Skip to main content

8 Ayat Alkitab Tentang Jangan Sombong Dan Tuhan Membenci orang Sombong

Ayat Alkitab Tentang Orang Sombong yang Harus Dihindari. Tindakan yang buruk umumnya dicatat dalam Alkitab. Hal yang sama berlaku untuk ayat Alkitab tentang orang sombong yang tidak disukai oleh Allah. Karena tindakan ini tidak sesuai dengan kehendak Tuhan dan seringkali mengarah pada kehancuran. Karena itu, lebih baik untuk memahami apa yang diinginkan dan diminta Allah dalam Alkitab kepada umat-Nya sehingga sifat dosa menurut Alkitab sombong atau sombong. Agar lebih jelas, berikut adalah beberapa ayat Alkitab tentang orang sombong yang harus kita ketahui sebaik mungkin.

8. Amsal 16:18

“Kecongkakan mendahului kehancuran, dan tinggi hati mendahului kejatuhan.”

Pada ayat ini juga disebutkan bagaimana kesombongan atau tinggi hati atau rasa congkak dalam diri seseorang bisa mendatangkan kehancuran dan kejatuhan pada hidup seseorang. Inilah yang membuat pentingnya umat Kristen selalu berusaha melakukan cara berdoa yang benar supaya diberikan hati yang mengasihi dan rendah hati. Sehingga jauh dari congkak dan sombong. Baik atas kekayaan ataupun kepintaran. Ingatlah bahwa semua ini berasal dari Tuhan saja. Sehingga tidak pantas jika umat Allah menyombongkan diri. Melainkan lebih banyak mengucap syukur dan lakukan perbuatan baik saja.

7. Amsal 16:5

“Setiap orang yang tinggi hati adalah kekejian bagi TUHAN; sungguh, ia tidak akan luput dari hukuman.”

Dikatakan pada ayat tersebut bahwa tinggi hati atau merasa sombong sebenarnya merupakan suatu hal yang dianggap Tuhan perbuatan yang keji. Oleh karena itu tak heran jika Allah tidak menyukai sifat manusia yang sombong tersebut. Sehingga sebaiknya selalu berdoa supaya dijauhkan dari perbuatan sombong dan tinggi hati. Minta supaya diberikan kerendahan hati karena pada dasarnya manusia bukan apa-apa dibandingkan Allah yang besar dan berkuasa.

6. 1 Samuel 2:3

“Janganlah kamu selalu berkata sombong, janganlah caci maki keluar dari mulutmu. Karena TUHAN itu Allah yang mahatahu, dan oleh Dia perbuatan-perbuatan diuji.”

Tuhan selalu mengetahui apa saja yang kita lakukan. Termasuk jika kita berbuat sombong. Maka Allah akan merasa membenci hal itu dan akan menghukum sesuai dengan perbuatan kita. Salah satunya jika kita tinggi hati dan sombong. Maka Allah akan mengetahui hal tersebut dan bisa memberikan penghukumannya. Inilah yang membuat manusia sebaiknya selalu berusaha  melakukan ciri-ciri rendah hati menurut Alkitab dan mengasihi sesama dengan menjauhi sikap sombong.

5. Yesaya 2:17

“Manusia yang sombong akan ditundukkan dan orang yang angkuh akan direndahkan; hanya TUHAN sajalah yang maha tinggi pada hari itu.”

Dalam ayat ini kita umat Kristen belajar bahwa tidak ada yang lebih tinggi dan lebih besar selain dari Tuhan sendiri. Oleh karena itu sebaiknya umat Kristen jangan merasa bermegah karena kita tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan Tuhan sendiri. Manusia lemah dan bukan apa-apa, karena itu sebaiknya kita tidak berlaku sombong karena Tuhan akan merendahkan orang-orang yang demikian.

4. Mazmur 101:5

“Orang yang sembunyi-sembunyi mengumpat temannya, dia akan kubinasakan. Orang yang sombong dan tinggi hati, aku tidak suka.”

Allah jelas mengatakan membenci orang yang sombong. Perbuatan ini tidak sesuai dengan buah roh sehingga tidak disukai Tuhan. Karena itu umat Kristen harus menjauhi sifat tinggi hati ataupun ciri-ciri orang sombong menurut Kristen tersebut. Sehingga Tuhan mau dan berkenan pada kehidupan kita.

3. Yesaya 5:15

“Maka manusia akan ditundukkan, dan orang akan direndahkan, ya, orang-orang sombong akan direndahkan.”

Dalam kitab tersebut lebih jelas bahwa Allah akan menghukum mereka yang berbuat atau berlaku sombong. Oleh sebab itu usahakan untuk menjauhkan sikap tersebut. Karena jika berlaku sombong maka bisa saja Allah akan merendahkan dia di hadapan banyak orang. Supaya memahami bahwa di dunia ini tidak ada yang paling besar selain daripada Allah sendiri.

2. Amsal 21:4

“Mata yang congkak dan hati yang sombong, yang menjadi pelita orang fasik, adalah dosa.”

Disini jelas-jelas disebutkan bahwa kesombongan ini merupakan sebuah macam-macam dosa menurut Alkitab. Oleh sebab itu perbuatan sombong dikatakan merupakan perbuatan orang fasik. Sementara Allah sendiri membenci apa yang dilakukan oleh orang fisik karena tidak sesuai dengan kehendakNya. Oleh sebab itu sebaiknya jauhi sikap yang sombong dan tinggi hati tersebut. Selalu berdoa supaya dapat lebih rendah hati dan mengasihi sesama dengan baik.

1. 1 Korintus 13:4

“Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.”

Umat Kristen selalu diajarkan melakukan prinsip kasih tentang Alkitab kepada semua orang dan sesamanya. Oleh sebab itu disebutkan bahwa sombong bukan bagian dari kasih. Sehingga sikap sombong ini harus dilenyapkan dan dijauhi. Setiap umat Kristen yang melakukan kasih tentunya akan bersikap lebih rendah hati dan menjauhi kesombongan atau tinggi hati.

Itulah beberapa ayat Alkitab tentang orang sombong yang tidak disukai oleh Allah. Karena itu Anda harus menghindari sikap arogan dan arogan. Sebisa mungkin selalu patuhi kehendak Tuhan dalam hidup kita di dunia. Sehingga kita pantas dan menyenangkan dihadapan Tuhan. Dengan berdoa dan meminta kepemimpinan karunia Roh Kudus, tentu akan lebih mudah bagi kita untuk membuang sifat-sifat duniawi seperti kesombongan. Sehingga kita bisa lebih rendah hati dan menjadi cahaya bagi tetangga kita.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar