Skip to main content

30 Ayat Alkitab Untuk Menguatkan Saat Dalam Masalah dan Kesulitan serta Memotivasi Hidup

Ayat Alkitab untuk Motivasi Hidup Menguatkan dalam Kesulitan. Ayat Alkitab Untuk Menguatkan Dalam Masalah dan Kesulitan serta Memotivasi Hidup. Hidup tidak pernah berjalan lurus. Selalu ada tikungan dan tikungan yang bisa membuat kita naik atau turun. Banyak orang cenderung fokus pada saat kejatuhannya. Orang-orang ini, mungkin bahkan diri kita sendiri, merasa malas untuk melanjutkan hidup kita. Kita sering mempertanyakan minat kita dalam hidup. Kita kehilangan motivasi untuk hidup.

Ada banyak alasan mengapa seseorang kehilangan motivasi hidup. Kebanyakan karena mereka merasa lelah dengan apa yang mereka lakukan atau bahkan merasa cemas dan tidak memiliki harapan untuk masa depan mereka. Ada juga yang kehilangan motivasi karena mereka telah mengalami patah hati di masa lalu seperti dalam ayat Alkitab tentang patah hati. Apa pun alasannya, kita jangan biarkan motivasi hidup kita lenyap begitu saja. Berikut ini adalah kumpulan ayat-ayat Alkitab untuk motivasi hidup.

Nahum 1:7-8
TUHAN itu baik; Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepada-Nya dan menyeberangkan mereka pada waktu banjir. Ia menghabisi sama sekali orang-orang yang bangkit melawan Dia, dan musuh-Nya dihalau-Nya ke dalam gelap.

Mazmur 118:24
Inilah hari yang dijadikan TUHAN, marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita karenanya!

Ingatlah untuk bersukacita seperti yang sudah Tuhan katakan dalam ayat Alkitab tentang sukacita.

Amsal 18:14
Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa akan memulihkan semangat yang patah?

Roma 12:4
Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama,

Filipi 4:6-7
Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

Amsal 19:21
Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan TUHANlah yang terlaksana.

Amsal 17:22

Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.

1 Korintus 10:13

Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Yohanes 14:1

“Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.

Yohanes 3:16

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Yesaya 40:29
Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.

Yesaya 41:10
janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

Yesaya 43:2
Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau.

Roma 8:28
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Roma 8:31

Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?

Yosua 1:5
Seorang pun tidak akan dapat bertahan menghadapi engkau seumur hidupmu; seperti Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau; Aku tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.

Ulangan 31:8

Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.”

Kisah Para Rasul 10:4
Ia menatap malaikat itu dan dengan takut ia berkata: “Ada apa, Tuhan?” Jawab malaikat itu: “Semua doamu dan sedekahmu telah naik ke hadirat Allah dan Allah mengingat engkau.

Allah kita adalah Allah yang kekal. Ia tetap baik dan setia dulu, sekarang, dan selamanya. Dahulu, Ia mendengarkan doa orang-orang. Ia tidak melupakan mereka. Sekarangpun, Ia pasti akan mendengarkan doa kita. Ia tidak melupakan kita dan menyertai kita selalu.

Selain ayat-ayat tersebut, masih terdapat banyak ayat yang dapat memberikan motivasi untuk mengerjakan hidup sebaik mungkin. Berikut kumpulan ayat Alkitab untuk motivasi hidup lainnya.

Yeremia 29:11
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Kita seringkali ragu akan ada atau tidaknya masa depan bagi kita. Kita terlalu takut jika masa depan tidak seindah yang kita bayangkan. Padahal Allah sudah jelas-jelas mengatakan bahwa Ia memiliki rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan. Hari depan kita sudah dipastikan penuh harapan. Jadi, tidak seharusnya kita ragu-ragu untuk menggapai masa depan kita. Kita perlu untuk berusaha sekeras mungkin seperti yang dikatakan ayat Alkitab tentang bekerja keras.

Yohanes 16:33
Semuanya itu Kukatakan kepdamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.”

Mungkin kita sering merasa menderita penganiayaan dalam hidup kita. Kemudian kita kehilangan motivasi untuk hidup. Ayat Alkitab untuk motivasi hidup ini mengatakan bahwa Allah yang akan mengalahkan dunia. Ia yang akan berperang ganti kita sehingga seharusnya kita tetap kuat dan semangat menjalani kehidupan kita.

Filipi 1:6
Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.

Pada saat penciptaan, Allah menciptakan manusia, menganggap ciptaan-Nya sangat baik. Ketika Ia menciptakan kita, itu adalah pekerjaan yang baik. Pekerjaan yang baik itu pun akan diteruskannya di dalam kehidupan kita.

Filipi 4:13
Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Ingatlah bahwa Allah memberikan kekuatan kepada kita. Segala perkara, baik atau buruk, menyenangkan atau menyakitkan, kita dapat melaluinya bersama Tuhan.

Mazmur 18:33
Allah, Dialah yang mengikat pinggangku dengan keperkasaan dan membuat jalanku rata;

Kita sering terlalu takut akan adanya halangan dan rintangan di hadapan kita. Ini membuat kita selalu ragu-ragu untuk menjalani kehidupan kita. Padahal, Allah memberkati kita dengan keperkasaan dan Ia yang membuat jalan kita rata. Ayat Alkitab utnuk motivasi hidup ini mengatakan bahwa Ia membuat kita mampu melewati segalanya.

Ulangan 31:6
Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.”

Beberapa orang juga kehilangan motivasi hidup karena merasa ia hidup sendirian di dunia ini. Tentu hal ini tidak tepat. Allah kita adalah Allah yang tidak akan pernah meninggalkan kita. Ia selalu setia bersama kita. Kita perlu menyingkirkan pikiran buruk bahwa Tuhan meninggalkan kita. Baca ayat Alkitab tentang pikiran negatif agar dapat menyingkirkannya.

Yosua 1:9
Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi.”

Kita sering merasa kecut dan tawar hati. Tidak yakin akan masa depan kita dan jadi merasa malas untuk mengerjakan hidup dengan sebaik mungkin. Allah mengingatkan kita bahwa Ia akan selalu menyertai kita. Bersama Allah, selalu ada harapan di dalam kehidupan kita. Ada keberhasilan menanti kita seperti terutulis di ayat Alkitab tentang keberhasilan.

Itulah ayat Alkitab untuk motivasi hidup. Jika kita kehilangan motivasi untuk hidup karena kita merasa terlalu lelah, ingatlah bahwa Allah kita adalah Allah yang setia. Dia tidak akan pernah meninggalkan kita dan Dia akan terus menemani dan membantu kita. Yang perlu kita lakukan adalah berdoa, meminta bantuan-Nya, dan menyerah sepenuhnya seperti dalam ayat Alkitab tentang menyerah.

Jika kita kehilangan motivasi hidup karena kita meragukan masa depan kita, ingatlah bahwa Tuhan sudah memiliki rencana untuk kita. Dia mempersiapkan hidup kita bahkan sebelum kita menjadi janin. Desainnya bukan desain kecelakaan, tapi desain yang damai. Kita hanya perlu mendengarkan perintah Tuhan dan berjalan sesuai rencana. Tenangkan hati dan pikiran Anda untuk dapat mendengarkan Tuhan. Baca ayat-ayat Alkitab untuk menenangkan hati dan pikiran Anda. Semuanya bermegah atas nama Tuhan. Tuhan memberkati.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar