Skip to main content

Daftar Ayat Dalam Alkitab Kristen Tentang Politik

Ayat Dalam Alkitab Tentang Politik Yang Sebaiknya Diketahui. Saat ini Indonesia sedang dalam masa politik, sehingga beberapa orang Kristen sibuk membahas ayat apa pun dalam Alkitab tentang politik. Karena sejauh ini tidak ada banyak ayat dalam Alkitab yang mengatakan tentang prinsip-prinsip gereja untuk politik. Namun, beberapa hamba Tuhan menyatakan bahwa dalam situasi politik yang terjadi pada saat ini, kewajiban umat Allah adalah untuk tetap tunduk pada pemerintah yang berlaku dan melaksanakan tugas dan kewajiban kepada negara. Karena itu memahami dengan tepat apa artinya ini sangat penting. Untuk lebih jelasnya, lihat beberapa ayat berikut dalam Alkitab tentang politik yang secara implisit dijelaskan.

Pandangan Alkitab tentang Politik

Tentu saja, dari ayat-ayat yang tercantum di atas, cukup jelas apa yang Tuhan ingin katakan tentang politik dan sikap orang Kristen dalam menghadapi hal ini. Sebenarnya politik ini bukanlah sifat dosa menurut Alkitab dan orang Kristen tidak dilarang melakukannya. Karena itu, pada masa sekarang banyak orang Kristen melibatkan diri mereka dalam arena politik, terutama dengan memberikan diri mereka sebagai kandidat legislatif. Tentunya ini dilakukan dengan tujuan merepresentasikan pernyataan orang dan menyampaikan aspirasi rakyat. Karenanya posisi ini membutuhkan tanggung jawab besar dan tidak sembarangan. Harus meminta bimbingan tentang karunia Roh Kudus sehingga apa yang kita lakukan adalah sesuai dengan kehendak Allah pada masa itu.

Yesus sendiri sebenarnya identik dengan partai politik di Indonesia. Di mana ada banyak yang percaya dan mengikuti Yesus. Sehingga pada akhirnya Anda bisa mendapatkan janji keselamatan kekal dari Allah. Apa yang Yesus lakukan tidak jauh berbeda dari kampanye politik umum. Perbedaannya adalah bahwa Tuhan mengajarkan politik yang taat kepada Tuhan sementara orang Kristen tidak perlu berpikir seperti itu. Sehingga pada akhirnya tidak mudah dikendalikan dan disatukan dengan baik. Karena itu ada banyak konspirasi yang ingin menggulingkan Yesus, sehingga pada akhirnya Tuhan Yesus mati dan disalibkan karena persekongkolan itu. Sehingga dapat dikatakan bahwa politik telah menjadi bagian dari dunia sejak awal.

Perkembangan Politik Kristen di Indonesia

Sangat jelas bahwa sekarang ada banyak umat Allah yang telah memutuskan untuk terjun ke dunia politik. Tapi ini bukan tanpa alasan. Setiap orang memiliki panggilan mereka sendiri. Hal yang sama berlaku untuk beberapa umat Allah yang dipanggil untuk melibatkan diri dalam politik. Maka tidak mengherankan jika ada banyak lembaga gereja yang juga menjadi wadah aspirasi untuk distribusi politik. Melalui ini, gereja juga berharap untuk membawa perubahan positif dalam arah politik di Indonesia. Yang dalam misi ini juga menanamkan kultivasi dan perilaku yang takut akan Allah melalui buah-buah Roh Kudus yang dinyatakan dalam kehidupan para politisi Kristen. Sehingga banyak yang takut akan Tuhan dan memimpin negara ini secara adil dan makmur.

Ayat-ayat dalam Alkitab Tentang Politik

Berikut ini adalah beberapa ayat dalam Perjanjian Lama dan Baru yang menceritakan kisah ayat-ayat dalam Alkitab tentang peran gereja dalam membangun bangsa, termasuk yang berkaitan dengan politik dalam tatanan negara.

1. Lukas 20:25 “Lalu kata Yesus kepada mereka: “Kalau begitu berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!”

2. 1 Petrus 2:13 “Tunduklah, karena Allah, kepada semua lembaga manusia, baik kepada raja sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi.”

3. Kisah Para Rasul 25:11 “Jadi, jika aku benar-benar bersalah dan berbuat sesuatu kejahatan yang setimpal dengan hukuman mati, aku rela mati, tetapi, jika apa yang mereka tuduhkan itu terhadap aku ternyata tidak benar, tidak ada seorangpun yang berhak menyerahkan aku sebagai suatu anugerah kepada mereka. Aku naik banding kepada Kaisar!”

4. Yohanes 19:12″Sejak itu Pilatus berusaha untuk membebaskan Dia, tetapi orang-orang Yahudi berteriak: “Jikalau engkau membebaskan Dia, engkau bukanlah sahabat Kaisar. Setiap orang yang menganggap dirinya sebagai raja, ia melawan Kaisar.”

Dari ayat di atas, tidak disebutkan secara jelas dan tepat tentang politik. Tetapi Tuhan Yesus sendiri secara tidak langsung mengatakan bahwa kita masing-masing harus tunduk kepada pemerintah yang berlaku. Dengan kata lain, orang Kristen harus mematuhi pemimpin negara mereka sesuai dengan pilihan Tuhan. Bahkan ada juga berbagai macam konspirasi politik terhadap Yesus sendiri sebagaimana tertulis dalam ayat tersebut.

Itulah beberapa penjelasan dan informasi yang berkaitan dengan ayat-ayat dalam Alkitab tentang politik. Tentu saja, sebagai orang Kristen, adalah tugas kita untuk melakukan kehendak Allah, salah satunya adalah dengan taat dan tunduk kepada pemerintah yang berlaku. Sehingga ini bisa menjadi peran gereja dalam membangun bangsa. Dari zaman Perjanjian Lama hingga Perjanjian Baru selalu ada konflik politik di tengah-tengah bangsa Israel dan bangsa-bangsa lain. Tetapi jelas bahwa Allah hanya mengatakan bahwa tanggung jawab orang Kristen sepenuhnya menghormati pemerintah yang dipilih oleh Allah untuk kekuasaan tanpa membedakan antara teman dan lawan politik.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar