersekutu dengan Tuhan akan membantu supaya tidak jauh dalam dosa melakukan budaya yang tidak disukai Allah. Sama halnya dengan penyembahan berhala, maka Allah menjadi tidak berkenan pada kita umatNya. Oleh sebab itu dengan berdoa atau bahkan puasa senin kamis menurut Kristen membantu kita memperoleh hikmat yang benar.

5 Markus 7:9

“Yesus berkata pula kepada mereka: “Sungguh pandai kamu mengesampingkan perintah Allah, supaya kamu dapat memelihara adat istiadatmu sendiri.”

Sering kali kebudayaan atau adat istiadat bertentangan dengan kehendak Allah. Disinilah peranan Roh Kudus dalam memberikan jawaban apakah kebudayaan tersebut sesuai firman Tuhan atau tidak. Seperti budaya menghormati orang yang lebih tua tentu bukan hal yang salah. Tetapi budaya menghormati arwah leluhur pasti bertentangan dengan ajaran Allah. Hal inilah yang harus disikapi lebih bijaksana agar tidak jatuh dalam sifat dosa menurut Alkitab.

6. Kisah Para Rasul 16:21

“dan mereka mengajarkan adat istiadat, yang kita sebagai orang Rum tidak boleh menerimanya atau menurutinya.”

Ada banyak perintah Allah secara tidak langsung mengajak umat Kristen menjauhi budaya atau adat istiadat nenek moyang. Dalam arti adalah budaya yang tidak sesuai dengan firman Allah. Kebudayaan itu baik, tetapi sebagian tidak sesuai firman. Karena itu perlu bijaksana dalam menanggapi dan melakukan hal tersebut.

Itulah beberapa ayat Alkitab tentang budaya dan penjelasannya. Memang, tidak banyak menyediakan dan membahas masalah ini secara langsung. Ada hal-hal demi hal-hal yang dijelaskan secara terpisah dan perlu hikmat bagi anak Allah untuk mengetahui tujuan dalam ayat tersebut. Karena itu Anda harus selalu ingat bagaimana berdoa dalam roh dan meminta informasi tentang karunia Roh Kudus dalam memahami pikiran Allah melalui firman-Nya. Termasuk jika ingin lebih merefleksikan budaya di sekitar kita. Ada yang diizinkan, ada yang tidak perlu atau tidak diizinkan. Dengan bimbingan Tuhan, tentu saja, kita akan menemukan lebih mudah untuk menentukan apa yang Tuhan inginkan dan apa yang tidak benar.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar